Belajar baca resep dokter yuk!!

Setiap berobat ke dokter pastilah sang dokter akan mendiagnosa penyakit dan kemudian akan menuliskan resep untuk kita tebus. Selanjutnya kita akan langsung meluncur ke Apotek terdekat untuk menebus dan membayarnya . betul??

Sekarang setelah mendapat resep dari dokter ada baiknya kita melihat isi dari resep. Saya yakin sebagian atau bahkan hampir semua dari kita tidak bisa membaca resep dari dokter *hehehe udah janjian ama saya*.

Dulu tulisan cakar ayam dokter dimaksudkan agar si pasien sengaja tidak tahu tapi dengan sejalannya waktu saya berpikir sebagai orang yang tahu akan obat, sebaiknya pasien berhak untuk mengetahui obat apa yang diberikan. ada yang setuju?

apa sih sebenarnya resep? resep ada sebuah permintaan dokter kepada seorang apoteker/ farmasis untuk mengambil sejumlah tertentu obat.

tab dibaca tablet… artinya tablet
cap dibaca capsul… artinya capsul
fl dibaca flesh… artinya botol
pulv dibaca pulveres… artinya puyer
NO dibaca nomero…. artinya sejumlah
s dibaca signa… artinya gunakan
dd dibaca (lupa)… artinya dalam satuhari (n) kali
dtd dibaca da tales doses… artinya sesuai dengnan dosis tersebut sebanyak
PRN dibaca pro renata … artinya digunakan bila diperlukan
ue dibaca usus externus… artinya digunakan sebagai obat luar
gtt dibaca gutata… artinya tetes
cth dibaca (lupa)… artinya sendok teh
C dibaca (lupa)… artinya sendok makan
Corig dibaca (lupa)… artinya sendok takar yang tersedia dari obat tersebut
pc dibaca post cunam… artinya sesudah makan
ac dibaca ante cunam… artinya sebelum makan
imm dibaca in manu medici… artinya ditangan dokter
msf dibaca (lupa)… artinya campurlah menjadi (klau tidak salah)
CITO… artinya segera
PIM … artinya sangat segera dibutuhkan bila tidak diberikan mengancam nyawa sebenarnya masih banyak namun bahasa resep ini pusing sekali… jadi kitabelajar yang standar saja…
idealnya sih resep dituliskan dalam huruf cetak bukan huruf sambung agar bisa dibaca…dalam resep itu harus ada
1. nama dokter
2. tempat praktek, nomor telepon
3. tempat dan tanggal pemberian
4. paraf untuk setiap satu jenis obat yang diberikan atau tanda tangan untukobat golongan narkotik
5. nama penerima resep
6. usia
contoh resep:dr. Farian
Klinik Aduhai
Jl antah berantah No 232
Telep 085xxxxxxx
Jakarta, 18 Januari
07
R/ paracetamol tab no X
S 3 dd tab I PRN
—————————————— ian (paraf)
R/ betadin antiseptic tub no I
S ue
—————————————— ian (paraf)
pro: Mr. ABCDEFG
usia: 25 tahun
nah cara baca resepnya adalah sbb:
resep 1:
resipe paracetamol tablet nomero X (lupa bahasa latinnya)
signa 3 dd (lupa cara bacanya) tablet I (lupa bahasa latinnya), PRO RENATA
artinya ambilah parasetamol kemasan tablet sebanyak 10, gunakan 3 kali
sehari bila diperlukan

resep 2:
rseipe betadine antiseptic tube nomero I
signa usus externus
artinya ambilah betadin antiseptik kemasan tube sebanyak 1 buah, gunakan
sebagai obat luar ini langsung resep aja ya…
R/ Amoksisilin 250 mg/5 mL syr fl no I
S 3 dd cth (5 mL) no I
——————————————– ian (paraf)
dibaca ambillah amoksisilin kemasan sirup 250mg/5 mL sebanyak 1 botol
gunakan 3 kali satu sendok teh (yang berukuran 5 mL)
note: bila sediaan sirup tidak ditulisakn maka berarti maksudnya sediaan
yang terkecil, misalkan amoksisilin ada dua kemasan yang 125 dan 250/5 mL,
kalau tidak ditulis berarti yang 125mg/5 ML
ini contoh resep racikan (yang seharusnya gak boleh)
R/ amoksisilin 200mg
deksametason 40mg
teofilin 10 mg
msf da pulv dtd no XX
S 3 dd pulv I
———————————————- bkn ian (paraf)
dibaca ambilah amkosisilin sebanyak 200mg, deksamtason sebbanyak 40 mg,
teofilin 10 mg, campourlah menjadi kemasan bubuk sesuai dengan dosis
tersebut sebanyak 20 bungkus, gunakan 3 kali 1 bungkus puyer

Setelah kita menerima obat jangan lupa bertanya obat apa yang diberikan dan apa isinya dan aturan pakainya. bertanyalah karena sekarang udah ada yang namanya pelayanan pharmaceutical care.

Jika kita mendapat resep yang sampai 5 item lebih kita harus bertanya-tanya apakah isinya mengapa sampai banyak begitu, karena menurut saya itu namanya Polifarmasi. Poifarmasi artinya obat banyak. Obat yang terlalu banyak diberikan. Biasanya tulisan R/ pertama dan kedua adalah bahan yang berkhasiat untuk menyembuhkan dan R/ ketiga dan keempat untuk tambahan atau diberikan vitamin tambahan. Gitu deh…

About these ads
Categories: artikel kesehatan, gawean gw, Kesehatan | 5 Comments

Post navigation

5 thoughts on “Belajar baca resep dokter yuk!!

  1. dokter …. juga manusia, punya salah ….. punya (lupa)!

    Hooh.. Gw malah dulu ga tau skrg lupa :-/
    Jaman sekola dulu ada kan tuh..
    Kalo ga salah namanya lup ya :D

    *just kidding, piss ah…*
    blablablabla …

  2. Gomz

    Wah mantap nih artikel…:D
    oh ya, sebenarnya dokter tuh nulis resep, tulisan cakar ayam kebanyakan emang mereka sengaja/buru2 ya?
    hehe

  3. tulisan jelek supaya ga mudah dibaca orang awam takut disalah gunakan , ya kan ?

  4. Anonymous

    makasii sangat membantu sayya ini….
    makasiiii buanyak

  5. anonym

    membentu sekali bagi calon asisten apoteker spt sya. trims dokter… :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 143 other followers

%d bloggers like this: