Tentang Co Ass…apa itu??kaya gmn??

Sekarang gw dinas di bagian obstetri gynekologi, atau gampangnya mah kebidanan dan ilmu penyakit kandungan..masih ga ngerti juga?? Yang ngurusin istri orang ngelahirin…masih ga ngerti juga boss?? Sekarang pergi ke perempatan terdekat trus ngacung disono..sapa tau ada orang yang nyamperin, naah..lo minta jelasin dah ke dia!!

Oke deh… disini gw mo jelasin tentang profesi co ass yang gw jalani. Co ass adalah singkatan dari kata Co Assisten. Dalam bahasa belanda disebut Co Skaap. Dalam bahasa indonesia diterjemahin menjadi Dokter Muda.

Co ass itu tingkatannya di atas sarjana. Jadi buat calon dokter ga cukup Cuma sarjana doank, setelah berkutat berjibaku nguras keringat ma ingus ampe badan kurus kering kurang makan kurang duit menyelesaikan 8 semester perkuliahan, dia ikut yudisium sebagai prosesi diijinkannya seseorang lepas dari dunia perkuliahan dan diterimanya di dunia co ass, dah gitu dia di wisuda sebagai sarjana kedokteran atau S.Ked. sama kaya sarjana yang laen.

Di tempat wisuda keliatan banget kalo kita beda ma orang laen, kalo orang laen kliatan banget bahagia n seneng banget bahkan ampe bawa kluarga sekampung buat ikutan wisudaan. Sedangkan kita mah muka nya pada biasa aja, emang sih seneng, tapi biasa aja tuh. Jadi kaya acara biasa sehari-hari, kaya yang Cuma iseng ikutan acara. Yaaa iyaa laah… orang kita mah masih ada hari esok alias masih ada 2-3 tahun lagi yang harus dilewatin yaitu kepaniteraan atau co ass.

Malah mah gw juga ampe ga di foto wisuda lho…sebenernya gara-gara bokap gw. “ga ah…pusing kepala papa” jawabnya waktu gw ajak foto. Trus beliau ngloyor aja ma mama pake beca pulang ke kontrakan gw..hikss hikss!! trus juga muka2 kita kliatan masih pada culun kaga ada dewasanya padahal kita sarjana lho yang buat kebanyakan orang gelar itu cukup untuk narik kawin cewek idamannya di kampung hehehe…

Masuk ke co ass yaa otomatis kita jarang berhubungan dengan kampus lagi coz sehari2 kita berkutat di rumah sakit dustira cimahi sebagai rumah sakit pendidikan fakultas kedokteran Universitas jenderal acmad dhani eh..achmad yani!! Namanya juga kepaniteraan jadi disini lah kita terapkan teori yang kita dapet di bangku kuliah. Smua tindakan praktis sebagai bekal praktek nanti ditempa disini. Sebelum terjun ke pasien, kita dilatih dulu dalam pra kepaniteraan, disitu kita belajar infus, pasang kateter, nyuntik, pasang ini pasang itu, gimana caranya anamnesa (nanya pasien), cara memperlakukan pasien, cara mendiagnosa, dll. Pelatihan ini dijalani selama 1 bulan yang diisi mentoring oleh bagian penyakit dalam, anak, kebidanan, jiwa. Baik itu oleh dokter maupun perawat senior.

Dengan demikian diharapkan para co ass menjadi siap untuk berhadapan dengan pasien. Selesai dari situ, barulah anak2 dilepas masuk bagian masing2 sesuai jadwal. Untuk tahap pertama atau A1 diharuskan masuk bagian :

Ilmu Penyakit Dalam

Ilmu kesehatan Anak

Ilmu Jiwa

Kulit dan Kelamin

Syaraf

Radiologi

trus di tahap 2 atau A2 ada:

Anestesi

Bedah

Obgyn (kebidanan)

Gigi dan Mulut

Mata

Segitu aja kok, kalo gw ga lupa sih…banyak??? Emang sih..bagian besar seperti IP dalam, anak, bedah sama obgyn menghabiskan waktu 3 bulan masing2. Sisanya bagian kecil mah Cuma 1 bulan, kecuali gigi mulut yang 2 minggu. Kebayang total waktunya berapa tahu khan…

Smua bagian harus lulus dengan nilai minimal B. kalo dbawah itu ga lulus, harus ngulang lagi, kalo masih juga nilainya C pas dah ngulang, bisa dianggap lulus tapi resikonya nilai IPK juga jadi turun. Selepas itu, setelah smua selesai n lulus…barulah kita di ikutkan dalam yidisium..

Trus tahapan berikutnya adalah angkat sumpah dokter, disini kita di sumpahin biar jujur, dan bla…bla…bla… dengan demikian resmki lah kita jadi dokter. Setidaknya yang diakui oleh universitas. Untuk diakui oleh negara kita harus ikutan Uji Kompetensi Dokter Indonesia untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi sebagai syarat buat punya Surat Ijin Praktek…

Ribet banget khan???

Categories: gawean gw | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: