Mampir ke Suryalaya

pemandangan sekitar jalan

Sebenarnya judul ini agak ga sopan juga, soalnya orang-orang mah pada sengajain pergi ke Suryalaya, kok gw mampir?? maksud gw, selagi gw balik ke kampung buat urus2 persyaratan PNS, gw sempatin mengunjungi guruku tercinta ini.

Tepatnya tanggal 20 November, 2 hari menjelang ujian kompetensi di bandung, jam 8 pagi gw berangkat dari rumah, perjalanan memakan 1 jam. namun dengan segarnya udara pagi pegunungan, perjalanan pun ga kerasa. Di jalan, gw ngerasa takut, takut gw kesiangan, takut gw ga sempet ketemu abah. gw robithoh aja, “Abah…saya mau ketemu, tolong …tolong terima saya…” .gitu deh jeritan hati gw..

gardu nya di ujung madrasah sono

gardunya di ujung madrasah, belakang tempat sampah ijo itu..

nyampe sana jam 9an, setelah parkirin mobil di samping tumpukan pasir n batu (kayaknya lg ngebangun sesuatu), gw langsung menuju gardu jaga, “Assalamualaikum..!!!” ga nampak batang idung seorangpun disana..gardu nya di ujung madrasah sono

“Waalaikum salam..” ternyata ada orangnya toh…dia duduk di ruang sebelah dalam. tau deh pak sapa, tinggi berkumis, ganteng.

“Abahna aya (abahnya ada?)???” seraya dag dig dug, takut abah ga bisa nerima tamu

“Ti palih mana nya (darimana yah)???” katanya sambil ngeluarin buku tamu buat diisi

“Abdi ti bandung mung kaleresan nuju di tasik (dari bandung cuma kebetulan lagi di tasik)”

Aya…” maksudnya ada, bukan si aya!!

Alhamdulillah…

setelah isi buku tamu itu, gw minta ijin buat beli aqua gede, buat didoain, syukur2 disumpahin biar barokah!! sambil diantar bapak yang berambut uban, berkumis juga (lagi tren berkumis yah?) gw memasuki madrasah yang sepi dan tenang itu..

sok…asal pendak we…(sok..asal ketemu aja)” kata si bapak, ga ngerti gw apa maksudnya. ternyata pas gw masuk, gw baru ngerti maksudnya apa.

Abah lagi tidur, nampak damai sekali wajah beliau, seperti bayi yang sedang tidur. begitu tenang… pas masuk ruang TV tempat abah biasa duduk, dengan segera, suasana atmosfer berbeda memasuki jiwa gw, hati gw, terasa hening benar-benar damai di hati. si bapak megangin aqua gede, trus gw langsung megang tangan abah yang berselimut sorban, gw ciumin, sambil dalam hati berdoa, meminta kepada abah, meminta didoakan abah agar maksud gw tercapai..

Ga tau kenapa, dan ini selalu terjadi, gw nangis dewaktu mencium tangan abah. ga tau kenapa?? gw sih cuma berkaca-kaca aja, mungkin kalo lebih lama lagi mungkin gw bisa terseguk-seguk menangis. gw sih rada mendingan, guru gw Pak Nurul lebih parah lagi, dia bisa ampe kaya anak kecil nangisnya, malah dia sampe jalan jongkok-jongkok saking khidmatnya kepada sang guru. kata Pak nurul sih, kita wajar menangis karena kita punya dosa, dan abah punya penawar dosanya. sama kaya kita punya luka, abah punya obatnya, maka kita bisa menangis sampe meringis karena obat yang diberikan. ga tau atuh..da itu mah fitrah yang Allah anugerahkan kepada abah.

Rumah Akang haji di belakang rumah tua ini ( Sekretariat BMT)

ga nyampe lima detik gw salaman, terasa kurang banget bagi jiwa yang haus akan barokah ini. gw diharuskan keluar.. “Atos…atos…”. gw pun keluar dari madrasah menuju rumah Akang Haji Dudun.  disini gw didoakan juga sama Akang Haji. sekalian bertanya2 sedikit, karena mungkin Akang haji lagi ada perlu jadinya sedikit buru-buru juga denger curhatan gw.

intinya adalah, kalau ada males saat akan ibadah, maka harus dipaksakan, amaliah mah harus dipaksakan, apalagi buat kita yang masih belajar. nanti juga kalau udah lama dipaksakan, akan muncul rasa ketergantungan akan amaliah yang di paksakan tadi, jadinya akan muncul keikhlasan untuk beribadah.

Tuuhh...orang yang nagkep ayam, berdua..

selepas dari situ, gw selonjoran dulu di masjid, nonton orang lagi nangkep ayam yang kabur (emang biasanya di pelataran madrasah tiap pagi suka dijemur ayam-ayam itu di dalem kurungan). setelah itu gw sholat tahiyatul masjid ama dhuha. selepas itu selonjoran lagi, sambil chat ama Aya, berharap Kang Jajang juga ikutan chat, biar dia kabita (kepengen) tapi ternyata dia lagi sibuk.

Ummi yang pake baju pink di pojok atas kanan foto ini

Ternyata di dapur lagi pada beberes, mungkin piring-piring yang dah lama dibersihin n disimpan di tempat yang lebih layak, ngliat dari kardusnya nampaknya piringnya banyak juga, yaa maklum aja, piring ini buat ngejamu jamaah saat manakib, ama tiap jumatan, pasti jumlahnya ribuan!! terlihat Ummi pake baju pink, ngawasin orang-orang dapur ini.

Jam 11 gw harus balik coz mo priksain kesehatan buat persyaratan PNS..yaa a mudah2n kecapai maksud gw…amien!!

Another view of Suryalaya

Categories: Tarekat Qadiriyah Naqsybandiyah | 5 Comments

Post navigation

5 thoughts on “Mampir ke Suryalaya

  1. Jajang Gunawan

    Ngeunah nya boga HP aya fotoan mah, NGEBLOG teh jadi SEMPURNA. Urang mah ayeuna teu boga nu kitu …😥

  2. mangsholeh

    alah!! apan engke ge dapet deui kamera digital..bisa foto sana sini lagi..

  3. aya....

    aya sih pengen ikut komentar, tapi gak ngerti lagi ngomongin apaan?? heheh.. ada apa dgn kamera digital sih??

  4. mangsholeh

    jajang sirik ga punya hape kamera, jadi ga bisa leluasa ngabadiin peristiwa sekitar. trus kata mang, biar aja, ntar juga di suryalaya dia dikasih kamera digital lagi jadi WTS. so bisa blog lebih enak lagi…
    gituh..

  5. aya....

    ooooooooooo….
    iya mang, welcome home…
    i’ll be missing u here😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: