Nasi bancakan

Dah 2x gw ngedenger n baca tentang tempat makan yang satu ini, tapi ternyata emang butuh effort yang lebih buat gw nyobain makan disitu, pertma sih ga tau baca dimana, lupa lagi, yang pasti saat itu gw baca bahwa disini ada “hawu” atau tungku masak tradisional. That’s it!! Ternyata masih g ampuh juga buat ngegerakin kaki gw melangkah kesana, secara gitu gw dibesari di kampung so makan depan hawu mah dah ga aneh lagi. Trus yang kedua, waktu co ass di bagian Public Health, teh like ngomong ke gw bahwa ada tempat makan yang unik, namanya Nasi Bancakan. Gw pikir “perasaan gw pernah denger deh..” trus katanya ibu muda yang cantik ini harganya murah bener, dia makan ber6 Cuma bayar 80rebuan..tapi ternyata promo mulut ke mulut ini juga kurang nyemangatin gw.

Ampe akhirnya kemaren sabtu 2 agustus 2008, dikarenakan keluarga gw mo syukuran lulusnya kakak gw, awalnya mo bertempat di D’Cost, tapi saat itu jam 4, D’Cost blm buka. Emang sih rumah makan seafood murah itu buka jam 10.00 ampe jam 15.00 trus tutup dulu ampe jam 18.00 baru buka lagi, tau deh strategi apaan kaya gini, unik juga. So…gw bawa aja orang2 ke nasi bancakan, itung2 nyoba2..

Pas masuk, langsung terlihat tungku itu, ada 3 buah tungku jauh di bagian belakang. Lengkap ma abu2 jelaga item yang nempel di temboknya, tapi ga usah khawatir banyak asap coz rupaya diatas tungku itu dah dipasang exhaust fan. Deretan makanan dipajang di sisi kiri “dapur” itu, gaya swalayan warteg lah, smua berderet di dalam baskom seng gaya lama. Sejauh yang gw inget, makanan yang ada (tentunya semua masakan sunda yah..), diawali pertama oleh tumpukan piring seng (ini yang khas) yang sengaja dibuat codet sana sini biar terkesan kampungan, trus ada bungkusan timbel, n liwet panas dalam kastrol, terserah anda pilih yang mana. Disusul kemudian masakan angeun poloy (sayur talas dimasak ma santan kental), tumis paria (Pare), tumis sawi, oseng daging, sambel goreng kentang, teri balado, samabal erasi, sambel cabe ijo, sambel oncom, tunis kangkung, goreng gepuk, goreng babat, apa lagi yah…??banyak deh, ada 3 baris n masing2 baris mungkin ada 10 deret masakan. So itung sendiri yah.

Karena deret masakan itu ada di sebelah tungku, so bisa kerasa angetnya n aromanya kayu bakar yang dipake disitu. Trus mo minum apa? Di deket situ mah ada 2 minuman khan, yaitu es doger ma es cendol, dua2 nya enak brow!!!manis tapi ga klenger!! Apalagi es dogernya wuiih…mantap!! Dah mesen minum, jangan lupa BAYAR!!! Bayar di kasir tentunya, dasar emang sederhana n tradisionil, ngitungnya juga Cuma berbekal kalkulator, kaga ada mesin itung yang gede itu.. oh iya, ada satu lagi penganan yang harus dicoba disitu, yaitu adalah kue kotak, itu tuh kue yang dibikin mirip pukis Cuma cetakannya bentuk kotak so hasilnya kotak juga, fresh langsung dibikin disitu juga, Cuma gw belum pernah nyoba tuh..kayanya enak juga coz warna kuning banget tandanya dia make telor yang lumayan banyak.

Cuma gw ma emih (nenek) yang duduk di bangku lesehan nunggu mobil papa yang masih di belakang, trus emih ngajak gw buat liat masakan2nya, hasilnya??? Ga ada respon!!! Gw sih ngerti aja, beliau dah ga aneh ma yang kaya ginian. Di rumahnya aja ada. masakannya juga dah ga aneh, malah bisa bikin yang lebih enak lagi. Itu seh gw setuju banget gw dah nyoba masakan2 beliau yang maknyuss!! Mungkin buat orang 2 jakarta mah yang kaya gini ini yang aneh n pasti exited banget!!

Pas papa dateng, dia ternyata exited juga, padahal gw pesimis bisa muasin dia, coz dia agak2 ga suka masakan2 kaya gini, coz menurut dia lebih enak makan di rumah, emang sih bener juga , jauh lebih enak masakan rumah, tapi yaah setidknya refreshing lah!! Papa langsung ke belakang liat2 . “yuk ah makan, biar yang lain mah, kita aja yang makan” yang lain mah tetep keukeuh mo makan di D’Cost so disini mereka ga makan, nunggu jam 6 aja sambil ngegosip.

Pertama papa senyum liat piring jelek itu…katanya nostalgia jaman susah dulu, gw yang ambilin nasi liwet nya, “jangan banyak2, ini mah nyoba aja kok” dia tunjuk2 satu2, ampe dia mutusin ambil Poloy, sambal goreng kentang, oseng daging. Minumnya dia ambil es doger. Akhirnya dia makan dengan lahapnya, sendiri!!! Yang lain mana?? Yaa tetep ngegosshh….!!

Si emih kemana??? Beliau sih ngaso di bangku lesehan sambil minum minuman favorit nya..Teh tawar panas!!tentunya di cangkir seng butut khas bancakan. Trus ga kuat liat gw ma papa makan, yang laen ikutan nimbrung juga makan pare pesenan bi nani…katanya enak banget!!! masa sih…???

Pokoknya total makan : makanan papa diatas ditambah nasi timbel 1, pare 1, teri 1, poloy 1, es doger tambah 2, es cendol tambah 2 lagi, total 50 rb. Harusnya 50.500 tapi arena kita kesulitan nyari receh, ama kasirnya di diskon aja “udah ga usah, 50 rb aja” waah…asyik banget…bener2 ramah.

Kesimpulannya apa coba???

1. Sesuai ilmu ekonomi, modal sekecil2nya, dapet untung sebesar2nya. Ini bener2 diaplikasikan ma mang barna (yang punya bancakan), cangkir n piring seng itu murah banget, trus properti nya seperti bangku lesehan pake tikar pandan kering, baskom, smua murah meriah!

2. INI PENGHINAAN!! Masak tamu disuguhin ma piring n cangkir butut!!

3. Introspeksi keadaan masyarakat sekarang, bahwa saking susahnya jaman ini ampe makan pun kembali kaya jaman dulu, make piring butut. Kesian banget yah??

That’s it!!!

No 2 kidding yah!!

Selamat mencoba!!

Categories: keluarga gw | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Nasi bancakan

  1. Jajang

    Ihh… gila atuh, sigana tempatna kotor, apa teu loba kuman narempel …😯

  2. mangsholeh

    yeey….mun kotor mah moal payu atuh kang!!
    bersih pisan lah….cuma bagian hawu nya mah sengaja pada item biar kliatan natural…

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

