Another day in my life

Pagi ini gw ikut (ikut-ikutan) operasi laparotomi, ekplorasi abdomen yang terkena trauma benda tumpul setang motor. ARTINYA : laparotomi itu operasi membuka dinding perut. eksplorasi adalah melihat apa yang terjadi di dalamnya.

iiihh..kliatan burungnya

ceritanya nih pasien kecelakaan, setang motor dia nonjok perutnya, tapi kok malah jadi menonjol gitu??apa benjol?apa gimana? gitu kira-kira yang ada di pikiran keluarga pasien. makanya dibawalah pasien ke UGD. setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter bedah, dan di rontgen, ditetapkanlah diagnosanya suspek herniasi e.c robekan peritonium. maka untuk memastikan diagnosa dilakukanlah operasi laparotomi.

Adapun dari hasil rontgen ga didapat kan hasil apapun disana, sama aja kaya yang normal. kata dokter bedahnya “Rontgen ini hanya untuk memuaskan hati saja..” katanya dengan logat padang yang kental..

“Kalau bapak nanya ke saya, saya jawab… ndak tau!!” trus si bapak ortu pasien ngambil tuh foto, di liat ma dia, meniru gaya dokter bedah ini. weess….dengan penuh ketelitian dia melihat foto itu, matanya berjalan ke arah kiri foto, sementara marker nya jelas banget di kanan bawah foto. dipikir-pikir ma gw…bukannya luka nya di perut kanan bawah?? kok markernya??? WAAAAAA!!! fotonya kebalik pak!!!

“Kalau saya aja ga tau, apalagi bapak…” komentar singkat dokter bedah melihat tingkah lucu bapak ini.

” emang sih ga kliatan apa-apa, mungkin belum ada kebocoran udara ke peritonium, tandanya kebocoran usus, lagian ga ada juga radioluscent tanda perdarahan intraabdomen, sesuai lah dengan klinis yang Hb normal dan ga ada tanda peritonitis”

Pas dibuka emang bener aja, menyembul usus..tandanya memang terjadi robekan. yang robek ternyata otot rectus abdominis dan fascia nya. maka operasi dilakukan untuk repair otot dan fascia.

ini meja kerja gw di ruang jaga, yg tebel itu buku SPM, yg kecil buku contekan resep, yang di ujung kanan atas itu buku SPM rumah sakit, dan itu jas dekil gw hehe..

ini bukti pembayaran ACLS untuk 15 januari mendatang. butuh ngejar ke 3 warnet untuk mendapatkan scanner

Categories: gawean gw | 7 Comments

Post navigation

7 thoughts on “Another day in my life

  1. aya....

    mana katanya mau bikinin wp??
    gak jadi aja deh.. nanti aya buat sendiri..

  2. Anonymous

    iya iya sori lupa….
    besok dibikinin ya..
    sabar!!

  3. halow aya, anda mangsholeh juga pa bukan?

  4. mangsholeh

    bukan lah…kesannya ga laku banget ya, ampe bikin komen sendiri….hehe

  5. aya asli....!!!!

    wuahaha… lucu bgt cih smp dibilang aya itu mang sholeh..

    buat kang gus1968, cm klarifikasi aja.. aya is aya, mang sholeh is mang sholeh.. kita adalah dua manusia beda jenis, dua pribadi berbeda yang sedang mengenal satu sama lain..

    hehehe.. (pede amat nic aya..)

    met kenal buat yg blom kenal ya..

  6. ucha

    Aku cengar-cengir baca blog mangsholeh….sumprit gila banget bahasanya..hehehe…bikin lagi dong soal kesehatan lainnya…
    Aku daftar jadi pelanggan tetap baca blog mangsholeh deh…
    Selamat berkarya yaaaa….dan tentu saja salam kenal…..

  7. mangsholeh

    thanks…thank….tank baja!!!

    jadi smangat lg nih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: