manakib bulan mei 2007

hari kamis minggu ke dua tiap bulan selalu rutin diadain manakiban di mesjid raya bandung,dmulai jam 8 pagi.

apa sih manakib tuh??artinya adalah mengingat kebaikan2 seorang yg sholeh dalam hal ini adalah Syekh Abdul Qodir al Jailani. Didalamnya ada acara tilawah,ceramah dan yang utama membaca mankobah Syekh Abdul Qadir, puncaknya adalah Talqin berjamaah. ditutup dng majelis dzikir bada dzuhur.

kmrn gw dtg rada telat coz gw bantuin adek gw ujian dl,ditambah hrs bawain buku k RS. ini kali kdua gw ikut manakib dluar suryalaya,bln kmrn gw g ikut manakib d suryalaya coz gw mo ujian (padahal lumayan jg kl minta doa ke abah)

menurut Rosul,majelis dzikir itu adalah taman-taman surga,so sbgai mana layaknya taman,kita harus betah lama2 didalamnya.Malaikat jg kdg2 suka terlambat lapor ke Alloh dikarenakan di perjalanannya malaikat tersebut terhenti di suatu majelis dzikir untuk ikutan,dan akhirnya pulang dengan membawa doa  peserta majelis, langsung direct ke Alloh.

kedekatan dengan Alloh sangat terasa tiap2 gw ikutan manakiban ini,serasa setiap org yg ada di mesjid itu adalah org2 yg deket ma Alloh.tandanya apa??ga ada kliatan kesusahan d muka mreka2, karena  memang ada keterangan yg menyebutkan bahwa Allah akan menghilangkan kesusahan2  dari setiap org2 yg berdzikir.apalagi klo ngedenger ajengan gaos yg bicara, serasa malaikat aja dah jd kawannya..

beliau cerita,bahwa klo lg manakiban di suryalaya.klo dah mulai acara, ga boleh ada yg melakukan aktifitas lain selain ngedengerin manakib.termasuk walaupun dipanggil ma Abah. bahkan kata ajengan gaos, meskipun malaikat yg manggil, tutup telinga aja!! g tau sih…bt gw g mungkin tp gw yakin bliau mungkin mampu.

hal ini sih dah ga aneh di kalangan sufi,contohnya waktu Syekh Abdul Qadir sesaat sebelum meninggal, malaikat datang dengan membawa segulung surat yg disebutnya “dari yg mengasihi untuk yang terkasih” (gmn g bangga disebut ky gt ma yg bikin nih dunia, Allah maha romantis) pas baca surat itu, anaknya menangis,lalu mempersilahkan malaikat itu masuk, didalamnya dah ada murid2nya dan anaknya yg satunya lagi.

“lapangkan ruangan ini, kasih tempat, jaga kesopanan karena udah dateng beliau2 selain kalian”
maksudnya gaib2, arwah org2 soleh terdahulu.
itulah prosesi akhir hidup pengamal dzikir,termasuk kita2 yg udah ditalqin. mreka2 g akan dicabut nyawanya, tp DIJEMPUT..yaa kaya supir ngejemput anak majikan aja..”silahkan juragan..”
ga akan ngerasain yg namanya sakaratul maut.
malah guru gw bilang, klopun ada kecelakaan pesawat ky kmrn2, kita bakal diangkat pas pesawatnya jatuh,dah itu kita disimpen lagi dlm kabin,jdnya selamat deh. tapi klo emg waktunya mati, kita bakal dijemput sesaat sblm pesawat jatuh.
itu cuma kiasan,ga selalu pd kecelakaan pesawat loh ya..

dari keterangan di Al Quran, bahwa seseorang yang akan menjadi Wali, pertama2 akan Alloh buka pintu dzikir untuknya. beruntunglah kita dah nyampe di pintu itu, tinggal istiqomah aja ngjalaninnya.so … bkn g mungkin kita bisa jadi Wali Alloh.artinya aja kekasih Alloh,ga terpaut apakah dia kyai ato org biasa,ga dibatasi hanya untuk org2 bersorban, putih2.klo Alloh dah berkenan dan menyukai seseorang,mo ky gmn pun dia,yg penting adalah taqwanya.
keren juga ya klo ada org yg pake jas, dasi, kerjanya eksekutif, kaya, ganteng ternyata dia itu wali Alloh…

tapi mungkin g semudah yg dibayangkan, karena setiap mereka2 itu diuji dengan berat,lebih dari org2 lain.

gw kmrn ikutan talqin lg…
ga bosen2…biar diapusin smua dosa2 gw..itung2 di cas aja..hehe..
dan yg paling gw demen….mejelis dzikir bada dzuhur.
dzikir laa ilaa haa illalloh berjamaah serasa meruntuhkan atap kubah mesjid raya…
mesjid yg segede itu bergetar dengan gema dzikir yg diucapin setiap ikhwan akhwat.
sueeer,,ga boong!!!
gw aja ampe merinding….tandanya apa tuh??tandanya datang yg goib antara kita2, g tau apa itu jin ato malaikat, gw  g tau…emg gw bs liat apa!!

knp gw demen dzikir jamaah??
karena gw yakin hati gw bebal bgt, ndablek, klo gigi tuh dah byk karang2 n plak2 nya nempel,mo disikat jg susah ilangnya.
karena Rosul jg berkata bahwa hati itu keras melebihi batu…
so kalo batu segede apapun juga dipukul2 ma pahat ma banyak org…pasti cepet hancurnya. beda klo sendirian mahatin ntuh batu..ampe lebaran monyet jg g bakalan bisa.
makanya syarat dzikir tuh:
1. dalam keadaan suci
2. dengan suara gema yg kuat
3. dengan penekanan pada titik yg tepat

mmm….apa lg yah??
gw g tau hrs ngmg apa lg…
mungkin itu aja…yg gw dapet dr manakiban kmrn..
mdh2an bisa motivasi yg baca..

wallahualam

Categories: isi pikiran gw, Tarekat Qadiriyah Naqsybandiyah | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: