Arogansi TNI

td gw pas baru balik dr ciamis mo ke bandung,di jalan di daerah cicalengka….gw liat plang
“KURANGI KECEPATAN SEKARANG JUGA,KOMPLEKS MILITER”
gw cuma senyum aja, maksudnya apa sih??? or yg lbh tepat sih…”so what gituh???”

apa ini salah satu bentuk AROGANSI militer??? hasil dari dominasi militer selama 32 tahun,jadi ngerasa pede bt masang plang seperti itu di pinggir jalan.Mungkin maksudnya:
1. “ngehormat dong dek,klo mo lewat” atau
2. “Hush…hush…sana jangan deket deket!!”…. ah tapi ko yg kedua malah mirip2 “dilarang kencing disini kecuali anjing!” or seperti plang di dpn restoran kota Shanghai tahun 1930an “Anjing dan Pribumi dilarang masuk!”

gw sih lbh condong setuju yang pertama.gw nyoba berbaik sangka aja,mungkin mereka pengennya org yg lewat bisa menyadari keberadaan mereka & (kalo bisa) ngehormat mereka (meski jalan itu jalan negara/umum).Yaa mirip2 klo kita lewat di gang sempit,khan mesti permisi dulu, tp uniknya…untuk militer sepertinya sebelum kita lewat mesti disuruh dulu.”HEH kamu yg mo lewat..hormat dulu donk!!”😉

mungkin itu yang jadi jawaban permasalahan yg sering gw denger, bahwa tentara ga begitu deket lagi ma rakyat seperti dulu (mesti gw jg ga setuju pendapat ini). seperti diketahui bahwa cikal bakal TNI adalah dari rakyat, iya sih ada juga yg berasal dari PETA, tp kbanyakan dari anak2 muda. menurut gw TNI masih deket ko ma rakyat, terutama per person TNI jg sering berhubungan dengan masyarakat sekitar, makanya itu tentara Siliwangi banyak di request ma rakyat2 di daerah konflik, karena mereka cenderung lebih bisa “touch”, itu tandanya TNI siliwangi khususnya masih deket ma rakyat.

Ironinya justru hal itu tercoreng ma PLang itu….yg kesannya ga boleh deket2 mereka.Gw pengen bilang “Kompleks Militer” so what gituh….hehehehe….hahahahahhahahaha!!!

Lebih ironinya lagi, ternyata ada yang lebih bermoral daripada militer.pas gw mo masuk Tol Cileunyi, gw baca “Hati hati ada proyek, banyak kendaraan keluar masuk” nah loh… anda sendiri yang menilai..

Categories: isi pikiran gw | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

