Serangan Fajar!!!

Pagi ini 11 November 2008, setelah sholat subuh, langsung aja gw ngelakuin ritual sehari-hari gw..yaitu……TIDUR LAGI!!

“Dug..Dug..Dug..” suara pintu kamar gw..

“Di UGD aya pasien, dokter jaga na tos uih…(di UGD ada pasien, dokter jaga nya dah pulang..” kesannya normal yah?? padahal kenyataannya, ini masih jam 6 pagi, ini bukan bagian gw jaga, bukannya tugasnya jaga malam ampe jam 8 (jam 7.30 sih)?? ya udah…mo gimana lagi coba??

di UGD dah menunggu bapak2 di atas blangkar, dia mengerang2, rupanya sedang dipasang oksigen ama perawat UGD. Langsung gw anamnesa keluarganya, didapat hasil yang mengejutkan…”Pembesaran Jantung” emang dah sering berobat ke dokter lain (gw ga kenal apa itu dokter umum apa dokter jantung). ditambah mual, muntah sedikit, cuma ludah ama cairan bening. kepala pusing sekali. dari palpasi, iktus kordis ga terlihat, auskultasi bunyi jantung sepertinya ga ad yang aneh, memang rada ke lateral, tapi so far reguler..ga da sesak nafas, kesadaran CM.

MO ngasih obat oral tapi dia masih mual-mual, udah aja instruksi rawat inap, infus RL 20 gtt/mnt, masukin Acran 1 ampul, tomit 1 ampul. oksigen 4 L/mnt. ditunggu deh..sambil nunggu Lab Lengkap, gw suruh foto Rontgen thorak aja. sebelumnya EKG. hasil nya irama jantung sinus, QT sedikit memanjang, ga ada tanda iskemi,curiga tanda LVH. dari rontgen semakin yakin aja, cardiomegali.

cek lagi….masih mual ga??? wiihh masih…gw itung2, kmungkinan dr. Sp.PD baru muncul jam 8an, gw harus lakuin apa nih, sementara ilmu ACLS gw belum dapet. obat jantung kebanyakan oral, FAsorbid, Fargoxin, semua oral sedangkan pasien muntah-muntahan..mo gmn coba??

pasien yang lagi mengerang-ngerang ini dicoba dipanggil, dia bangun, dicoba ISDN sub lingual, gagal…kluar lagi kemuntahin…apalagi mo ngasih aspilet nih??? kenapa sih ga ada yang injek, jadinya bisa gampang!! 10 menit kemudian gw coba lagi masukin fargoksin 2 tablet 0,25 mg. clear!!! bisa masuk!! tapi 5 menit kemudian, dia muntah lagi..sisa satu di dalem..yo wiss gapapa!! masih bisa ngepek!!

untungnya mobil dr. Sp.PD dateng , langsung konsul aja, auskultasi sana sini, giliran terapi gw diliat…dag dig dug…fargoksin stop yang lain terusin ditambah perifask, cedantron, Fasorbid. wiihh…fiuuuhh..makasih dok!! u’re my angel!!

barengan ma pasien ini dateng pasien dengan keluhan panas, trus perut nyeri, karena gw lagi pusing ngurusin si bapak ini, jadinya gw agak buru2 meriksa ibu ini, langsung aja gw suruh nginep, infus RL ama cek Darah rutin plus widal. dah itu….hasil nya lama…sedangkan gw mo ngasih Antibiotik ga mau maen hajar, kalo bisa gw harus tau dulu hasil Lab nya. karena lama, sodaranya si ibu minta buru-buru dikiri ke ruangan coz berisik ma pasien bapak ini…hehe..ya udah..kirim aja!! biar ntar terapi di telpon aja ke ruangan. ternyata pas gw susul ke lab, hasilnya leukosit 30 ribu, hebat yah??? tau deh dikasih antibiotik apa di ruangan coz dah keburu di visite ma dr. Sp.PD. yang jelas berangkat dari UGD hanya berbekal, infus ma dapyrin tab. hehe….cepet sembuh ya bu!!

Categories: gawean gw | 4 Comments

Post navigation

4 thoughts on “Serangan Fajar!!!

  1. hatur nuhun kang sholeh, klo boleh tau kang sholeh dokter spesialis apa ya..?

  2. mangsholeh

    ah..masih umum kok mas…
    tetep sehat ya!!
    tetep semangat!!
    supaya kita bisa jalan-jalan lagi
    bersama wisata kuliner!!
    pokok’e maknyusss!!

  3. tetangga ya sama shadut ?

  4. mangsholeh

    ma si cepot ini mas???
    ga…beda kampung!!!dia di garut…..hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: