Jumatan di kandang burung

Sekira 2 minggu yang lalu, hari jumat, Alhamdulillah akhirnya Allah mengijinkan gw untuk shalat di mesjid yang udah gw idam2kan n cita-citakan dari dulu. Pertama gw denger tentang mesjid ini waktu manakiban di mesjid agung bandung. Disitu dikatakan bahwa telah seleainya sebuah mesjid persembahan seorang ikhwan TQN untuk perkembangan TQN di Bandung khususnya, Alhamdulillah abah telah memberi nama “Baetusshofiyah” mungkin artinya rumahnya para sufi ataukah rumah yang penuh kebenaran. G tau deh gw…mending ahli bahasa yang nerjemahin.
Klo ga salah dah gw posting dulu banget!!! Emang dah lama banget, mungkin setaun lebih lah, padahal hanya sekitar 7 km dr rumah gw. Berdiri di pinggir jalan Rajawali. Deket tempat bis Damri pada mangkal. Dengan arsitektur terkini, di hiasi ornamen lukisan kupu-kupu di atas pintu masuk, di dalamnya dihiasi kaligrafi indah di atap serta dindingnya. Lukisan abah pun tercetak dengan agungnya di dinding mesjid, serasa kita diperhatikan abah.
Gw sedang dalam perjalanan akan bertemu nyonya, emang dah diniatin “ntar sholat di sana ah…” kebetulan pas gw nyampe pas baru mulai khotbah. Wiihh..penuh coy!!!ada tempat ga yah??? Selepas wudlu, liat kanan dan kiri..nyelinep lah gw di antara 2 orang dewasa n 1 anak kecil yang sedang duduk di antara tiang mesjid. “mestinya sih cukup….hasil latihan sholat di tempat kecil waktu di masjidil haram nih!!” dengan sedikit trik supaya orang yang terdesak ga marah, yaitu lakukan sholat sunat. Jadi kalo tempat sempit (atau di sempit-sempitin ma orang ) trus tiba-tiba kita nyelinep, lalu takut orang ga nasih. Lakukan lah sholat sunat, langsung aja takbiratul ihram disitu. Pasti orang rada minggir. Kalo masih kurang juga tempatnya, lebarin ketika kita sujud, otomatis orang sebelah risih, akhirnya ngasihin tempat buat kita. Dianya juga ogah dilaknat ma Allah gara-gara ngalangin orang sholat.
Duuhhh…ga sabar nih….
Maklum dah lama ga dzikir jamaah!! Pengen ngerasain lagi nih…akhirnya kesempatan itu terbuka, bada sholat jumat, imamnya dzikir dulu sedikit, trus baru lanjut tawasulan…trus dzikir dah…gw sih langsung merem aja, meresapi….(emangnya bumbu!!pake meresap sgala!!) “Laa…ilaaa haa…illallohhh!!!!” keras banget…itu sih ajengannya, gw mah masih malu-malu kucing, pelan-pelan sambil gutak gitek kepala atas kanan kiri atas kanan kiri…trus weee….!!!
Makin lama makin kenceng tuh suara gw, serasa lepas semua beban hidup, kepala ga kerasa pusing karena diputer-puter mulu yang ada suasana yang waaahh!!!! Ga kebayang lah!! Gw tau hati gw lagi digempur habis-habisan ama palu godam yang jumlahnya puluhan itu..hancur hancur lah biarin ajah!!!! Ayooo!!! Terusinnnn….Laa Ilaahaaa Illallohhhhh!!!!! Makin cepet makin cepet lagi….makin keras suaranya!!!
“kok ga nangis-nangis yah??” sempet gw mikirin ini, tapi akhirnya gw sadar, lepasin ajah, jangan mengharap nangis…biar aja apa adanya…. Selang berapa saat kemudian mata gw malah banjir…ga gw paksa ga gw atur…air mata meleleh membasahi pipi..kemudian diseka olehhhh…….ga ada!! pengennya sih diseka ma bidadari surga!!! Dasar!!
Ritme dzikir tiba2 melambat….tandanya dah memenuhi kuota dzikir sebanyak 165x…atur nafas untuk pendinginan….diterusin ma doa n tawasul lagi…busyet!! Cepet amat!! Ga kekejar ma gw…suasana pun hening setelah dibaca ilaahii anta maqsudi wa ridloka mathlubi atini mohabbataka wa makrifataka…hening!!!! Sayyidunaaa….
Selesai….salaman deh kita sambil ular2an, mungkin orang2 tadi di belakang pada aneh yah, ko ada anak muda bajunya gaya pisan anak jaman sekarang muda mudi gitu loh…dzikirnya kok ikut2an yang dah tua….BODO AMAT!!!!
Ternyata sama seperti di Suryalaya, disini juga ada perasmanan di pintu masuk masjid, kliatannya sih sayur sop ama apaaa gituh…gw ga ikutan makan..mo langsung cabut ke rumah nyonya!!! Alhamdulillah nikmat banget jumatan disini. Kalo kita para jamaah adalah burung merpati, berarti mesjid ini adalah kandang burung nya, yang dengan setia bersiul sepanjang hari untuk menghibur si empunya kandang, yaitu Allah SWT. Berarti…..gw sholat di kandang burung donk?

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: