From Jeddah To Makkah

setelah lama menunggu, terutama mah nungguin bapak (kakek-kakek) yang ilang entah kemana. yaah wajar lah di tanah arab, urusan hilang menghilang udah menjadi kewajaran. bisa dibilang ini orang yang pertama ngilang dari kloter kita!!! hebat ga tuh…

anaknya dah kalang kabut aja nungguin, apalagi ketua rombongan. 1 jam kemudian muncullah si bapak ini, trus dia cerita katanya abis kluar dari kamar mandi dia bingung mo kemana, akhirnya dia ikutin kata hatinya aja, melangkahkan kaki ke tenda2 besar kaya gini juga, cuma di seberang sana!!!

jauh coy!! giillaa

ada beberPa ratus meter ali tuh..bayangin aja nih tenda kaya yang ini yang guede banget di foto sebelumnya ini, kliatan kecil banget, saking jauhnya!! nah ksitulah si bapa berpetualang!! tapi tenaaang….semua teratasi hanya dengan senyuman!! Clingg!!!

tuh...bis nya dah pada nunggu

setelah menunggu, barulah kita ke bis yang udah menunggu. bagus banget loh bisnya, liat aja…klo di kampung gw mah ini tuh bis saparapat tau deh seperempat ukuran bis aslinya kali!! merk nya hyundai, yang ngebedain ma di indonesia tuh, bis butut ini dilengkapi kipas angin kecil ma AC (nyala loh…ga nyangka gw). Dibandingin ma Malaysia, mereka mah bis yang super gede, mulus banget, gw aja belon pernah liat bis segede itu, mungkin tingginya setinggi atep rumah (yang 1 lantai yah bukan 3 lante) , itulah bedanya mereka ma kita…sedih banget yah..??gimana nih pak menteri!!!

sambil nunggu koper kita diangkutin ke atap bis, kita disuguhi makan siang di dalem piring alumunium foil, isinya nasi, oseng buncis+wortel+jagung manis, ma daging semur. Enakaan di rumaahh!!! ngangkutinnya pake buldozer lho…tapi yang kecilnya. tau khan??yang buat di gudang itu loh,,,yang kaya di tipi!! kalo di kita mah mungkin maen lempar aja karena emang orang indonesia itu terampil hehe…

beginilah pemandangan sebelah dalam bis..bagus khan?? jadi inget kampung

stelah baca niat ihram bareng-bareng (karena kita bikin bandara sebagai miqot = garis start untuk mulai umrah) melajulah bis kecil ini, satu bis diisi satu rombongan, jadi kita abis beberpa bis buat 1 kloter. Duuhh!!! mulai deh kerasaa..dasar SETAANN!!!! maksudnya setelah niat ihram khan segala pantangan ihram ga boleh dilanggar, diantaranya adalah ga boleh garuk2 kepala, ga boleh, pake minyak wangi, ga boleh ngupil (ini yang susah), banyak lagi…langsung deh erasa gatel nih kepala, trus tiba-tiba aja kerasa upil dah numpuk!! wiihh dasar setan jagonya ngegoda…

jalanan umum disini semua hot mix bozzz!!! jalan dari jeddah ke mekkah aja bagusnya dah kaya jalan tol aja. di kanan kiri terlihat gurun pasir berwarna kuning cemerlang. sesekali ada rumah sisanya bebatuan. di deket jalan keluar bandara gw ngeliat banyak mobil yang dah berdebu tebal teronggok gitu aja, apa ini orang2 yang jemput??? tapi kata pak lili sih ini mobil bekas!! mereka buang gitu aja di pinggir jalan. kaya sampah. padahal kao diimpor ke kita banyak yang mau tuh, masih mulus kok, rada baru lagi, ga kuno banget!! debu nempel di bodi mobil tebel banget! sayang yah??

tuh yang kumisan, itu pak lili, temen jomblo gw

yang jomblo...pak lili...dia yang berkumis ini..

tuh yang kumisan, itu pak lili, temen jomblo gwtuh yang berkumis..itu pak lili, temen jomblo gwperjalanan abis satu jam an, gw duduk di belakang menempati posisi jombloers yaitu bersama Pak Lili (yang dateng sendiri alias jomblo ga bawa istri), sambil mengumandangkan talbiyah. ga kerasa jalanan dah memasuki gerbang Quran gede…tandanya dah masuk kota mekkah, semakin deg-degan aja nih ati…bener-bener kaya mo ketemu pacar lho!!!! iya lah ….pacar hati….kha di hati dah tertanam asma Allah lewat talqin, jadi perjalanan ini tak ubahnya seperti kembalinya Allah ke rumah Nya..

Dalam sekejap pemandangan dah berubah dari gurun ke rumah-rumah yang belum pernah gw liat sebelumnya, kotak-kotak, warna putih atau krem (belum pernah gw liat rumah yang nge-jrenk). sampailah kita di jalan kecil di mulut terowongan, dengan segera parkirnya bis bikin macet mobil belakang!! terlihatlah hotelnya. tingginya 10 tingkat (kalo ga salah itung) terlihat biasa aja dengan pintu masuknya yang kecil, ga tampak seperti hotel umumnya, malah seperti apartemen aja. berdiri di samping gunung batu dengan terowongan yang menganga di badan gunungnya.

stelah masing2 bawa tas tenteng, kita bagi2 kamar, di lantai 4 kita ngumpul, depan lift, pak haji cecep selaku ketua rombongan 3 jongkok sambil bagiin kamar. disesuain ma jumlah orang n of course jumlah pasangan, karena tentunya mereka ga mau dipisahkan khan.. gw selaku jomblo, cukup berguna sebagai ganjel pintu..hehe….maksudnya ganjel kamar yang isinya ganjil. gw sempet diperebutkan oleh Bu haji IIs n kluarga VS bu haji nunung.

“cep dokter mah ngiring ka abdi we….(dokter ikut saya aja)” kata bu haji iis.

pak haji cecep seperti keberatan, mungkin maksudnya biar gw ma dia aja sekamar.

“abdi mah terserah we, ka mana wae oge (saya mah terserah aja mau kemana aja juga)” kata gw sok jual mahal…hehe.

“Tos lah, cep dokter sareng abdi we…yuk!! (biar aja dokter sama saya aja)” kata bu haji nunung sambil narik tangan gw.

“keheula …2 deui bade saha bu haji?? (sebentar…2 lagi mau siapa)” kata pak haji cecep.

rupanya kamarnya berisi 5 orang

“tah…pak omar we atuh..bade moal?? (tah pak omar aja, mau ga?)” kata bu haji iis…

“yaaa…hayu wae…” tanda deal dari pak omar..

yang ujung kamar pak ilyas, kanan foto ada wc, kiri foto ada kamar gw

DEAL!!! jadilah kita penghuni kamar 605..terpaksa deh naek lagi tangga 2 lantai lagi…karena lama, akhirnya gw ambil tangga aja sambil nenteng tas tentengan yang berat ini..taunya datengnya barengan ma bu haji nunung ma pak haji yaya yang naek lift. CEKLEK!!! terbukalah kamar kecil berukuran 5×3 meter dengan ranjang besi berselimutkan sprei warna coklat krem, dengan karpet warna hijau…cozy lah!! ada AC seegede gaban naek gajah!! kotak gitu…beda ma kita punya di indonesia yah!!! kaga ada tv atau kamar mandi plus sauna (emang rumah nyak lo!!!) kamar mandi diluar ada 2 untuk 3 kamar, jadi total 17 orang yang make 2 wc itu..

kamar ini lah yang akan jadi barak kami selama hampir 30 hari..semoga betah yah!!!

Categories: Haji 1428 H | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: