Beli laptop baru euy..!!!

Selepas gajian pertama gw (sebenernya kedua sih..), gw langsung brencana bt beli laptop baru, coz yang lama mo dikasihin ade2 gw (karena ini laptop bersama), so gw mesti beli lg tapi kali ini buat pribadi…cihuuuyy!! berbekal uang gaji gw plus pinjaman dari pihak rumah sakit sebesar 5 juta. berangkatlah gw ke BEC bandung hari sabtu tanggal 10 januari 2009.

sebelumnya dah gw kecengin merk acer dengan layar 12 inch. kenapa acer?? karena sepengamatan gw, dia awet n tangguh, buktinya Om gw punya anak cowok 2, tuh laptop dicoret2 keyboardnya, dinyalain mp3 playernya ampe poll, maen gim bola, blum lg megang n nyimpennya sembarangan, tapi masih survive tuh..

kenapa juga harus 12 inch??karena gw pengen nyoba yg kecil-kecil. malah tadinya gw mau netbook yg 10 inch tapi kok isinya standar semua, kaya yg dipake buat internetan aja.karena laptop ini gw harap bisa awet ampe gw sekolah lg ntar (amiiennnn…) jd spec nya harus lah mumpuni.

maka terpilihlah Acer Aspire 2930z. ada 2 jenis, yg pertama dengan prosesor dual core, ama yang core 2 duo. yang pertama rata2 7,7 juta s/d 8,3 juta , yg kedua 9 s/d 10 jutaan. lumayan juga tuh, masuk budget gw. lagian isinya juga ga jelek2 amat. trus yang dual core terbagi 2 yaitu, ada yg kosongan alias cuma diisi linpus DOS (belum pake OS), kalo yg satu lagi dah dikasih OS windows vista ori dengan office trial, yg pertama harganya 7,7 juta atau 719 dollar, yg kedua 8,3 juta atau 759 dollar. itu semua dah dikasih diskon 30 persen ma acer nya.

setelah puter – puter keluar masuk tiap toko (ga tiap toko juga sih..) 2 lantai BEC dah abis gw sapu. akhir didapat beberapa toko yang jual. kalo harga sih standar aja sama semua paling di beda di bonus aja, paling banter sih bonus mouse ma screen protector. pas gw samperin tuh toko dengan muka mupeng abis, eehh..barangnya ga ada…yaaah!!! dah gitu gw samperin toko2 yg laen juga sama, pilihan gw langka kali yah?? itu tuh…2930z yg bodongan alias kosong dengan prosesor dual core.

dengan sedikit tenaga tersisa, dan keputus asaan yang mendalam, gw samperin satu toko yg di display sendiri ga terpajang tuh laptop yg gw pengenin. “mas…ada 2930z ga??”

“hey..hey…2930 teh masih ada ga??” kata si penjaga nya ke temennya yg diujung…

setelah ngorek2 ampe ke bawah meja, dia berteriak “tinggal satu…!!!”

“puji tuhan…ehh…..alhamdulillah!!!” senengnya deh, lagian harganya juga sedikit lebih murah nih, emang sih rada jutek si mas nya tapi ya udah drpd ga dapet. tapi cobaan ga brenti sampe sini, pas gw tanya “mas …disini terima mandiri ga??”

dengan muka melongo sambil ngelirik ke temen sebelahnya, “bisa tapi kena charge 3%” lumayan tuh…diitungin ma si mas nya habis 200rb….Gillaaa!!!! lumayan banyak tuh...trus gw tawarin transfer aja, dia malah jawab, toko ga punya rekening, paling dikirim lewat tante tapi itu pun sebagian aja…waaah….ribet amat yah??

“mas ..tunggu bentar ya, mo ke atm dulu…”

semua duit dah gw masukin tabungan kemaren, jadi klopun diambil cuma 5 juta via atm, trus gmn yah?? gw paksain di saat bandung lagi macet2 nya, gw pacu mobil gw ke pasar baru menemui tante gw, dia katanya punya 3 juta cash (hebat!!) dah itu gw pacu mobil ini ke LaVie jl. imam bonjol karena tante gw mo beli baju anak. wiihh….pusiingg..gw takut tuh laptop keburu diambil orang, mana ga pake DP dulu…oon!!

sampe di tuh toko, dengan saku penuh duit, di kanan 5 juta di kiri 3 juta, edan ga tuh!!

langsung gw bayar, gw tanda tangan slip nya, gw minta bonusnya….cabut!!!

Alhamdulillah….

Spesifikasi :

Sistem operasi Linpus™ Linux ® Lite version
Platform Teknologi prosesor Intel ®Pentium®dual-core
Mobile intel®GM45 Express Chipset
Acer InviLink™802.11b/g
Prosesor T3200 (2.0Ghz, 1MB L2 Cache, 667Mhz FSB)
Memori sistem 1 GB DDR2 667 MHz SDRAM PC-5300, max 4GB menggunakan 2 modul soDIMM
Layar 12,1″ WXGA 1280×800 CrystalBrite™ TFT LCD
Grafis Mobile Intel Graphic Media Accelerator Chipset X3100 384MB shared VRAM
Sistem penyimpanan Disk drive 2.5″ 160 GB SATA 5400rpm
Subsistem penyimpanan Drive double-layer DVD-Super multi & Pembaca kartu 5-in-1
Audio Teknologi Acer PureZone dengan dua mikrofon internal dan mendukung audio definisi tinggi
Tombol & kontrol khusus Keyboard standard notebook ditambah perangkat penunjuk panel sentuh
Kontrol privasi Slot kunci Kensington
Komunikasi Webcam Acer Crystal Eye terpadu dengan teknologi Acer PrimaLite 1.3 Mpx Camera
WLAN : Intel®Wireless WiFi Link, Acer Invilink™ Nplify™ 802.11b/g/Draft-N
Built-in Bluetooth® v2.0+EDR (Enhanced Data Rate)
Built-in Modem ITU v.92 56K, untuk Wake-on-Ring
Gigabit Ethernet LAN
Antarmuka I/O Konektor Acer EasyPort IV
Slot ExpressCard™ /54
Pembaca kartu 5-in-1 (SD/MMC/MS/MS PRO/xD)
Port USB 2.0
Port layar eksternal (VGA)
Port headphone/speaker/saluran output dengan dukungan S/PDIF
Soket masuk mikrofon
Port Ethernet (RJ-45)
Port Modem (RJ-11)
Dimensi & Berat 304,8(L)x230(T)x35,7/42,1 (P) mm, (12×9×1.4/1.6 inchi) berat 2,04 kg
Suhu Saat beroperasi : 5°C hingga 35°C
Garansi 1 tahun pada Acer Indonesia
Software Acer Crystal Eye for Webcam
Acer Launch Manager
Acer Game Zone
Adobe Reader™
CyberLink® PowerDirector® trial version
NTI Media Maker™
McAfee Internet Security Suite 60-day trial version
Microsoft ®Works 8.5 Office Home and Student 2007 Trial

Categories: gawean gw, isi pikiran gw | 7 Comments

Post navigation

7 thoughts on “Beli laptop baru euy..!!!

  1. Mang Sholeh, ini tanggapan saya atas commentnya di blog saya =)

    Ubuntu itu salah satu contoh/macem-nya Linux. Linux itu bisa dibilang sebagai induknya, dan turunannya ada banyak sekali, dan turunannya ini juga ada turunannya lagi. Turunannya itu disebut distibusi atau disto. Tiap distro ini berbeda satu sama lain walaupun kadang ada kesamaan karena berasal dari induk dan atau turunan yang sama. Tiap distro merupakan satu kumpulan paket lengkap sebuah sistem operasi, yang terdiri dari aplikasi tampilan grafisnya, office, multimedia player, dsb. Dan setiap distro ini dirancang sedemikian rupa sesuai keinginan pengembangannya, jadi tampilan dan pengaturannya tergantung yang dibuat pengembangnya.

    Untuk test semua driver di laptopnya gada hubungannya sama driver yang udah mas instal di Vista, karena Linux tidak menggunakan driver yang sudah diinstal di Vista (misalnya laptopnya sudah terinstal Vista dan terinstal driver-drivernya), namun menggunakan driver miliknya sendiri yang sebagian besar telah ada di dalam OS Linuxnya sendiri.

    Untuk test apakah semua drivernya telah jalan dengan baik di Linux, bisa di test dengan menggunakan Linux yang bersifat Live CD (maksudnya bisa dijalankan melalui CD/DVD, tidak perlu di instal terlebih dahulu). Kalau pada saat menjalankan Live CD semua driver sudah bisa berjalan dengan baik, maka semua driver sudah terdeteksi =). Perlu diperhatikan juga bahwa tiap distro berbeda kemampuannya dalam mendeteksi driver, namun Ubuntu sudah terkenal baik mendeteksi driver dengan baik.

    Seperti yang saya tulis di blog saya, semua driver Acer Aspire 2930z sudah terdeteksi dengan baik. Kebetulan di laptop tersebut saya buat dual-boot dengan Vista, dan saya rasa performanya jauh lebih cepat dibanding Vista. Kemudian Effect 3D compiz fusion juga bisa berjalan lancar, dan yang enak ga perlu pening mikirin kena virus =)

    Informasi mengenai Ubuntu bisa dilihat di komunitas pengguna Ubuntu Indonesia di http://www.ubuntu-id.org/

    Ada juga distro Linux di Indonesia yang berbasiskan Ubuntu bernama BlankOn http://blankonlinux.or.id/. BlankOn versi terbaru berbasiskan Ubuntu 8.10, jadi kehandalannya sama dibandingkan Ubuntu, plus BlankOn telah berbahasa Indonesia dan juga ter-include semua codec multimedia sehingga bisa langsung memutar file audio maupun video (di Ubuntu codec multimedia tidak langsung disertakan karena masalah lisensi codec tersebut yang tidak free).

    Yang pasti, mas sholeh ga perlu khawatir menggunakan Linux dalam hal ini Ubuntu ataupun BlankOn, karena komunitas pengguna Ubuntu dan BlankOn bisa membantu masalah yang mas sholeh hadapi lewat milis maupun web-nya. Jadi, kenapa hari gini belum pake Linux =)

  2. Anonymous

    Mudah-mudahan ga kepanjangannya ya Mas comment-nya =)

  3. Punya mainan baru ya Dok? Apa tadi Ubuntu? Apakah semacem penyakit dalam perut?
    He2 Numpang lewat!

  4. mangsholeh

    sebenernya sihh ada rasa penasaran saya pake Ubuntu, itung2 mengahrgai produk dalam negeri drpd pake vista tapi bajakan…ceileee
    dual boot tuh 2 OS sekaligus yah???
    apa ga berat tuh??
    klo sama sekali ga ngaruh pada kecepatan sih gpp, ak jg mau dnk..

  5. Hii… Salam kenal….wilujeng nyimpang… Bandung euy.. sempat punya mimpi tinggal di Bandung. Tapi sampe hari gini belum kesampean. Masih dingin khan…? Kalo ke jakarta mampir lah ke rawamangun. Kita khataman baren….

  6. mangsholeh

    kmrn bru dr jjakarta ngurus2 STR ke menteng n ke depkes. nyasar2 juga..di kota besar, serasa anak ayam nyari emaknya..
    rawamangun?? di tmpt pak wahfi khan??
    waduh….ntar nyasar lagi….

    makasih dah mampir mas…

  7. Hoh, make nyasab sagala euy…. Bandung mah dulurna Jakarta, isin atuh make nyasab…he..he.. Tos tiasa ayeuna koment di blog kuring. Salah setting euy, teu ngahaja nga-klik Unpublish. Hayo atuh ka rawamangun. Unggal sasih oge dianjangan ku KH. Nur Anom Mubarok. Bade….?

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

