Wukuf di Arafah

Hari ini selepas gw menjalani tes CPNS (mudah-mudahan gw lulus yah..) nyampe rumah, gw langsung nonton tv arab yang memang ketangkep ama parabola (bekas musim parabola jaman dulu). Tadi di tasik, gw sempetin liat channel 2 Saudi TV, nonton live nya wukuf di Arafah, sekitaran jam 2 siang atau jam 10 pagi waktu saudi.

disana terliat, jutaan orang berjejal di padang arafah yang mulai menghijau itu, semua menyiapkan diri untuk wukuf yang dilaksanakan setelah masuk waktu dzuhur. kepaksa gw harus potong nonton itu untuk acara makan siang karena emang dari pagi belum makan (takut mules waktu ujian).

Pas nyampe rumah, pas lagi acara khutbah Arafah. Terlihat jutaan orang dengan memakai kain ihram (kain putih 2 lembar tanpa jahitan) seperti sekumpulan semut. semua dengan setia di bawah terik matahari mendengarkan khutbah dari Khotib yang berada di masjid Namirah (Masjid yang didirikan di tempat dahulu Rasul mendirikan tendanya). Beberapa saat kemudian berkumandang adzan dzuhur. jutaan orang ini pun melaksanakan shalat Dzuhur yang di Jama’ dan di Qashar dengan shalat ashar.

Setelah itu, dimulai lah, “sesi doa”, setiap orang disini berdoa dengan khusuk nya, ada yang menangis, ada yang menengadahkan kepala, ada yang merem, ada yang berteriak-teriak, ada yang terisak-isak,semua terekam dengan jelas di layar tv ini. sungguh sangat menggugah perasaan gw. terlebih saat terdengan kumandang talbiyah “LABBAIKALLOHUMA LABBAIK..”

“LABBAIKALAA SYARIKALAA KALABBAIKK…”

“INNAL HAMDA…WANNIKMATAA…LA KAWALMULK…..LAAA SYARIKALAK”

Duuuh…semakin pengen nangis gw!!! kalo gw disana mungkin dah nangis-nangis aja gw…

Jam 21.30 Matahari perlahan tenggelam, sangat jelas perjalanan matahari membenamkan dirinya…berwarna orange, sangat cerah sekali…

setiap insan yang ada di arafah, menantikan moment ini….untuk apa??? karena setelah matahari terbenam, barulah jamaah diperbolehkan meninggalkan Arafah menuju tempat ritual selanjutnya…yaitu…Muzdalifah..

Disana, diharuskan untuk mabit (bermalam) meskipun hanya sampai lewat tengah malam juga, pokoknya harus bermalam disana. jangan anggap disana ada hotel atau tenda seperti di mina, disana hanyalah ada padang pasir yang tidak terlalu luas, kita hanya menggelar tikar seadanya saja, lalu berbaring disana menghabiskan waktu sampai lewat tengah malam.

Saat ini, pukul 22.00 WIB jamaah mulai bergerak keluar Arafah. jutaan orang tersebut bergera perlahan namun teratur di bawah naungan lantunan Talbiyah. semua keluar Arafah dengan berjalan kaki, seperti harmoni riak-riak ombak lautan, semua mengarah ke Muzdalifah. Ada yang bawa barang di atas kepalanya, ada juga yang memangku anak kecil di pundaknya. Semua dalam keseragaman warna putih. Masjid Namirah menjadi saksi bagaimana arus besar manusia ini bergerak.

Sangat mengagumkan jika membayangkan sekian juta orang berkumpul di muzdalifah yang kecil itu, yang lalu bergerak lagi ke Mina. Ga ada agama di dunia ini yang mampu menggerakan langkah penganutnya ke tempat sucinya untuk beribadah tahunan seperti haji ini. ga ada!! meskipun setiap agama mempunyai tempat sucinya sendiri, tapi ga ada yang mampu menyamai haji…Subhanallah!!

Sekarang di tv, masih memperlihatkan arus jamaah yang meninggalkan Mina, jalan yang selebar 50 meter ini, penuh ama orang, termasuk trotoar dan jalan tanah di sampingnya. semua penuh ga ada sisa sedikitpun ruang disana. semua berjalan teratur, sangat lambat, ga ada yang terburu-buru.

sampai saat ini, mata gw ga akan berpaling kepada yang lain selain channel ini, meskipun mata dah ngantuk juga!

Categories: update tanah suci | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: