sewaktu di kapal…

Ada 1 pramugari yang rada lumayan cantik….cantik denk!! cuman dia bertugas ngelayanin gang sebelah sono, seberang gw, tempat awal gw duduk. Di gang gw mah yang ngelayanin biasa2 aja, ga cantik. Sempat gw kepikiran, mungkin emang dah diatur dari sono nya bahwa yang ngelayanin haji, pramugari2 nya ga boleh yang cantik2 apalagi yang sexy, mksdnya mungkin biar qta konsen ma hajian qta. Iya jg sih…selain ga cantik, kliatan juga umur2nya 30an gituh…

Truss…apa yang gw lakuin di dalem kapal???

Makan…makan..en makan..

Emang iya, selama perjalan mungkin gw dikasih makanan berat (bukan batu bukan bata) sebanyak 3 kali, belum diselingi ma snack n minuman anget. Malah agak ga bisa tidur…tapi enak sih…maem teruuuss.. makanannya dibujgkus ma alumunium foil. Panas banget. Qta bisa milih, mo daging ayam ato daging sapi. Satu menu yang gw inget sih, dalemnya alumunium foil (bentuk piring), ada nasi yang pulen banget, daging, sayuran kayak kacang polong, buncis, n wortel dipotong2 kecil. Minumnya aer macem aqua cuman pendek banget sependek setengah aqua gelas. Dikasih juga sendok n pisau dng merk saudi arabian airlines (mo gw colong tp ngapain juga).

Dah gitu snake eh.. snack nya berupa minum juice kaya buavita, qta bisa milih apa mo rasa apel, oren..2 nya dingin kok. Didorong pake troli. Terkadang masih ada roti yang tawar bekas makanan berat tadi..kaya kue bagelen, bulet gitu. Cuman gw kagak demen kaya gituan. Beda ma pak omar yang awet2in tuh makanan ampe punya istrinya aja dihajar juga.

Perjalanan gw selama 9 jam di atas langit kerasa mulai boring, w ga tau mesti ngapain lagi, kaga ada kerjaan lain (ada seh, ngaji kek..kaya ibu sebelah kiri gw..gw aja males), tipi kaga ada, adanya juga tipi gede yang nunjukin waktu perjalanan, arah angin, kecepatan angin, waktu tiba berapa jam lagi.. mo ngobrol n pedekate ma tuh pramugari, gw nya malu… padahal dia duduk nya agak belakang dari gw.

Ada 1 orang bapak2 yang sekamer a gw di asrama, dia dah tua seumuran 50an, dia dipanggil Apih, tau dah namanya sapa, dia berangkat ma istrinya n adeknya. Dia orangnya Ndableg…waktu masih di gedung dakwah tasik sebelum berangkat, gw denger2 penyakit jantung dia sempet kambuh n bikin heboh smua org. tapi dia tetep aja minum kopi, ngerokok pas di asrama, emang gila. Pas di kapal, dia jd temen becandaan ma gw, godain tuh pramugari, ga digimana2in sih, Cuma komentar2 nakal aja. En senyum2 ga puguh..hehe..si apih ini duduk di belakang kiri gw. Munggungin WC, sejajaran ma istr n adek nya.

Hari menjelang pagi, qta pun menjelang sampai di jeddah, dari jendela pinggir deket pintu darurot, kliatan rona jingga pagi di jazirah arab. Udara sih belum kerasa kaya gimana2 coz AC dalem kapal ga terlalu dingin meskipun nyebrot2 gede banget. Mungkin sengaja coz kalo AC dingin banget, ntr banyak org yang ke belakang mo pipis. Padahal WC di kapal ga seenak WC umum punyanya pak Omar (dia juragan WC di jakarta lho…berangkat haji ini dari usaha WC, gila ga?) di WC kapal sih segalanya seba simpel, praktis, pipis aja ga gebyar gebyur pake aer banyak, malah cebok pipis tuh pake tisu yg dibasahin. Ko gitu2 amat yah. Klosetnya ga ketutup aer seperti biasa, tapi semacam katup gede aja, jadi pas org dah selese BAB, pencet tombol, maka katup itu ngebuka ke dalem n ngalirin kotoran ke dalem. Untungnya gw ga kepengen BAB.

Yang lucu sih, banyak banget tempelan2 yang dibikin ma pramugari2nya, semacam manual handbook alias cara2 penggunaan alat2 di dalem WC. Kata2nya kaya gini: “gunakan tisu basah untuk membersihkan” , “dilarang cuci kaki” , “dilarang membuang tisu di kloset” , banyak lagi dah ampe ampir penuh tuh dinding WC. N gw yakin…tetep aja kaga ada yang ngerti. Gw sih maklum karena mayoritas penumpang adalah orang desa yang belum pernah bersentuhan dengan teknologi seperti ini. Kebiasaan mereka khan cuci kaki kalo beres dr WC, tapi bayangin aja klo di kapal kaya gitu, bisa2 aer di lantai WC rembes ke bawah n bikin konslet kabel2 yg ada di bawah lantai…bisa jatuh tuh pesawat cuman gara2 orang cuci kaki.

Kapal pun mendarat dengan selamat di bandara king abdul aziz jeddah kira2 jam 6.30, dari atas keliatan padang pasir, bener2 padang pasir jarang bgt ada pohon. Pertama kali gw liat tuh…bandara aja kayanya Cuma segaris aspal ditengah pasir. Waktu mendarat alhamdulillah ga ada apa2 yang bikin dag dig dug. Gw keluarin tuh barang2 dr bagasi atas tempat pak Omar. Sambil antri keluar di dalem gang karena macet, gw sempet chit chat bcanda dulu ma bapak2 yang duduk di gang pak Omar alias gang pramugari cakep itu disitu berdiri pramugari yang lain, cm manis aja, dia cuman ngucapin selamat jalan aja ma orang, tp karena macet jdnya lumayan lama qta2 bcanda, gw dibilangin “masih bujangan tuh mbak”…” dokter lagi…” gw cm bisa malu2 aja, dianya pas denger gw dokter, matanya langsung berbinar aja “waah….masih muda dah haji yah, hebat” hehe…jadi malu ah…kayanya kalo dari awal dia tau gw dokter, gw bakalan ditempel abis neh, dikasih no hp jg…

Categories: Uncategorized | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “sewaktu di kapal…

  1. hayooo🙂 masih mikirin pramugarinya yach🙂

  2. Anonymous

    hehe…
    sayang ga dipoto…jd ga bs ngebayangin lagi..hehe
    tapi ada yg poto ma dia, siapa yah??
    si apih gitu yah??
    inget2 dulu ah….

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

