Sore hari ke 1

ini ujung nya, namanya as-sulaimaniyah tunnel..gw biasa jalan di atas tembok pembatas coz klo jalan bawah harus antri satu2

as-sulaimaniyah tunnel namanya, gw biasanya jalan diatas pembatas ini, coz klo lewat bawah harus antri satu2, sempit bow!!

ini dalamnya terowongan, di atas tuh blower brisik!! hotel di ujung sana.

Selonjoran di kasur busa epuk tapi tipis itu erasa nikmat setelah perjalanan melintasi benua dan samudera (iya gituh??). “Cep….itu koper candakan di handap (tuan, itu koper ambilin di bawah).” Kata pak Omar, my room mate. Oh iya ya….punya pak haji yaya mah dah diambilin ma pak omar (emang gini nih aura pejabat mah, dimana-mana dilayanin bahkan tanpa diminta, hebat ga tuh).
Jejel-jejelin koper berat ke dalem lift…waktu itu masih banyak yang belum bisa mencet lift…hehe..hush!!! selesai dah…masukin kamar , simpen di bawah kasur, selonjoran lagi..wwiihhhh..lemesss..rencananya sih kita mau ke Masjid abis isya, langsung tawaf Qudum. Jadi sementara kita sholat magrib n isya di hotel, berjamaah.
Dalam kondisi pake baju ihram, kita menunggu saat2 yang menegangkan, yaitu pergi ke Masjidil haram, untuk melaksanakan Tawaf Qudum alias tawaf pembukaan, penyambutan. Gw yang dah ga sabar, malah coba-coba buat masuk ke terowongan, soalnya katanya Masjid ada sebelah sana terowongan, gw ga sabar, ngajak salah satu jamaah yang masih muda (juga sama2 lagi cengo di pinggir jalan) buat nyusurin terowongan!!! Sekadar info, terowongan ini panjangnya ada 2 Km, menembus gunung, dibuat dari beton dengan 4 jalur mobil di dalamnya, searah coz buat arah sebaliknya ada lagi terowongan serupa sebelahnya. Di atap terowongan ada blower (kipas) gede berbentuk silinder, dia fungsinya ngalirin udara dari ujung lubang keluar terowongan ke arah dalam terowongan, mungkin maksudnya biar asap mobil ga diem di dalem mulu, klo ga salah 1 set blower ada 3 kipas silinder. 1 terowongan ada 3 set, 2 di masing2 ujung, dan 1 di tengah, jadi kerjanya estafet, dari 1 ujung ampe kluar di ujung yang satunya lagi.
Lama perjalanan di perut gunung sekitar 10 menit, tapi kerasanya lebih lama coz boring banget!!! Jalanan gitu2 ajah, luuruuuss….ga ada pemandangan sedikitpun (yaa iyaalah lu kira di Mall banyak pemandangan). “yeee..bukan gituh..” udah mah angin gede banget gara2 tuh blower, mana brisik!!! Sumpah dah tuh blower brisik banget!! Bayangin aja turbin pesawat!!! Naah!! Kaya gitu berisiknya!! Belon lagi suara mobil, tau napaini ujung nya, namanya as-sulaimaniyah tunnel..gw biasa jalan di atas tembok pembatas coz klo jalan bawah harus antri satu2 orang2 sini sukanya ngebut…kaya ga punya rem aja!! Ama klaksonin orang!!! Iyee…sabar!!!!
Sumpah deh…adat orang sono mah bgituan!! Maen ngebut aja, makanya kalo lo liatin, perhatiin deh, mo mobil baru bin gresss ama mobil lama bin butut, sama-sama ada codetnya!! Perhatiin aja..ga ada yang mulus (atau gw ga ngliat), passtiii aja ada codetnya, mau itu dekok (alias kentob) ampe baret panjaaang n lamaaaa…kaya coki-coki!! Die baru mo nge-rem, kalo dah deket banget!! Jarak dikit aja berapa meter, maen gas poll aja. Apalagi kalo lagi macet, klakson mah jadi temen akrab tangan kanan dia…dikit-dikit klakson!!
Udah ah…ngumpatin orang mulu…
Di ujung terowongan kliatan lah, gedung2 bertingkat, wiiihh..jarang-jarang loh gw liat pemandangan gini. Gw ma temen gw itu (gw lupa namanya…sori ya bro) sama cengo nya. Suhu udara disana frendli banget deh, ga jauh beda ma bandung, adeemm!! Alhamdu??? Lillah….
Sampe nemu pertigaan, sekitar 10 meter dari mulut terowongan, kliatan deh………….macetnya!!! mesjidnya mah ga kliatan, padahal g dah penasaran banget, tadinya sekadar keliatan dikit aja!! Sueeerrr..kaya anak cewek o dijodohin ma co ganteng ma bokapnya, dia ngintip-ngintip malu dari gorden jendela. Naaahh..itu yang gw rasain….ga sabar pengen liat cakep nya Ka’bah!!!
Tapi gw ga berani jauh-jauh….ga lucu donk kalo baca koran di tanah air “SEORANG CALON JAMAAH HAJI YANG GANTENG MENARIK MENAWAN HATI, HILANG DITELAN RIMBA DI KOTA SUCI MAKKAH” lucu ga??? Ga khan?? Makanya gw ajak si…sapa tuh namanya!! Buat buruan pulang, lagian dah mo magrib!!
Dah ah…mandi dulu…(jangan pake sabun coz ga boleh)…ga boleh pake wangi-wangian, deodoran, cologne, minyak rambut, apalagi minyak goreng! Ga boleh…mana kepala dah gatel banet, upil dah gede banget..tapi ga boleh!!!
Yo wiss…nasib!!!

HUSSHHH!!!

Categories: Haji 1428 H | 4 Comments

Post navigation

4 thoughts on “Sore hari ke 1

  1. Mudah-mudahan hiji poe saya bisa ka mekkah, ti mana wae jalanna

  2. titip do’a nya yah mang, biar kita yang belum berangkat di tambah rejekinya agar bisa nyusul mang sholeh ke tanah suci

  3. mangsholeh

    amien..
    mdh2n smua dberi rizki halal yg melimpah.agar dpt mengunjungi rmh Allah dsna.
    lnsyaallah…untuk ahli dzikir,setiap sholat,setiap dzikir,amalan qt dah nyampe sna duluan dbanding raga kita.
    sedangkan haji,kt sy jg,hanya seperti plg saja k rmh qta.krn pemilik rumah itu,telah ada d hati qt smua..

  4. sangat mendalam thks..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: