Tentang gusdur

Gus dur……gus dur

manusia yang satu ini bener2 manusia langka, g ada tandingannya di dunia ini ato di indonesia aja deh.. bokap gw begitu mengidolakan beliau, termasuk gw jg org yg ga bosen2 bt denger beliau ceramah..makanya pas selesei nonton kick andy di metro barusan, gw langsung buka laptop, tulis ini blog, n pasangin di FS

emgnya apa sih yg aneh dari manusia bernama Abdurrahman Wahid ini??

yaah…smua org juga tau dia mantan presiden. smua jg tau kelakuannya yg nyleneh n kontroversial itu. tapi asal tau aja, ini buat org2 yg belum tau yah, bahwa banyak yg g tau n g nyangka bahwa gus dur ini adalah salah satu waliyullah, wali, aulia, kekasih Allah. msh bingung?? tau khan wali songo?? yup..betul bgt!! beliau termasuk org yang tmsk tingkatan setara dengan wali songo.

g pcaya??klo sh sulit bt nerima kenyataan diatas, gw sederhanain aja, bahwa beliau adalah seorang sufi..banyak yg bisa kita ambil dr beliau sebagai buktinya..

“gitu aja kok repot?” itu kata2 trademark beliau.dr kata2 itu aja qta bs renungkan, bahwa itulah sifat dari seorang sufi, selalu berpikir sederhana n ga macem2, coz knp??karena seorang sufi itu menyadari bahwa hidup ini adalah suatu jalan yang sederhana, ga usah diambil pusing diambil ribet, smua ini ada yang mengatur, sudah diatur, dan tidak perlu diatur2 lagi. smua dah ada jalannya, termasuk kehidupan bangsa dan negara ini.

jadi sewaktu gus dur memimpin, dia telah menerapkan disiplin pesantren pada kehidupan berbangsanya. pemikiran itu tadi telah dicobanya diterapkan dalam setiap mengambil keputusan. keputusan yang sederhana tapi ternyata diangap kontroversial bt yg lain. sementara yang lain sibuk mempertimbangkan ini itu, dapet profit ato ga, smua dipertimbangkan, padahal itu hanya keputusan kecil n harus cepat diputuskan. tapi itulah gus dur, dia hanya berniat melakukan smua dengan cepat, tepat tanpa mempertimbangkan kemungkinan adanya celah pada setiap kebijakan yang diambil seperti pemerintahan sebelumnya.

contohnya liat aja di pemkot bandung atau pemkab bandung atau di daerah manapun aja, cuma kebijakan mengatasi banjir aja masih simpang siur, akhirnya banjir mah tetep aja terjadi tanpa ada kejelasan tindakan. trus ijin villa di bandung tara itu yg berlarut2, smua itu akhirnya ga bener, g ada yg jalan, g ada yg berhasil. karena apa? karena para pemimpin kita itu sibuk mempertimabngkan segala hal, profit lah, duit lah, g jauh dr itu.

bedain ama gus dur, dia ambil keputusan sendiri dengan cepat, karena dia ngambil eputusan secara murnihati nurani tanpa dicampuri kepentingan2 yg g penting terutama duit. jadinya banyak org yg dah terbiasa selama orde baru n orde habibie, ngerasa jerah n bosen dng keadaan ini, ahirnya gus dur disingkirkan karena dianggap terlalu nyeleneh n kontroversial, padahal yg bener adalah, gus dur tidak mendukung kepentingan golongan…atau kasarnya, ga ada duit melimpah bt dikorup waktu gus dur memerintah mah.

trus tau ga??

kenapa tangan gus selalu mengetuk2 tangan atau gerak2in jari wktu duduk atau diam??
itu karena dia lagi wirid alias dzikir…g tau dzikir apa, p gw yakin.

dia bener2 org yg maju, jauh lebih maju dr jamannya, indonesia belum siap nerima gus dur, indonesia masih terlalu primiti bt dipimpin gus dur, makanya selalu dianggap nyeleneh. sama hal nya waktu tahun 60an, semua manuver politik soekarno dianggap nyeleneh, padahal itu adalah manuver yang dianggap wajar klo qta pandang dr sudut jaman sekarang, cuma mungkin jaman itu belum terlalu banya org yang pinter, yg ngerti politik, jdnya soekarno serasa sendiri n akhirnya dia ditumbangkan jg. sekarang jaman terulang, qta dikasih pemimpin macam gus dur yang terlalu maju jalan pikirannya sampai2 kita cemooh dia. kita anggap ngaco, g baleg!!

Categories: isi pikiran gw | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: