mie ayam di cimahi

Gw tinggal di cimahi, dah 7 tahun gw tinggal disini, jadi sedikit banyak gw dah nyobain kuliner sini. Gw bakal tulisin yang menonjolnya aja, bukan maksud mau ngebangga2in daerah sendiri, tapi gw berusaha ngasih gambaran aja kuliner yang ga kalah enaknya ma makanan kota Bandung

gw mo bahas tentang MIE AYAM. Soalnya semalem gw baru aja makan mie ayam…hehe.. oke!! Setidaknya ada 3 jenis mie ayam disini yang menurut gw enak, diantaranya:

1.      Mie Ayam Si Joy

Mie ayam ini terletak di gerbang belakang Unjani Cimahi, tepatnya di Jl. Inggit Garnasih. Tanya aja anak Unjani situ pasti pada tau. Keunikan mie ayam ini adalah tentu ayamnya, dimasak hapir serupa dengan memasak ayam bumbu manis, hanya mungkin ga terlalu lama diungkebnya jadinya kaldu ayam yang terbentuk ga terlalu kental, masih encer-encer gitu deh, dan rasanya pun tentu ga semanis ayam bumbu manis.

Yang pasti sih porsi ayam yang melimpah menjadi daya tarik utama, bisa sampe nutupin permukaan mangkok karena saking banyaknya. Tapi sekarang porsinya berkurang sdikit, katanya rumor sih keadaan ini terjadi sejak Mas Joy nya nikah. Mungkin gara2 dimarahin istrinya yang rada pelit..hehe..

Komposisi ayamnya sendiri lumayan berisi, ga Cuma suiran daging ayam aja kaya yang lain, tapi ini bener-bener potongan dadu daging, paling juga di tambah kulitnya yang terkadang lumayan gede juga.

Kalo masalah mie n bumbunya sih standar aja, sama ma yang lain. Kita bisa nambahin saos, kecap, cabe sesuka kita. Tapi kalo minum mah bayar lagi coz ga disediain minum gratis alias teh. Harga nya murah kok, dulu 3rb, mungkin sekarang ga jauh dr 5 rb aja.

2.      Mie Ayam Baso Rudal Mas Bejo

Bertempat di depan lapangan volley belakang RS. Dustira. Sebelah Koramil. Keunikan mie ayam ini adalah tentunya ayamnya lagi…namanya juga mie ayam!! Tapi cara masak yang beda dari yang lain, disini ayamnya ga segede si joy, dan konturnya pun keras. Kenapa?? Karena mungkin dia digoreng dulu sebelum dimasak dengan bumbu, maksudnya biar ga ancur kalo dimasak, buktinya emang efektif kok, ampe pas kita makan aja masih keras aja ga ancur. Trus yang menonjol adalah rasa bawang goreng, jadi nampaknya ayam setelah dipotong dadu trus digoreng stengah kering, langsung dimasukan kedalam bawang merah+bawang putih+bawang daun yang ditumis…trus osrang osreng deh tambahin ma garem n lada yang banyak. Jadi deh.

Justru itu yang jadi uniknya, sewaktu kita nerima mangkok mie ayam itu, yang pertama tercium adalah wangi bawangnya, bahkan ampe kita makan ayamnya pun langsung semerbak di mulut kita wagi bawang goreng itu.

Sekali lagi, mie nya mah biasa aja, Cuma kuah nya jadi kerasa enak karena ditambah ma kuah ayamnya. Harganya?? Cuma 5 rb saja!!

3.      Mie Ayam Jamur

Sebenarnya mungkin ini adalah rajanya, coz emang dari rasa dia bener-bener standar kota banget, maksudnya standar mie ayam yang di Mall, mungkin karena itu juga harganya lumayan mahal, seharga 6rb ga pake baso, pake baso mungkin bisa nyampe 8rb. Buat gw mah termasuk mahal Cuma uat mie ayam mah.

Keunikannya yaaa sama….dimana??? di AYAMNYA. Plus jamur loh yah..ayamnya ukuran mini, emang sih potongan dadu tapi kecil banget mungkin seukuran 1×1 cm ditambah ma jamur kancing yang dipotong empat. Rasanya pas banget ga terlalu asing, malah rasanya asin tipis, pas lah. Ditambah kuah mi nya yang dibubuhi kecap asin semakin menambah kuat aromanya. Sedikit ditambah merica…jadi deh…

Klo mau silahkan ditambah bakso, tapi basonya standar biasa aja, ga ada gerenjel2 daging sapinya apalagi uratnya. Kalo mau lebih enak yaa beli bakso mas bejo aya yang setempat ma mie ayam bejo tadi.

Oh iya…..letak nya mie ayam ini di sebelah mie ayam bejo diatas, di depan lapangan volley.

Sekian laporan kuliner gw, tetap sehat, tetap semangat, supaya kita bisa jalan-jalan lagi di wisata kuliner…pokok’e makcroot!! (biar rada beda donk ma pak bondan).

Categories: Wisata Kuliner | 5 Comments

Post navigation

5 thoughts on “mie ayam di cimahi

  1. ada kantin buat anak sekolahan yang enak di cimahi dan layak di coba lagian masih satu gedung dengan kantin itu ada warnet kalo belum ganti nama nama warnetnya nya copy catz alamat nya jl. raden embang ( jl smp ) daerah tagog namanya deket smpn 1 tanya saja di sekitar itu pasti pada tahu
    kalo kita kumpulin wordpresser dan bloger cimahi setuju ga ?
    saya ingin silaturahmi dengan semuanya
    kota kecil seperti bogor malang mereka dah punya komunitas cimahi mengapa tida …apa kita mo nginduk ke bandung terus
    tapi gimana cara nya yah,
    sampe jumpa di komunitas wordpresser cimahi

  2. Anonymous

    boleh aja…
    kayaknya mending namanya pake “komunitas blogger ” aja biar ga terlalu merk oriented.
    kmana saya harus berlari??? alah!! maksudnya kemana saya harus cari info ttg ini?

  3. artikel dan foto-fotonya keren keren boss.. Terimakasih infonya

  4. Informasinya sangat menarik. Nice info. Thx🙂

  5. awan_herdiansyah

    ane juga ada nih mie naripan yang enak dan sehat yuk mamapir ke bandung https://play.google.com/store/apps/details?id=biz.app4mobile.app_4e60142f2f3f43a8972e5bd1f81e1838.app

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: