Ikutan ACLS

akhir pekan ini gw berada di ibukota kita tercinta Jakarta dalam rangka mengikuti ACLS alias Advance Cardiovascular Life Support atau bahasa awamnya pertolongan pertama pada penyakit jantung. Kursus ini berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 16-18 januari 2009. Alasan gw ikut kursus ini disamping emang dibutuhin banget untuk syarat sekolah spesialis, juga didasarkan atas kepenasaran gw atau bisa dibilang gw haus ilmu nih…karena kasus jantung sangat sering gw temui di praktek sehari-hari.

gw berangkat kamis tanggal 15 barengan temen2, semua 9 orang, cowok 3 org, gw, rahman, irfan. yang cewek 6 orang, tdd : Ika, Ega, Anna, Ayu, Widya, Rinceu. make 3 mobil, mobil gw, irfan n rakhman. sekitar jam 4 berangkat nyampe bendungan hilir jakpus jam 7an, perjalanan sih lancar, cuman pas nyari jalan masuk benhil nya yg susah, sempet nyasar 2x, berpacu di tengah sesaknya jalanan liar ibukota, mobil-mobil plat F, D dan Z pun melesat, menikung menuju tujuan!!

tanya sana sini….(si Bulu/Rakhman sih yg nanya nya) akhirnya ketemu juga PERKI House. sekilas seperti suara batuk si tukul…Uhugghh..pekiii!!!! padahal ini singkatan Perkumpulan Dokter Kardiovaskular Indonesia yg isinya dedengkot perjantungan IndonesiašŸ˜‰

suasana Skill Station, dengan "korban" tergeletak diatas meja. dr. Heru SpJP kanan depan tuh!

gedungnya sih bagus bgt, minimalis tapiĀ  megah…terletak di jalan Danau Toba, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. tepat sebelah RS AL Mintoharjo. Dah itu, kita nyari tempat nginep deket situ, nemuin Wisma Tirta 1, deket situ juga, jalan pejompongan kalo ga salah. cuman 150rb semalem. enak sih cuman tanpa aer panas…aer dingin???ya pasti lah..jangan tanya!!

setiap hari acara mulai jam 7.30, hari pertama diisi ma acara :

1. BLS Algorithm

2. Bradikardi / PEA / Asystole / VF / Pulseless VT

3. Pharmacology

4. ischemic Chest Pain / ACS

5. Airway management

6. Skill station

– Arrhytmia recognition

– BLS / PEA & Asystole

– VF / Pulseless VT

– Airway Management

Hari kedua diisi ama acara :

1. Acute Pulmonary Oedem, Hypotension & Syok

2. Tachycardia Algorithm

3. Megacode Team

Hari kedua diisi ma Post test n ujian!!

setiap hari di ujung pertemuan selepas makan siang, diadakan praktek Skill Station, mraktekin skill yg dah dipelajari sebelumnya. ampe lancar!!

sementara yang lain ujian, kita pada nunggu di luar, sekedar ngulang2 materi.

pas hari kedua ada Megacode, yaitu praktek skill make skenario lengkap mulai dari korban ga sadar ditolong ampe korban kembali hidup (ampe nadinya teraba lagi), di rolling jadi setiap orang kebagian jadi Captain (pemimpin team). untung kelompok gw kebagian instruktur ma dr. Heru Sp.JP, baek banget!!!! mana kocak abis lagi dengan logat jakartanya….TEam gw terdiri dari Ega, Anna, Gw, Ayu, Andreis. Dokter Heru sabar banget ngebimbing kita yang oon ini, ampe bener bisa lho…..diulang lagi….ulang lagi…ampe d luar kepala (alias lupa).

Kelas sisanya dipegang ama dr. Farial Sp.JP. tampak menegangkan karena emang beliau lebih tegas dan lebih menyeramkan (itu kata anak-anak). masing-masing instruktur megang 3 kelompok.

pas hari ujian, bener bener menegangkan banget, diawalin ma posttest, masih bisa nyontek lah!! tapi diterusin ma ujian skill, tapi beruntung, pengujinya masih sama ma yg kemaren skill station!! wiiihhh…asyikkk bener…emang sih sedikit lebih kaku dibanding kemaren (yaaa iyalah….namanya juga ujian…) tapi masih bisa becanda ma dokter heru nya….

siangnya sekitar jam 13.30 mulai deh diumumin dan dibagiin amplop….ada 2 opsi di amplop itu, dapet sertifikat atau dapet surat undangn untuk mengulang alias ga lulus!! tambah aja tegang….liat di depan amplop itu dibagi 2, apakah itu berarti tumpukan yg satu lulus yg lainnya ga lulus??? waaah…tegang lah…

pas gw dipanggil…gw buru-buru ke depan….ambil tuh amplop, salaman ma beliau2 itu….pas dibuka…gw dapet …..SERTIFIKAT…Alhamdulillah..!!!!

masing-masing juga dapet Pin ACLS, lumayan buat dipasang di jas.

Bangga banget lah bisa lulus, karena dengan demikian, gw diakui secara internasional sebagai pemegang skill ACLS…ehm..ehm…

Categories: gawean gw | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: