Apa sih antioksidan itu?

antioxidants_fruit_juice_dr

Antioksidan merupakan sebutan untuk zat yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Yang termasuk ke dalam golongan zat ini antara lain vitamin, polipenol, karotin dan mineral. Secara alami, zat ini sangat besar peranannya pada manusia untuk mencegah terjadinya penyakit. Antioksidan melakukan semua itu dengan cara menekan kerusakan sel yang terjadi akibat proses oksidasi radikal bebas.

Lalu, apa itu radikal bebas?

Radikal bebas sebenarnya berasal dari molekul oksigen yang secara kimia strukturnya berubah akibat dari aktifitas lingkungan. Aktifitas lingkungan yang dapat memunculkan radikal bebas antara lain radiasi, polusi, merokok dan lain sebagainya. Radikal bebas yang beredar dalam tubuh berusaha untuk mencuri elektron yang ada pada molekul lain seperti DNA dan sel. Pencurian ini jika berhasil akan merusak sel dan DNA tersebut. Dapat dibayangkan jika radikal bebas banyak beredar maka akan banyak pula sel yang rusak. Sialnya, kerusakan yang ditimbulkan dapat menyebabkan sel tersebut menjadi tidak stabil yang berpotensi menyebabkan proses penuaan dan kanker.

Bagaimana antioksidan memerangi radikal bebas?

Antioksidan membantu menghentikan proses perusakan sel dengan cara memberikan elektron kepada radikal bebas. Antioksidan akan menetralisir radikal bebas sehingga tidak mempunyai kemampuan lagi mencuri elektron dari sel dan DNA. Proses yang terjadi sebenarnya sangat komplek tapi secara sederhana dapat dilukiskan seperti itu.

Penyakit apa saja yang berhubungan dengan radikal bebas?

Beberapa penyakit degeneratif berhubungan erat dengan radikal bebas. Diantaranya, kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah, pikun, katarak, dan penurunan fungsi kognitif. Proses penuaan dini juga berhubungan dengan radikal bebas. Antioksidan dipercaya mampu untuk mencegah beberapa penyakit ini.

Darimana sumber antioksidan?

Antioksidan bisa dengan mudah kita dapatkan dari makanan. Sayangnya banyak yang tidak mengetahui bahwa makanan tersebut sebenarnya banyak mengandung antioksidan sehingga mereka membeli suplemen antioksidan yang harganya cukup mahal. Beberapa contoh makanan sumber antioksidan antara lain :

Vitamin A : Wortel, brokoli, sayur hijau, bayam, labu, hati, kentang, telur, aprikot, mangga, susu dan ikan.

Vitamin C : Lada/merica, cabe, peterseli, jambu biji, kiwi, brokoli, taoge, kesemek, pepaya, stroberi, jeruk, lemon, bunga kol, bawang putih, anggur, raspberri, jeruk kepruk, bayam, tomat dan nanas.

Vitamin E : Asparagus, alpukat, buah zaitun, bayam, kacang kacangan, biji bijian, minyak sayur, sereal.

Karotin : Beta karoten, lutein, likopen, wortel, labu, sayur sayuran hijau, buah buah berwarna merah, tomat, rumput laut.

Polipenol : Buah berri, teh, bir, anggur, minyak zaitun, cokelat, kopi, buah kenari, kacang, kulit buah, buah delima dan minuman anggur.

Sekarang anda tahu bahwa makanan yang sebenarnya sudah sering kita makan sehari hari ternyata mengandung antioksidan yang sangat diperlukan untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Jadi, sudahkah anda makan buah hari ini?

Categories: artikel kesehatan | Tags: , , , , , , , | 3 Comments

Post navigation

3 thoughts on “Apa sih antioksidan itu?

  1. antioksidan

    Mau tanya donk ???
    1. Bagaimana kita mengecek antioksidan dalam tubuh ?
    2. saya mempunyai sodara dengan tubuh overweight tp setelah dilakukan pengecekan antioksidant melalui scanner, antioksidantnya sangat bagus . apa pengecekan dengan scanner itu akurat padahal kalo dilihat lifestyle n tubuhnya over dng berat +/- 140.
    ok thanks.

  2. julee

    Mau tanya donk ???
    1. Bagaimana kita mengecek antioksidan dalam tubuh ?
    2. saya mempunyai sodara dengan tubuh overweight tp setelah dilakukan pengecekan antioksidant melalui scanner, antioksidantnya sangat bagus . apa pengecekan dengan scanner itu akurat padahal kalo dilihat lifestyle n tubuhnya over dng berat +/- 140.
    ok thanks.

  3. mangsholeh

    yang saya tau memang ada alat untuk scan kadar antioksidan tubuh, klo ga salah namanya biophoton scanner. pasien cukup menempelkan tangannya di alat. ntar keluar hasilnya. harusnya hasilnya diatas 50.000 baru mencukupi, klo kurang..yaa harus nambah lewat makanan diatas.
    sebenarnya sih harus diimbangi dengan yang namanya indeks masa tubuh dan luas permukaan tubuh. jadi orang yg nilainya melebihi normal di kedua pemeriksaan ini, harus tetap aware ma penyakit2 degeneratif seperti kanker dll.
    karena ga semua penyakit disebabkan radikal bebas. klo lifestyle nya ga diubah, bisa2 kena penyakit jantung koroner, stroke dan lain2…
    jadi tetap aware adalah is the best prevention..

    next..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: