nyampe di King Abdul Aziz International Airport

Setelah mendarat rasanya dah ga sabar deh pengen buru2 nginjek tanah jazirah arab ini. Jeddah atau Jidda yang artinya adalah nenek, banyak orang mengatakan bahwa asal nama Jeddah ini dari kata nenek dalam bahasa arab, yang artinya nenek dari umat manusia, yaitu sapa lagi kalo bukan Siti Hawa. Lho…??? Apa hubungannya??

Yaa..di kota ini dipercaya terdapat kuburan Siti Hawa, ibu dari semua umat manusia, nenek dari seluruh insan di dunia ini. Bahkan di kota ini juga terdapat sepeda yang gedeee banget, yang menurut pendapat orang adalah sepeda nabi Adam. Emang jaman dulu dah ada sepeda?? Yaa inilah salah satu lelucon yang didapat dari kota ini. Foto nya ntar gw upload di seri berikutnya. Sekarng mah kita omongin dulu peristiwa kedatangan seorang besar, seseorang yang di idam2kan kedatangannya selama ini, seorang yang ganteng, seorang yang charming, seorang yaaang..uuukhh..mana tahaan!!! Sapa lagi kalo bukan mang sholeh!!😉

Kluar pintu pesawat gw langsung masuk ke cerobong panjang, ga ada yang namanya turun tangga kaya waktu naek pesawat di cengkareng, ini mah jalan lurus, dengan lantai dari plat besi ato almu, g jauh Cuma 50 meter aja. Inilah yang namanya belalai gajah..katanya sih…

antri..ayo antri..sambil mata2 mereka baru melek, serasa mimpi, ini dmn yak??

antri..ayo antri..sambil mata2 mereka baru melek, serasa mimpi, ini dmn yak??

Bandara King Abdul Aziz Jeddah ini termasuk bandara yang megah (yaa iya laah..orang baru pertama masuk bandara) maksudnya semua masih baru coz katanya terminal kedatangan jemaah haji ini baru selesei, terminal haji dipisah dari terminal umum jadi kagak nyampur ma penumpang non jamaah. Nongol2 dari belalai gajah, langsung masuk ke ruangan gedeee…kosong pula, kliatan banget masih barunya. Trus disuruh antri ma petugas, ternyata petugasnya org indonesia juga, TKI meureun yah?? Disana sini berkeliaran cowok2 ganteng n mancung2, ampe satpam aja ganteng, di kita mah mungkin dia dah jadi artis sinetron aja kali yah??

Jamaah dibagi jadi beberapa antrian buat masuk ke beberapa loket, disitu kita kasihin paspor kita trus dcap ma dia, muka kita di foto, tau dah buat apaan..mungkin buat mastiin apa bener sama ama yang di paspor ato Cuma ngecek takut selama di pesawat idungnya ilang ato matanya jadi petet sebelah.

Selesai itu, masuk lah ke ruangan yang super luas n gede banget, disitu ada tempat koper2 kita berjalan sendirinya, diatas jalurnya yang dijalanin ma mesin. Disitu kita riweuh nyari2 koper kita, sekarang mah baru ngerti kenapa mama ngasih iketan2 dari kaen perca yang warna kuning golkar di koper gw. Mana banyak lagi. Ternyata itu buat nandain koper kita biar gampang nyarinya di antara tumpukan2 koper lain. Malah ada orang yang nempelin sleeping bag ato sendal jepit lah di jaring pembungkus koper, nah yang itu jauh lebih norak lagi…

“Cep dokter…itu koper na di palih ditu..” ARTINYA : “ pak dokter, itu kopernya sebelah sana”. Waah…makasih banget Yaa Allah, sumpah dah gw yang tadinya diem pasrah nunggu koper yang tersisa, ternyata ditunjukin ma orang, ga sah capek2 nyari lagi. Padahal tadinya gw niatnya daripada capek2 rebutan ma orang, mendingan nunggu koper yang tersisa aja, berarti itu koper gw.Alhamdulilah..inilah salah satu kenikmatan yang gw dapetin dari Allah selama di Tanah Suci.

Pas dah dapet koper, cepet2 gw ambil troli, “Gaya laah..” tiba2 ada isu, katanya mesti ganti baju ihram (pake kain putih 2 potong, tanpa jahitan, khasnya haji). Ribet lah orang2 pada nyari WC buat ganti baju, malah ada orang yang nekat ganti baju di tempat itu juga yang terbuka. G ngerti deh gmn caranya, tau2 dia dah beres ajah…waah!!gw mah kaga berani, gmn kalo tiba2 melorot trus rudal scud gw meluncur otomatis??? Masuk lah ke wc, untung ada ruang yang kosong, masuklah gw n ganti baju disana, sumpah ribet banget, takut kena najis, mana becek lagi, wiihh.gw aja pas dah selesei ganti baju, pengen pipis dengan cara kaya anjing, kaki diangkat 1, kain ihram yang berat disingkap ke atas, ceerrr….!!sumpah kaya gogog lagi pipis, takut bgt kena najis soalnya dari jeddah ini kita niat ihram, gimana kalo kita ber najis, batal juga niat kita.

Selepas keluar bandara, gw disambut arab gendut ngomong ga jelas..”wawawaw…uh..ahh…auh..auh.oh” kaga jelas lah, tapi setau gw dia mau bawain koper gw ke atas mobil angkutan. Di luar situ, gw liat struktur bangunan yang ga lazim gw temuin di Indonesia, bentuknya seperti tenda gedee Cuma kayaknya terbuat dari beton. Lengkap dengan tiang gede. Di bawah nya ada ruang2 bangunan bersekat tapi terbuat dari tembok juga, disitu adalah WC umum n kursi2 tempat duduk menunggu. Bagus…bagus banget!! Sirkulasi juga bagus, kebetulan udaranya bersahabat banget, sama persis ma di bandung. Pas gw mo wudlu (takut batal bow!!) wuiih.WC nya bersih, aernya gede, anget lagi (nah ini nih, aer di arab mah anget2 lho…kerana kepanasan kali yah?) klosetnya jongkok tapi ukurannya gede banget, lebar dan panjang. Ga ada ember yang ada Cuma semprotan aer buat cebok, trus dibawah kloset ada lubang gede, jadi tai kita jatoh ke lobang itu tanpa harus disiram lagi kaya di kita.

Selepas itu gw duduk2 n berfoto di kursi fiberglass sambil cari2 kelompok gw. Dah nemu, yaa gw kumpul2 n beli aer dingin seharga 1 riyal. Itu jajan pertama gw di arab ini..hehe..

selepas itu masuklah kita ke dalem bis yang dah disiapkan, bis nya butut pisan, dibandingin ma jamaah malaysia mah, jauuhh bgt, tega nian neh!! tapi untungnya AC nya pada nyala. uhh.. thx god!!

Categories: Haji 1428 H | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “nyampe di King Abdul Aziz International Airport

  1. reey

    wah pak dokter gaul juga bahasanya…siiip
    tpi pak da g yang bahas tentang struktur kabel dari bandar jeddah itu?….

  2. iya nih..,saya cari2 strukturnya kok ga ada ya.
    apa emg sengaja ga di kasih tau dri pihak yg bersangkutan? >_<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: