Jaga bulan desember 2008

Di penghujung tahun ini, gw kebagian jadwal jaga UGD. setelah bulan kemaren gw menolak dengan halus, dengan alasan persiapan UKDI (Uji Kompetensi Dokter Indonesia), padahal mah, mungkin 50% penyebabnya adalah ketidaksiapan gw. kok bisa??? yaaa..namanya berurusan dengan nyawa, buat dokter baru kaya gw, agak bikin keder juga…seperti ngadepin ujian aja, selalu aja bilang ga siap!! padahal memang kita ga bakalan siap ampe kapan pun juga. Tugas ini harus dihadapi…berdoa aja “Mudah-mudahan Engkau berkenan membimbing tanganku, memberikan kasus sesuai dengan kapasitas dan kemampuanku….Amiennnn…”

Sebetulnya, penguji yang sebenar nya adalah masyarakat, Pasien!! bukan profesor, bukan dosen yang killer, bukan juga spesialis yang galak!!! tapi pasien…justru dari pertanyaan polos pasien lah kita diuji. pertanyaan sederhana yang ga akan sedikitpun mendalam banget alias rumit.

“Dok…penyakitnya apa yah??”

“Dok…menularnya lewat apa ya?”

“Yang boleh makan apa aja”

“Pantangannya apa?”

“Komplikasinya apa ?”

“Bisa sembuh ga?”

“Udah punya pacar belum dok?”

“Dok…kok ganteng sih???”

“Dok…dookk….!!”

Pertanyaan seperti inilah yang sering terlontar dari mulut pasien atau keluarga pasien. Sederhana tapi nyelekit..klo salah ngomong bisa berakibat fatal. Apalagi untuk kasus yang akut, sering kali gejala yang muncul sangatlah rancu, kabur, blur, ga jelas. Perasaan semua keluhan pasien itu pusing, sakit kepala, panas badan, yang mana semua penyakit infeksi mempunyai gejala yang sama seperti ini. mo bilang penyakit apa donk??? karena belum jelas gejalanya, ga spesifik, maka sambil menunggu gejala khas nya muncul, kita sebagai dokter umum, mencoba mengatasi gejala umum ini (simptomatik), dan mendiagnosa penyakit pasien dengan nama Suspek …… (seperti suspek flu burung yang nunggu diagnosa pastinya berdasarkan pemeriksaan lab serotype virusnya).

Apalagi dengan keterbatasan alat bantu diagnostik semacam Rontgen, CT Scan, CAT Scan, USG, dll. bisa dibilang kita meraba penyakit pasien, disinilah intuisi dan daya analisa dokter dibutuhkan. Dokter yang berpengalaman akan mampu mendiagnosa penyakit pasien hanya dengan sedikit perabaan, bukan karena beliau terlalu sibuk sehingga tidak sempat untuk melakukan pemeriksaan lebih lengkap, tapi dengan nalar dan intuisi terlatih selama puluhan tahun, bisa dibilang dokter melakukan pemeriksaan To The Point. meskipun secara kaidah yang benar, hal ini tetap tidak bisa dibenarkan. namun fakta di lapangan, tingkat kesembuhan pasien tinggi.

Dalam kasus ini, perlu dipertimbangkan adanya faktor X, yaitu, kepercayaan!! saling percaya antara dokter dan pasien, pasien berharap banyak akan kesembuhannya di tangan dokter dan dokter pun membalasnya dengan sugesti serta keramahtamahannya kepada pasien. rupanya simbiosis seperti ini membuahkan hasil yang nyata dan jauh lebih Everlasting daripada obat-obatan. Apalagi sampai ada keterikatan emosional antara pasien dan dokter, akan lebih masive lagi efeknya.

Pagi ini gw jaga pagi, dateng jam 8 pagi langsung dihadapkan ama kasus post trauma capitis 4 hari yang lalu, sejak 2 hari yang lalu mulai pusing berputar, kalo kepala terlentang jadi mual tapi muntahnya sedikit, laserasi di daerah sub occiput dextra. umur 57 tahun, perempuan.

gw suruh rawat inap aja, di bagian neuro, smentara nunggu visite dr. neuro, gw kasih Nicholin, Analsik, Tomit Inject. Extra. Lab, Foto Ro Schedel. gw tulisin diagnosa. Obs. Cephalgia e.c Trauma Capitis .

Gw takutin ada perdarahan, meskipun sedikit tapi berbahaya, seharusnya sih di CT Scan, tapi masalah ekonomi kerap melanda. yaa udah sementara mah nunggu visite dr. syaraf aja.

mudah-mudahan cepet sembuh ya bu!!

Categories: gawean gw, isi pikiran gw | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Jaga bulan desember 2008

  1. With havin so much content do you ever run into any issues of
    plagorism or copyright infringement? My blog has a lot of
    unique content I’ve either written myself or outsourced
    but it appears a lot of it is popping it up all over the internet without my
    permission. Do you know any solutions to help prevent
    content from being stolen? I’d really appreciate it.

  2. Hi! This is kind of off topic but I need some advice from
    an established blog. Is it very hard to set up your own blog?
    I’m not very techincal but I can figure things out pretty quick.
    I’m thinking about creating my own but I’m not sure where to start.
    Do you have any points or suggestions? Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: