Nuansa Nostalgia di Quantum of Solace

quantum-solace-poster-2
Quantum of Solace adalah petualangan kedua James Bond yang diperankan oleh Daniel Craig. Film ini menandai perjalanan tugas james bond kedua di dunia spionase MI-6 setelah film Casino Royale tahun 2006 lalu.
Daniel Craig membawa karakter James Bond yang keras, sadis, tangguh, darah dingin, sekaligus manusiawi. Emang kedengaran absurd dan kontradiktif antara sadis dengan manusiawi. Tapi inilah yang diinginkan studio MGM melalui Michael G. Wilson & Barbara Brocoli selaku produsernya. Karena James Bond selama ini terkesan superhero banget, ga merasakan emosi yang mendalam, bahkan berdarah pun jarang yang banyak banget, apalagi lecet n baret-baret, gw jarang ngeliatnya. Selalu berpenampilan rapih bahkan sampai detik-detik kematian pun. Dan tentunya terakhir adalah Flamboyan!! Sangat khas agen 007.
Di 2 film Craig ini kita bisa liat betapa menderita nya punya pekerjaan Agen Rahasia. Porsi “ngeceng-ngeceng” n maen cewek dikurangin, sebaliknya aksi kejar2an (gw malah curiga craig jadi 007 spesialis kejar2an..saking seringnya kejar mengejar di 2 film ini), berantem yang dibanyakin. Kita bisa liat muka james bond yang rapih dalam itungan detik berubah jadi berkeringat n luka di pelipis, darah keluar dari idung, mata tampah lelah, bola mata keruh karena kelelahan, rambut kusut. Satu-satunya dia tampak rapih adalah saat make tuxedo atau jas…
Diluar perannya itu, gw mo maparin tentang film bond terbaru ini. Gw kemaren (11-11-08) baru nonton yang kedua kalinya (nge-fans mah kaya gini). Gw Cuma pengen ngerti aja jalan ceritanya seperti apa, soalnya pertama nonton masih rada bingung, maklum rada teeelmiii. Sesuai dengan motto blog ini yaitu melihat dunia dari sisi lain. Soo…gw bakal resensi nih film dari sisi lain tentunya.
Intinya film ini menceritakan kelanjutan beberapa saat setelah akhir dari film pertamanya. Melalui mr. White yang ditangkap bond, MI-6 (semacam CIA nya Inggris) berusaha mengorek2 organisasi tempat white bergabung, untuk menjawab rasa penasaran M (pimpinan MI6) karena oganisasi itu bisa menyusupkan orangnya kesana kesini tanpa mampu dideteksi Agensi tersebut. Saat yang bersamaan Bond pun hendak mencari petunjuk tentang siapa yang telah membujuk Vesper Lynd (ceweknya bond yang mati di film pertama) sekaligus membalas dendamkan kematiannya. Akhirnya penyelidikan menggiring bond kepada Dominic Greene yang berencana menguasai Sumber Daya Air di Bolivia.
Yang menarik dari film ini adalah, ternyata banyak scene-scene n properti yang sifatnya nostalgia, alias mengingatkan gw pada film james bond terdahulu. Apa aja sih??? Yaa..ini yang gw inget yah..
1. Lagu pembuka yang dibawakan Alicia Keys (yang ini mah kenal) duet bareng ma Jack White (saha ieu??g tau gw..). genre music ini kaya music alternatif rock, beda jauh ma pakem 007. Malah kesannya seperti film anak muda aja. Ada satu nada pas mau berakhir fimnya, pas mereka Cuma nyanyi “oooo..oooo….ooooo” nah music latarnya itu mirip ma music “the man with the golden gun” yang dinyanyiin LULU. Bond saat itu diperankan ma Roger Moore.
2. Pistol yang dipake di film ini adalah Wealther PPK yang kecil, khas Bond. Tapi pistol ini dah dipensiunkan sejak 1999 saat film Tomorrow Never Dies. Saat itu bond mulai pake Wealther P99, lebih gede tapi kompak bentuknya. Dia kepincut film ini sejak nemuin di lab senjata agen Wai Lin. Wealther PPK mulai muncul sejak tahun 1963 di film From Russia With Love. Waktu itu Bond (Sean Connery) diharuskan mengganti senjata favoritnya saat itu yaitu Barretta dengan PPK, karena pistol lamanya sering macet ampe Bond dirawat berbulan-bulan di RS.
3. Karena bond terlalu brutal , maka kartu kreditnya n paspornya diblokir. Kejadian ini pernah menimpanya saat di film License To Kill (diperankan Timothy Dalton tahun 1989) saat itu dia membalas dendamkan kematian sahabatnya Felix Leiter (muncul juga di film sekarang) dan istrinya, sehingga status 007 nya dicabut, semua identitasnya diblokir, dia pun jadi agen “ilegal”. Kejadian hampir mirip di film Die Another Day (diperankan Pierce Brosnan tahun 2004) waktu itu bond kabur dari ruang perawatan Agensi, sehingga dia ga bawa sedikitpun uang tapi ternyata masih bisa aja make fasiltas bintang 5 hasil lobi nya dengan Agensi Cina.
4. Huruf Q di judul Quatum of Solace mirip dengan huruf O di film Octopussy (diperankan Roger Moore tahun 1983.
5. Scene Bond jalan di gurun pake tuxedo ma Camille pake gaun setelah perang dengan pesawat udara. Mirip seperti Bond (Roger Moore) ma Anya Amasova di film The Spy Who Love Me tahun 1977. Waktu itu bond jalan di gurun mesir setelah mobilnya mogok rusak akibat berantem ma penjahatnya.
6. Kantor Menteri Pertahanan tempat beliau mengancam M atas kelakuan bond yang diluar batas. Tampak mirip dengan kantor M di masa bond sebelum era Pierce Brosnan. Terutama jendela yang ada disitu mirip scene di film On Her Majesty Secret Service saat bond (diperankan George Lazenby tahun 1969) meratapi ceweknya yang diculik penjahat saat longsor es. Apalagi sikap menteri yang tampak sibuk dengan tulisannya sambil sesekali melihat ke M, mirip sikap M kalo ada kedatangan bond saat dia lagi sibuk kerja (waktu jaman2 bond sebelum era pierce brosnan). Kantor MI-6 sejak era Brosnan pindah ke gedung baru di samping sungai thames.
7. Muka agen Fields plus rambutnya yang kemerahan bener-bener khas tahun 1960an, ga percaya?? Nonton aja film2 tahun segitu, atau tanyain nyokap2 lo pade dah!! Suer…gw paling exited pas liat scene nya dia ini. Cantik n nampak anggun. Cantiknya tuh khas cewek-cewek 60an. Mungkin rambut kemerahan ini niatnya mau mengingat peran legendaris Pussy Galore di film Goldfinger tahun 1964.
8. Kematian agent fields di kamar hotel dengan telanjang dilumuri oli. Sama persis posisinya dengan kematian Jill Masterson di film Goldfinger. Cuma di film goldfinger, jill mati karena kulitnya dilumuri emas.

Nostalgia seperti ini pernah juga ditampilkan di film Die Another Day tahun 2002, disitu ditampilkan sebuah gudang tempat Q bekerja, terdapat berbagai properti dari film-film bond terdahulu. Tapi itu khan memang dal rangka ulang tahun bond ke 40 tahun.

Kurang lebih itu aja.sisanya kalo gw ada yang inget gw tambahin lagi.

Categories: isi pikiran gw | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: