Daily Archives: 4 September 2008

Ujian pak Haji

Oh iya…stu lagi gw kelupaan..

Sesudah ujian ma dr. Syaf, gw ma temen-temen kembali lagi ke habitat, kembali ke alamnya masing-masing yaitu sejauh 500 meter ke depan lagi ke poliklinik..jalan lagi angkut bahan dalam tas beratnya 7 kilo itu. Kita ke depan buat ujian terakhir ma dr. H. Undang Gani Sp.OG alias Pak Haji.

Beliau mulai nguji bada dzuhur, biasaa, beliau memilih sholat dulu, mungkin buat menenangkan diri mempersiapkan buat berhadapan ma co ass bego macam gw..hehe..gw dah stuck banget belajar phantom (praktek ma boneka), apaa lagi..bener bener dah buntu banget kaya usus. Pas Pak Haji dateng, otomatis nadi gw jadi cepat, kluar keringat dingin, muka pucat, nafas cepat, sering pipis, perut jadi mules, semua gejala syok kayaknya dah muncul. Ditambah rambut jadi keriting…(emang dah dari sononya keriting deng!!)

Meskipun notabene beliau sodara jauh gw, istrinya tuh sodaraan ma nenek gw, tau deh dari mananya, tapi mereka kenal kok. Tapi rupanya semua itu ga ngaruh deh, bener bener profesional banget, ampe ketemu dijalan aja ga pernah senyum, Cuma angguk kepala aja. Waah gut..bagus tuh buat jadi pejabat biar ga ada nepotisme.

Gitu juga waktu gw masuk ke ruangannya untuk ujian, beliau duduk di kursi busanya, trus gw nya??? Bingung gw, biasanya suka dipersilahkan duduk dulu baru kita duduk, tapi ini mah ga dipersilahkan duduk mulu, yaa udah akhirnya gw berdiri aja.sempet salting juga, tapi daripada kePEDEan maen duduk aja khan??hayooo..

Pasien kamu apa??” beliau ga minta ceritain status jadi aman aja tuh..

KPD + letak sungsang dok”

“boleh ga kalo pasien sungsang di versi luar” waah ini mah dah sering gw baca, gw yakin bisa jawab neh!

sekarang versi luar sudah tidak di lakukan lagi dok” dengan pede nya tea..taunya ditanya lagi

kenapa??” waduhh..”karena akan menimbulkan komplikasi dok”

“jawaban sekolahnya apa?” maksudnya jawaban sekolah tuh jawaban sebagai dokter bukan jawaban umum seperti tukang beca “yaa menimbulkan komplikasi ke ibu dan bayi na dok” jawab gw yang baru ngeh maksudnya apaan..trus gw jawab satu satu meskipun ada bolong-bolong alias ada yang lupa point nya, dia nya dengan sabar nunggu, malah bikin gw salting aja, jadi gw pasang muka sok mikir aja, sok lupa, padahal ga tau lagi jawabannya.

bisa ga bayi letak lintang lahir normal??”

“bisa dok, kalo bayi nya kecil”

“ya trus..??” apa lagi yah??? “menurut kamu kalau gemelli anak ke dua bias ga??”

“eh..eh..bisa dok..” gw piker-pikir bisa juga yah. “kenapa??” aduuhh…kok pertanyaan itu lagi..

“yaa..karena jalan lahir sudah teruji oleh lahirnya anak pertama” jawab gw.

kalau anak pertama nya kecil, gimana bisa dikatakan jalan lahir sudah teruj, ah…kamu!!i’

“oh iya dok…maaf dok..”

“trus kamu diagnosa ada kata-kata anak hidup tunggal, penting ga sih kata itu??”

Deg!! Apa yaa jawaban yang tepat??justry pertanyaan yang simple yang kaya gini yang sering ga kepikir. Gw terdiam lama dan agak ragu untuk menjawabnya.

ada dok..harus ditulis..”

“yaa kenapaa??” lama gw ga jawab, alasannya apa yah?…ngeblok boss!!! Akhirnya dia nyerah juga..pindah ke pertanyaan lain.

kalo bayinya mati diapain?”

“ee..emm..embriotomi dok?” agak gay akin jawabnya, tapi emang bener sih jawabannya, ngeliat gw ragu, beliau nanya lagi..

embriotomi ada berapa macam??”

Tuluung!!! Gw ga belajar embriotomi nih…keliwat blajarnya…alhirnya gw Cuma diem aja pura pura lupa…hehehe.

Ngliat gw kaya gitu, dokternya nyerah, dia nyuruh gw balik..’ya udah…”

“makasih dok….assalamualaikum…”

Kesimpulan:

Bias ga?? Ya ga bias…fifty fifty juga kagak..mudah2an ada mukjizat..karomah n barokah abah, karena sebelum ujian gw tak lupa robithoh dulu ke abah anom, mudah2an beliau sudi mendoakan gw…

Tolong abaah…doakan aku..mintakan kepada Allah supaya meluluskan aku…

Categories: gawean gw | 3 Comments

Ujian ma dr. Syafrial Sp.OG

Selepas ujian lisan ma dr. PEL yang berlokasi di poliklinik Obgyn , gw harus pindah ke bangsal V/VI di belakang buat ujian lagi ma dr. Syafrial. Trus??? Makan baso di pesawat, so what??? Yaa..asal tau aja, luas RS Dustira ini sekitar 13 hektar. Smua lahan hampir terisi penuh sama bangsal n koridor antar bangsal itu panjangnya kalo disambungin bisa nyampe dari depan ke belakang…dari ujung depan ampe ujung belakang kira2 500 m, jadi kalo bola balik dari depan ke belakang yaaa 500×2 = 1 km. blm lagi kalo jaga malem, siang dr depan dateng ke bangsal, trus malemnya ke depan cari yang anget-anget (bukan tai kucing lho, bukan juga sorabi idup hehe), trus balik lagi ke belakang, so totalnya 4x 500 = 2 km, sehari…apa ga sehat tuh!!!

Back to topic!!

Capek deh….bawa2 tas yang beratnya 7 kilo berisi kopian literatur materi (beneran gw timbang lho!!). gw urutan ke 4, dan masuknya berdua, inilah yang bikin ati rada tenang, maklum aja, seremnya ujian tuh sama aja kaya die di kuburan, dah gitu bikin stress aja, masih mending mau masuk kuburan mah ga perlu stress dulu khan..?? so, kalo berdua khan rada tenang ga terlalu seeyeem..!!

Tiba lah giliran gw, setelah sebelumnya tegang-tegangan gara-gara dengerin temen2 pada lancar ngapalin bahan nifas (tema ujian kali ini), lah gw???baru nemu kopian yang lengkap aja kemaren siang, sebelumnya sih gw Cuma ngapalin bahan yang gw punya tapi ternyata ada bahan yang lebih lengkap lagi,waah!!dasar ketinggalan info!!kagak gaul!!

“Ckeett…” suara pintu ruko (ruang ko ass) berderit tanda terbuka, bener2 suara paling nyebelin yang pernah gw denger!! 2 rekan gw yang dah diuji pun keluar. Otomatis langsung kita tanya-tanyain..”eeh, ditanya apa aja??susah ga??galak ga??” macem-macem dah. “Truss, sekarang nunggu apa lagi?” tanya gw…hening sesaat…”LO MASUK SONO GEBLEK!!” kata temen gw. gw baru sadar bahwa gw harus masuk…

Kertas kopian bahan langsung gw lempar ke lantai depan pintu, gitu juga ma kang dedi (partner ujian gw) padahal tuh bahan minjem ke teh yuyu. Yang punya marah-marah lah ngliat bahannya dilempar gitu aja….blum puas lagi, gw lempar juga sepatu gw ke atas tumpukan kertas itu..hehe…tau deh kaya gimana akhirnya teh yuyu,gw tinggalin masuk aja!!hehe..

Di dalem, gw duduk depan banget dr. Syaf trus kang dedi di samping beliau..

“Ayo dedi kamu baca status kamu” inilah khas nya dr.Syaf, katanya harus hapal status setebel 5 -6 halaman folio itu, kalo salah “KATANYA” suka jelek nilainya. Aah..lagian itu juga KATANYA, belum tentu bener. Bla..bla..bla.. kadang lupa juga 1-2 poin tapi untung ga ketauan (apa pura pura ga tau?). bgitu juga gw, disuruh baca juga, sama – sama lupa juga hehe..

Pokoknya ujian ma dr. Syaf tuh, kebanyakan yang ditanya tuh kang dedi aja, gw juga ditanya cuman gw palingan inget 2 poin aja, sisanya dilempar lagi ke kag dedi. Setiap nanya gitu mulu, lempar lagi lempar lagi…ampe dia bilang “waah..kalian gimana sih, ga belajar neh” dengan logat khas padangnya (kaya logat mantan calon mertua gw).

Ya udah…selesai…”

“Makasih dok…” kita lebih seneng disuruh keluar dari ruang ujian tapi ga tau deh kaya gimana hasilnya. Beberapa menit kemudian beliau keluar “yang lain besok lagi aja, saya ada operasi dulu” . yaah…temen temen pada protes “kenapa dok..??sekarang aja dok” waah gaya bener, meeka justru pada pengen ujian, kalo gw mah bakalan minta diundur aja biar bisa lebih mantap lagi belajarnya.

Sekarang gini aja, coba kamu pikir. Sekarang saya mending operasi aja dapet 1 juta, daripada saya disini nguji kalian tapi ga dapet apa-apa” hehe..bener juga, apalagi kalo co ass yang diujinya kaya gw ma kang dedi semua, ga bisa jawab ini gawab itu…bisa stress tuh dokter!!

Categories: gawean gw | Leave a comment

ujian..oh..ujian..

Kamis itu, tanggal 14 Agustus diperingati sebagai hari pramuka, besoknya tanggal 15 adaah hari wafatnya idola gw the master, the one and only, the king of rock n roll, ELVIS AARON PRESLEY!! Beliau meninggal tahun 1977, di usia 42 tahun. Muda banget yah???tapi dah dipanggil ma yang Maha Kuasa. Semua karena drugs, narkoba, meskipun di kasus elvis Cuma overdose obat tidur doank, tp tetep aja itu tuh obat sedatif yang pengaruh ke kerja otak n syaraf. Apalagi kalo minumnya berlebih…so…anak muda sekalian, say no to drugs….but say yes to sex…..alah!!! ulah didengekeun….nu gelo ieu mah!!

Kembali ke laptop!!

Kemis itu tuh gw dijadwalkan ujian sama 3 orang penguji berbeda:

yang satu dr. PEL Siagian Sp.OG (jangan tanya gw apa singkatan PEL itu, ge jg ga tau, ada rumor katanya itu tuh namanya dia bukan singkatan, tapi masa sih??? Temen gw aja yang orang batak rada mengernyitkan dahi nya tandanya dia juga bingung. Gw jg ga berani nanya, sama aja gali kuburan sendiri).

Yang kedua dr. Syafrial Sp.OG (kalo yang ini gw yakin seratus persen, ini bener bener namanya dia, bukan singkatan. Tapi dasar orang padang, gw mah serem liat mukanya, tapi emang sih, bener kata perawat, beliau itu muka rambo tapi hati rinto. Sama kaya julukan gw waktu diklat KSR dulu, muka rambo suara rinto alias dibentak dikit suaranya langsung melempem…hehe).

Yang ketiga, dr. H. Undang Gani Sp.OG ( kalo yang ini gw sering ketemu di mesjid kalo subuh, suka salaman muter gitu, tapi sejak gw masuk bagian obgyn, seringnya gw nunduk minder, malu, soalnya kalo di mesjid gw suka pake gamis putih bawaan dr arab. Belum lagi kalo udara dingin gw sering lilitkan sorban. Pokoknya jauh lebih heboh lah dibanding beliau yang seringnya jadi imam.)

Ujian pertama ma dr. PEL, waah…bakal heboh nih, soalnya namanya juga ujian Gynekologi alias ilmu tentang penyakit kandungan, pasti bakal macem2, ga mungkin yang normal, kebetulan diagnosa gw kista bartholini, beda ma diagnosa dia yaitu bartholinitis. Padahal seharusnya biar aman mah, diagnosa kita harus sama ma pengujinya, tapi gw mah keukeuh coz yang namanya – it is itu berarti peradangan, sifatnya akut. Jadi bartholinitis itu peradangan pada kelenjar bartholin. Karena sifatnya akut, maka tanda -tanda peradangan akut pun seharusnya ada yaitu kalor (panas), dolor (nyeri), rubor (merah), tumor (bengkak), fungsiolesa (kehilangan fungsi). Nah! Di pasien ini keluhan bengkak ada Cuma ga nyeri n ga panas, apalagi panas badan. Yang paling penting, keluhan dah dirasakan 6 bulan, jadi bukan akut lagi itu mah, dah kronis. Malah menurut gw n dr. Sarwono, lama kelamaan yang akut itu bisa menjadi kronis yang dinamakan kista bartholin.

Nah!! Inilah yang gw pake sebagai acuan, wong dia ga ngerasa sakit, biasa aja, ga ada panas badan, waktunya dah 6 bln, gw yakin n pedenya bilang bahwa ini KISTA BARTHOLIN. Suatu statement yang jarang gw lontarin dengan pede, karena ga pernah belajar jadinya mana bisa ngomong gede kalo blm belajar..

Kebingungan ga brenti sampe disitu aja, pas bikin status pasien, gw bingung ga ada conto yang bisa gw jadiin acuan (bilang aja mo nyontek….pake bilang acuan segala..). padahal kasus laiinya mah banyak contohnya. Y udah akhirnya gw karang sendiri, dengan berbekal buku Sarwono doank coz semua bahan textbook semua ada di hape pda gw yang ilang jadinya gw kekurangan referensi. Waktu semakin cepat berputar sedangkan status harus dah beres besoknya. Gw putar otak, merangkai kata, menggabungkan simptom simptom yang ada supaya mendukung diagnosa gw. Ampe akhirnya tulisan gw berhenti di diagnosa. Gw bingung lagi, apa yakin gw ma diagnosa gw yang beda ma dokter???daripada salah, mending dipending aja. Besok nanya ke temen yang lebih bisa.

Singkat kata gw dah yakinin diri sendir bahwa gw bener, akhirnya gw tulis deh, kumpulin!! Jam 10an gw dipanggil masuk. Gw duduk di kursi pesakitan, segala gejala mulai kerasa, tapi jari tangan tetep mengetuk pelan memandu hati gw buat terus dzikir khofi (saat kaya gini aja baru inget tuhan…dasar!!). dr. lagi baca buku data co ass yang masuk obgyn, tau deh kenapa..pas sadar ada gw disitu, baru deh dia mulai bertanya2 dengan melihat dan mengawasi setiap kata dari status gw.

Sampe halaman terakhir dia baca, barulah dia ngomong…

“kamu itu aneh, kata kamu ini adalah kista bartholin tapi didalam status kamu bilang fluktuasi negatif”

“apa itu fluktuasi?” trus gw jawab dengan sok pede..

“fluktuasi itu akumulasi cairan nanah di jaringan dok..” tau deh bener apa ga, seinget gw sih itu. Trus beliau menerangkan.

fluktuasi itu kalo benjolan kita pegang, dia seperti ada bergelombang di dalamnya, karena berisi cairan, ga selamanya isinya nanah/pus, tapi bisa juga cairan biasa, pus juga bisa..” agak meleset sih..

kamu melakukan PD ga?” waduuhh…gw ga ngelakuin, tapi apa alasannya yang manjur…

tidak dok..”

“lho..kenapa kamu ga melakukan”

“mmm…karena keluhan ada di vulva jadinya tidak ada indikasi untuk pemeriksaan ke dalam” ucap gw sembarang, asal ada bela diri dari gw, padahal gw emang ga ngelakuin karena ga enak ma ibunya, masa co nyolok2 vaginanya, padahal kita jelas jelas dokter muda. Pokoknya gw rauma ditolak ma ibu ibu, jadinya males.

“disini, setiap pasien yang datang harus dilakukan pemeriksaan dalam, apalgi untuk kasus ini karena penyebab dari brtholinitis apa?” waduuuuh…gw lupa!!!

bakteri E. Coli dok, trus satu lagi mmm…yang terbanyak..mmm..20-40 % oleh…” gw lupaaa..

paling banyak oleh Gonore…makanya kita harus PD, jadi kita bisa tau dalemnya, dia kena GO ga..”

“iya dok….maaf dok..” kalimat ampuh buat menenangkan penguji biar ga marah…

ya sudah ujiannya..” gw kaget..Cuma 10 menit lah, tapi apa memuaskan beliau ga yah??

iya dok…terima kasih dok…selamat siang dok!!” harus sesopan mungkin, meskipun lo orang ga tau sopan santun tapi mau ga mau lo harus sopan kalo mo lulus..

Keluar dengan hati gembira, beres satu tah…tinggal nunggu yang lain…

Next…ujian ma dr. Syaf

To be continue…insyaallah….tak kalah menegangkannya..tunggu tanggal maennya..

Categories: gawean gw | 2 Comments

Create a free website or blog at WordPress.com.