Daily Archives: 3 December 2008

15 Langkah menurunkan berat badan

Masalah berat badan merupakan masalah yang sangat pelik dan sering dipertanyakan oleh pasien yang saat ini mengalami kegemukan. Menjadi gemuk merupakan mimpi buruk bagi sebagian orang terutama bagi mereka yang sangat memperhatikan penampilan. Kegemukan juga akan menguras kepercayaan diri seseorang sehingga akan berpengaruh terhadap karir orang yang bersangkutan. Berikut 15 langkah yang bisa diikuti untuk mengendalikan berat badan.

1. “Saya harus bisa!!!” Tanamkan tiga kata itu dalam diri anda sebagai langkah pertama. Walau banyak godaan datang menghadang, asal anda selalu ingat bahwa anda harus bisa menurunkan berat badan maka anda telah berada di jalur yang tepat. Jadikan orang orang yang telah berhasil menurunkan berat badan sebagai motivator anda untuk menundukan godaan yang datang.

2. Sarapan merupakan hal yang wajib dilakukan. Jangan pernah meninggalkan rumah di pagi hari tanpa menyentuh sesuatu untuk dimakan sebab makanan ini akan memberikan anda cukup tenaga untuk beraktifitas seharian. Tidak perlu sarapan makanan yang berat berat, cukup pisang, yogurt, sereal, roti dan lain lain sebab makanan ringan yang mengandung banyak serat dan protein akan memberikan anda rasa kenyang hingga tiba waktunya makan siang.

3. Sediakan waktu sejenak untuk membaca kandungan gizi pada kemasan makanan. Yang perlu diperhatikan disini adalah kalori sebab zat inilah yang sangat berperanan dalam menambah berat badan anda bila dikonsumsi secara berlebihan. Sesuaikan kebutuhan energi/kalori anda dalam sehari dengan catatan yang tertera dalam kemasan tersebut.

4. Jangan melakukan diet. Untuk jangka pendek memang diet akan menurunkan berat badan anda, namun bila diet anda hentikan maka berat badan anda akan bertambah kembali. Makan makanan yang aneh aneh untuk diet atau mengurangi beberapa jenis makanan tidak akan membuat berat badan anda turun. Yang penting dilakukan adalah memilih makanan yang seimbang nilai gizinya sesuai dengan kebutuhan tubuh anda sehingga kalori yang dimakan akan dimanfaatkan secara optimal.

5. Selalu makan secara teratur. Tubuh secara unik akan menurunkan metabolisme bila sedang lapar, hal ini tentu tidak bagus untuk proses penurunan berat badan. Untuk menghindari hal tersebut maka buatlah pola makan harian yang bisa dan rutin anda lakukan setiap hari. Pastikan jadual makan anda tersebut sedikitnya 3 kali sehari.

6. Perbanyak konsumsi serat. Serat sangat penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Serat yang kita makan sehari hari berfungsi untuk membantu menurunkan kolesterol dan memperlancar pengosongan saluran pencernaan. Serat juga bisa mempercepat rasa kenyang sehingga secara alami mengurangi porsi makanan yang tidak berguna. Sebagian besar serat mempunyai kandungan air yang tinggi dan kalori yang rendah sehingga sesuai dengan makanan yang kita butuhkan untuk menurunkan berat badan.

7. Makanan sehat selalu menjadi pilihan utama. Pilihlah makanan yang sedikit mengandung lemak jenuh. Perbanyak konsumsi buah buahan dan sayur sayuran. Pilih minyak sayur sebagai sumber lemak karena mengandung lemak tak jenuh dalam porsi tinggi. Makan makanan yang banyak mengandung Omega 3 seperti ikan.

8. Olah raga. Sesuaikan olah raga yang anda pilih dengan kondisi tubuh anda. Salah satu olah raga yang sehat, murah dan bisa dilakukan oleh semua orang adalah jalan kaki. Berjalanlah minimal 5 kilometer sehari. Usahakan selalu untuk menambah jarak anda berjalan. Ingat, olah raga tidak hanya menurunkan berat badan anda tetapi juga membuat tubuh anda lebih sehat.

9. Buang kebiasaan ngemil di malam hari. Ngemil di malam hari akan menghancurkan upaya anda menurunkan berat badan sebab kalori yang anda makan setelah makan malam akan tertimbun di dalam tubuh. Menggosok gigi setelah makan malam turut membantu anda untuk mengurangi keinginan untuk ngemil.

10. Perbanyak konsumsi protein. Memakan makanan yang mengandung protein dalam jumlah banyak akan membuat perut anda kenyang dalam beberapa jam sehingga mengurangi kebutuhan anda akan makanan yang mengandung kalori tinggi.

11. Buang kebiasan buruk yang membuat berat badan anda bertambah dan gantikan dengan kebiasaan yang lebih sehat. Misalnya mengganti gula yang anda gunakan membuat kopi dengan gula yang rendah kalori, menghindari makan gorengan dan lain lain.

12. Jadikan orang orang disekitar anda sebagai motivator. Mereka akan membantu anda memberikan dorongan bila suatu saat anda mengalami kejenuhan dengan program penurunan berat badan yang sedang anda lakukan.

13. Catat setiap perkembangan yang terjadi pada diri anda selama anda mengikuti program penurunan berat badan. Bila perlu bandingkan pencapaian anda dengan pencapaian teman anda yang melakukan program sejenis. Hal ini sekaligus menjadi motivator dalam mencapai tujuan anda menurunkan berat badan.

14. Minum yang cukup. Beberapa ahli gizi mengatakan dengan minum yang cukup maka anda akan terhindar dari makan yang berlebihan. Dianjurkan untuk minum air 6 sampai 8 gelas sehari.

15. Apakah anda ingin menurunkan berat badan sekaligus membuat tubuh sehat? Untuk itu, jangan pernah berpaling dari tujuan anda sebenarnya yaitu menurunkan berat badan. Ingat selalu untuk memotivasi diri sehingga tujuan yang anda inginkan segera tercapai.

Categories: artikel kesehatan | Leave a comment

Foreplay

Foreplay merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan seksual seorang wanita. Meskipun para pria pada akhirnya juga akan menikmatinya, para wanita memerlukan permainan awal ini sebagai sarana mempercepat mencapai kepuasan seksual.

Sayangnya karena kurangnya komunikasi antara kedua belah pihak, keinginan untuk mendapatkan foreplay yang sesungguhnya sering tidak kesampaian. Pihak wanita ingin agar teman prianya melakukan sesuatu sebelum berhubungan seksual tapi mereka takut untuk mengutarakannya. Sebaliknya pihak pria pun tidak memahami kebutuhan teman wanitanya. Padahal jika mereka melakukan ritual ini sebelum melakukan hubungan seksual yang sesungguhnya maka kepuasan seksual akan bisa didapatkan kedua belah pihak.

Berikut beberapa tips yang bisa dijadikan pegangan bagi kedua belah pihak untuk mencapai sebuah foreplay yang diharapkan.

Untuk Pria :
Jadikan foreplay sebagai sebuah kebiasaan setiap hari, tidak hanya saat anda akan melakukan hubungan seksual. Saat anda mengajak pasangan anda makan malam atau nonton film, cobalah untuk menyentuhnya, memeluknya memperlakukannya sebagai seorang wanita yang menarik dan seksi. Pegang tangannya, rangkul pinggulnya, belai rambutnya, bisikan ke telinganya betapa anda sangat mencintainya. Tindakan yang terbilang sepele ini akan membuat seorang wanita merasa menarik dan dibutuhkan.
Kirimi pasangan anda kata kata romantis baik via surat, SMS, imel maupun secarik kertas. Katakan bahwa anda sangat membutuhkannya, dan mencintainya. Wanita menyukai kata kata romantis dan merasa bahwa anda selalu memikirkannya.
Berikan selalu pujian atas apa yang dikerjakan oleh pasangan anda. Berikan pujian ini secara sungguh sungguh dari lubuk hati yang paling dalam. Jika anda suka penampilannya, katakan terus terang. Jika anda suka tatanan rambutnya, katakan sejujurnya. Para wanita sangat menyukai bila ada yang memuji bagaimana penampilannya.
Berikan kecupan yang tulus. Bila perlu berikan ciuman yang sensual dan pelan pelan. Gunakan hati anda saat menciumnya, dia akan merasakan juga.

Untuk Wanita :
Katakan bahwa anda menginginkan sesuatu. Anda suka digoda? Anda suka dicium? Katakan padanya. Minta pasangan anda untuk melakukannya. Jangan heran bila nanti anda terkejut saat melihat pasangan anda sangat bernafsu untuk melakukannya.
Tunjukan ke dia. Arahkan tangannya, arahkan kepalanya. Tunjukan bahwa anda suka disentuh, dicumbu. Tunjukan dia bagaimana cara melakukannya apakah cepat atau lambat. Tunjukan ke dia di bagian mana dari tubuh anda yang ingin disentuh dan sebagainya.
Jangan takut untuk memulai. Umumnya wanita malu malu untuk memulai sebuah kegiatan seksual. Tidak ada salahnya anda yang mengambil inisiatif terlebih dahulu.

Foreplay merupakan cara yang sangat bagus untuk menghabiskan waktu bersama pasangan anda. Menikmati tiap lekuk tubuh masing masing pasangan dan menemukan apa yang menjadi dambaan pasangan kita merupakan tujuan utama yang diharapkan dari foreplay. Luangkan waktu untuk melakukannya dan anda tidak akan menyesalinya.

Categories: artikel kesehatan | Leave a comment

Jaga bulan desember 2008

Di penghujung tahun ini, gw kebagian jadwal jaga UGD. setelah bulan kemaren gw menolak dengan halus, dengan alasan persiapan UKDI (Uji Kompetensi Dokter Indonesia), padahal mah, mungkin 50% penyebabnya adalah ketidaksiapan gw. kok bisa??? yaaa..namanya berurusan dengan nyawa, buat dokter baru kaya gw, agak bikin keder juga…seperti ngadepin ujian aja, selalu aja bilang ga siap!! padahal memang kita ga bakalan siap ampe kapan pun juga. Tugas ini harus dihadapi…berdoa aja “Mudah-mudahan Engkau berkenan membimbing tanganku, memberikan kasus sesuai dengan kapasitas dan kemampuanku….Amiennnn…”

Sebetulnya, penguji yang sebenar nya adalah masyarakat, Pasien!! bukan profesor, bukan dosen yang killer, bukan juga spesialis yang galak!!! tapi pasien…justru dari pertanyaan polos pasien lah kita diuji. pertanyaan sederhana yang ga akan sedikitpun mendalam banget alias rumit.

“Dok…penyakitnya apa yah??”

“Dok…menularnya lewat apa ya?”

“Yang boleh makan apa aja”

“Pantangannya apa?”

“Komplikasinya apa ?”

“Bisa sembuh ga?”

“Udah punya pacar belum dok?”

“Dok…kok ganteng sih???”

“Dok…dookk….!!”

Pertanyaan seperti inilah yang sering terlontar dari mulut pasien atau keluarga pasien. Sederhana tapi nyelekit..klo salah ngomong bisa berakibat fatal. Apalagi untuk kasus yang akut, sering kali gejala yang muncul sangatlah rancu, kabur, blur, ga jelas. Perasaan semua keluhan pasien itu pusing, sakit kepala, panas badan, yang mana semua penyakit infeksi mempunyai gejala yang sama seperti ini. mo bilang penyakit apa donk??? karena belum jelas gejalanya, ga spesifik, maka sambil menunggu gejala khas nya muncul, kita sebagai dokter umum, mencoba mengatasi gejala umum ini (simptomatik), dan mendiagnosa penyakit pasien dengan nama Suspek …… (seperti suspek flu burung yang nunggu diagnosa pastinya berdasarkan pemeriksaan lab serotype virusnya).

Apalagi dengan keterbatasan alat bantu diagnostik semacam Rontgen, CT Scan, CAT Scan, USG, dll. bisa dibilang kita meraba penyakit pasien, disinilah intuisi dan daya analisa dokter dibutuhkan. Dokter yang berpengalaman akan mampu mendiagnosa penyakit pasien hanya dengan sedikit perabaan, bukan karena beliau terlalu sibuk sehingga tidak sempat untuk melakukan pemeriksaan lebih lengkap, tapi dengan nalar dan intuisi terlatih selama puluhan tahun, bisa dibilang dokter melakukan pemeriksaan To The Point. meskipun secara kaidah yang benar, hal ini tetap tidak bisa dibenarkan. namun fakta di lapangan, tingkat kesembuhan pasien tinggi.

Dalam kasus ini, perlu dipertimbangkan adanya faktor X, yaitu, kepercayaan!! saling percaya antara dokter dan pasien, pasien berharap banyak akan kesembuhannya di tangan dokter dan dokter pun membalasnya dengan sugesti serta keramahtamahannya kepada pasien. rupanya simbiosis seperti ini membuahkan hasil yang nyata dan jauh lebih Everlasting daripada obat-obatan. Apalagi sampai ada keterikatan emosional antara pasien dan dokter, akan lebih masive lagi efeknya.

Pagi ini gw jaga pagi, dateng jam 8 pagi langsung dihadapkan ama kasus post trauma capitis 4 hari yang lalu, sejak 2 hari yang lalu mulai pusing berputar, kalo kepala terlentang jadi mual tapi muntahnya sedikit, laserasi di daerah sub occiput dextra. umur 57 tahun, perempuan.

gw suruh rawat inap aja, di bagian neuro, smentara nunggu visite dr. neuro, gw kasih Nicholin, Analsik, Tomit Inject. Extra. Lab, Foto Ro Schedel. gw tulisin diagnosa. Obs. Cephalgia e.c Trauma Capitis .

Gw takutin ada perdarahan, meskipun sedikit tapi berbahaya, seharusnya sih di CT Scan, tapi masalah ekonomi kerap melanda. yaa udah sementara mah nunggu visite dr. syaraf aja.

mudah-mudahan cepet sembuh ya bu!!

Categories: gawean gw, isi pikiran gw | 2 Comments

Create a free website or blog at WordPress.com.