Amenorea = Tidak haid

telat haid atau terlambat haid tidak selalu berarti hamil. Tetapi bila memang benar hamil, maka pasti tidak akan haid. Bingung khan? Oke begini saja, orang yang tidak haid belum tentu hamil sedangkan orang hamil pasti tidak haid. Mengapa demikian? Karena seperti kita ketahui bersama bahwa menstruasi terjadi bila sel telur yang tidak dibuahi meluruh bersama dengan mukosa rahim melalui proses yang rumit (tidak mungkin dijelaskan disini karena sifatnya teknis banget). Sebaliknya bila ternyata sel telur tersebut berhasil dibuahi maka mukosa rahim akan menjaganya agar tidak meluruh melalui suatu proses yang rumit pula.

Yang mengatur fungsi dari mukosa rahim ini, kapan harus meluruh dan kapan harus tidak adalah hormon maka bila suatu ketika terjadi proses yang tidak wajar yaitu telur yang tidak dibuahi ternyata tidak meluruh alias haid maka hormonlah yang menjadi salah satu biang keroknya. Sehingga jelas disini bahwa suatu yang tidak wajar bisa terjadi dalam proses ini yang menyebabkan seorang perempuan yang tidak hamil bisa tidak haid.

Tidak haid atau dalam istilah kedokterannya amenore terjadi bila seorang perempuan tidak haid lebih dari 3 bulan. Amenore secara garis besar dapat dibagi 2 yaitu amenore normal (fisiologis) dan amenore abnormal (patologis). Salah satu contoh dari amenore fisiologis yaitu saat seorang perempuang mengandung dan menyusui. Sedangkan amenore abnormal sering disebabkan oleh karena gangguan di hipotalamus, hipofisis, indung telur, rahim, dan vagina.

Tidak semua kasus amenore harus dibawa ke dokter, sebaliknya ada pula beberapa kasus yang harus segera mendapatkan penanganan dari seorang dokter. Kasus tersebut antara lain adanya tanda tanda kelaki lakian (maskulinisasi), cacat bawaan, uji estrogen dan progesteron negatif, adanya penyakit lain (tuberkulosis, penyakit hati, diabetes melitus, kanker), infertilitas, dan stress berat.

Penurunan dan peningkatan berat badan yang mencolok, usia saat haid pertama, gangguan pertumbuhan badan, adanya stress berat, penyakit berat, penggunaan obat obat penenang merupakan hal hal yang perlu diperhatikan bila seseorang menderita suatu amenore. Pemeriksaan yang bisa dilakukan yaitu pemeriksaan kandungan baik internal maupun eksternal, pemeriksaan penunjang berupa tes kehamilan dan uji progesteron.

Penanganan dari pasien dengan amenore sangat kompleks dan terggantung dari penyebab yang ditemukan pada pasien. Bila karena stress bisa dikonsulkan ke psikiater untuk mendapatkan psikoterapi. Begitu pula bila disebabkan oleh karena penyakit berat maka penyakitnya tersebut harus diatasi dulu.

Categories: artikel kesehatan | 7 Comments

Post navigation

7 thoughts on “Amenorea = Tidak haid

  1. Pak Haji mungkin dapat menambahkan bagaimana petunjuk praktis untuk memilahnya, yang mana harus ke dokter dan sebaliknya.

  2. mangsholeh

    pertama..salam kenal dok!! selamat datang..

    sebelumnya maaf jika ada kekurangan atau kekurang jelasan.
    seperti yang telah di sampaikan bahwa ada definisi yang mengambil tenggat 3 bulan untuk amenorea. namun kebanyakan pasien datang konsul ke dokter dengan keluhan telat 1 minggu sampai 1 bulan.
    itu pun jika dirunut, mayoritas etiologinya adalah stress fisik maupun mental yang mana sering dialami oleh wanita karyawan. sedangkan etiologi ke 2 tertinggi adalah tidak stabilnya siklus haid, hal ini menandakan adanya masalah kesuburan.
    dengan demikian jelaslah bahwa emang keduanya membutuhkan pertolongan dokter. terutama psikiater dan dokter kandungan yang lebih kompeten.
    namun yang menarik adalah jika penyebab nya stress, seringkali saya pribadi lebih mengutamakan edukasi kepada pasien. alhamdulillah…dengan cuti 1-2 hari, haid pun datang.

    jadi praktisnya..
    apabila memang anda memiliki siklus yang tidak teratur (kadang panjang kadang pendek) setiap bulannya. dengan isitahat dan pola makan bergizi baik, maka amenorea dapat dihindari.
    sedangkan pada wanita yang biasanya teratur siklusnya tapi kali ini malah ga teratur, apalagi sampai telat 1 bulan, sebaiknya cepat ke dokter untuk diagnosa lebih dini etiologi nya.

    CMIIW

  3. ass,
    saya adalah seorang gadis yang baru bisa haid pada umur 16 tahun, sudah berjan satu tahun. tahun berikutnya saya tidah datang bulan selama 8 bulan. saya biarkan saya tidak haid selama itu, karena saya khawatir akhirnya saya memutuskan ke dokter spesialis kandungan dan beliau mengatakan bahwa saya kekurangan hormon. akhirnya saya diberi terapi hormon dengan obat sampai 5 bulan kedepan sampai akhirnya saya haid setiap bulannya.
    tidak mengkonsumsi obat lagi haid saya tidak lancar dan tidak datang lagi selama 2 bulan dan saya kembali lagi, beliau mengatakan tingkat kesensitifan ovarium saya rendah maka tidak adanya ovulasi didalam ovarium. penyebabnya karena berat badan saya yg melebihi standar normal. tinggi saya 168 dan berat badan saya 90 kg. selama mengkonsumsi obat itu berat badan saya semakin naik.
    menurut dokter solusi apa yang paling bagus selain obat yang harus konsumsi,
    terimakasih ya dok sebelumnya, ass

  4. nia

    saya masih sekolah usia saya 17 tahun ,,
    saya sudah tidak haid 2 bulan, saya belum periksa, apa ada cara lain selain periksa ?

  5. sofi

    dokter, saya perempuan berumur 24 tahun. selama ini saya belum mengalami menstrusi. saya sudah periksa ke beberapa dokter, saya mendapat penjelasan bahwa saya kekurangan hormon. tetapi saya coba ke dokter lain berbeda jawabannya. katanya ukuran rahim saya besarnya tidak seperti wanita normal.(ukurannya lebih kecil). jadi dokter itu mengatakan bahwa saya percuma berobat karena tidak bisa disembuhkan atau membuat saya menstruasi. saya cukup terpukul. tapi saya mencari tahu terus. setelah saya baca beberapa artikel, saya membaca tentang amenore… apakah saya mengalami amenore primer atau seperti apa. mohon penjelasannya dok?
    apakah saya terus melanjutkan konsultasi dengan dokter lagi atau tidak?

  6. vivi

    sebelumnya dok, ,
    saya mau tanya,saya adalah seorang gadis berusia 15 tahun yg belum juga menstruasi. . .
    saya ini orangnya kurus dan kira-kira berat badan saya 35 kg….
    apa mungkin penyebab saya belum haid karna saya sangat kurus……….
    selain itu apakah ada cara lain selain periksa………????????

  7. Anonymous

    sebelumny dok
    saya mau tanya , saya tuh waktu itu menstruasi selama 2 minggu .
    tetapi sya smpai sekarang belum menstruasi lagi … saya takut bila ke dokter
    jadi apa yang saya harus lakuakn ?????

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

