Jumrah…riwayatmu kini..

Pencapaian yang menakjubkan di tahun haji kali ini adalah selesainya 4 lantai tempat Jumah yang mampu menampung total 300.000 jamaah per jam.

Pelayan 2 masjid suci, Raja Abdullah menggelontorkan 4 Milyar Riyal pada tanggal 30 Desember 2006. sekarang, penyelesaian jembatan tersebut akan mampu menampung 5 juta jamaah dengan aman.

Pondasinya sendiri dibuat dengan kapasitas yang dirancang mampu mensupport lebih dari 12 lantai. Menurut berita terakhir, biaya pembangunan pondasi, mencapai 800 Juta Riyal. setiap lantai mempunyai panjang 950 meter dan 80 meter lebar. Lantai pertama setinggi 12 meter, memiliki pintu masuk dari arah selatan dan utara untuk jamaah dari arah mina. sednagkan lantai kedua diperuntukkan bagi jamaah yang datang dari makkah.

Masuk ke lantai tiga harus melalui jalan menanjak yang berawal dari jalan King Fahd Mina. eskalator besar dan tangga lebar siap menyambut jamaah.

Akses menuju lantai empat adalah dari arah sisi selatan jumrah, melalui jalan menanjak di Bukit Al-Khaif, Jalan King Abdul Aziz. terowongan di sisi utara jembatan dengan 6 jalur yang menghubungkan Arab Souk dan Al-Jouhara Souk di Mina akan mengurangi kemacetan yang sering terjadi dan memisahkan arus kendaraan dan arus jamaah.

Fasilitas lain yang spesial di proyek ini adalah sistem pendingin udara yang menggunakan teknologi terkini. Sistem ini mempertahankan temperatur di jembatan dan sekitarnya berkisar 29 derajat Celsius, dan juga disediakan percikan kabut air untuk jemaah. Proyek ini berkapasitas 300.000 jamaah perjam, angka ini bisa membengkak di masa depan. Otoritas haji telah membatasi jamaah yang akan menuju ke jembatan untuk menghindari insiden yang tidak diinginkan.

Areal sekitar jembatan jumrah juga telah diperluas. Ada tempat yang dipersiapkan untuk menyimpan barang jemaah. ada juga tempat untuk Cleaning sevice juga ambulance. Untuk menjaga keselamatan jamaah, proyek ini memperhatikan jalan masuk dan keluar jembatan  bagi jamaah.

Adapun tempat untuk emergency, disediakan oleh Pertahanan Sipil dan diawasi oleh Angkatan bersenjata. Proyek ini juga menyediakan helipad untuk mengangkut jamaah yang sakit.

Ada juga sedikit tempat yang akan disediakan bagi para penjual jasa cukur rambut, termasuk juga untuk toilet dan tempat makan. Bberapa kamera pengawas pun telah dipasang untuk mengawasi penyelesaian pembangunan dan juga untuk mengawasi jalannya ritual jumrah ini.

arabnews.com

Categories: update tanah suci | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: