laporan manakib suryalaya februari 2009

kemaren kamis sepulangnya gw dr bandung, gw bawa kalender suryalaya yg baru (2009), pas gw buka, gw liat jadwal manakib bulan februari tuh kapan yaah???? ternyata tanggal 7, hari sabtu. waahh..ngedadak banget!! gw cek jadwal gw, ternyata hari itu gw dinas sore. Alhamdulillah….bisa juga nih..cabut ah!!

seperti biasa, gw ajak pak nurul ma ibu untuk turut serta, dia pun okay aja, kecuali pak nurul yg ga bisa ikut coz jadwal ngajar yg full hari itu. sebenernya kang jajang dah sms gw sebelumnya pake esia ke halo gw, gini nih…

“NeedTmptParkir?”

gw jawab “ Punten, ieu kang jajang?saya besok mau manakib. pesen tempat parkir yaa.mobilnya sedan jadi ulah nu aprak2an, tolong siapkan ya.bls!”

“Yes,it’sMe.Siap”

memang sih waktu manakib bulan januari, gw sempet minta tempat parkir di sebelah rumah dia, gw minta tolong blokir aja pake batu kek biar org ga parkir disitu. (rumah kang jajang emang sebelah tempat parkir).

setelah bangun kesiangan gara2 malem bobo jam 01.30, gw mandi, trus meluncur deh jemput si ibu, nyampe suryalaya jam 8an. bingung cari tempat parkir dapetnya di atas, yo wiisss…nelp kang jajang, dia nya dah di BMT depan Madrasah.

ini ruang makan madrasah abah, ini mungkin untuk tamu istimewa kali yah? di dinding tergantung foto abah..

klo bawa si ibu mah enak, kita bisa diemnya di dalem rumaha akang haji dudun, ga usah berdesak2an di luar. sowan dulu donk ma kang haji, eeehhh….dianya masih kenal tampang gw rupanya…senenngnya!!! serasa diaku..hehe..suasana hening, tampaknya lagi baca Tanbih nih, suara dari mesjid terdengar jelas di rumah karena emang disiarin langsung ma radio Inayah, radionya suryalaya, so cukup puter channel aja pk tape nya kang haji.

keheningan terasa banget disaat pembacaan Tanbih yang merupakan wasiat dari Abah Sepuh Syekh Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad. akang haji tampak tertunduk, mata terpejam, bukan tidur melainkan meresapi setiap arti kata Tanbih itu. telapak tangannya terlipat satu sama lain dan bergerak dengan irama cepat, bukan penyakit parkinson atau tremor yaa melainkan lagi jalanin dzikir khofi. kadang telapak kakinya yang bergerak cepat menandakan hal yang sama.

ini ruang tv akang haji dudun, yang depan baju coklat sebelahnya baju putih adalah teteh istrinya akang haji. di atas tangga tergantung foto keluarga beliau

hadirin tamu yang hadir di dalam rumah pun ga ada yg bersuara, malah si ibu terdengar nangis, begitupun juga ibu-ibu depan gw. selepas pembacaan tanbih dilanjutkan dengan pembacaan Manakib Syekh Abdul Qodir Jaelani, yang dibaca kalo ga salah Manqobah 24 ma 26. setelah itu barulah suasana cair, dengan acara yg berlanjut ke ceramah atau khutbah manakib yg gw ga tau disampaikan ma siapa.

saat itu lah, akang haji mulai sibuk menerima tamu yang memohon doa restu dengan segala maksudnya, tentu saja bawa air mineral dalam botol untuk didoakan ama kang haji. bibir kang haji mulai komat kamit baca doa dan telunjuk tangannya menempel ke mulut botol. berulang kali hal demikian dilakukan dengan tamu yang berbeda-beda.

sowan ma akang haji...tuh liat di dinding tegantung lukisan abah sepuh

sedangkan gw dah dari tadi sowan ma beliau n tentu saya menyampaikan maksud saya, permohonan saya…dijawab ma akang haji….Insyallah….!! amiennnn….cup cup cup….gw cium tangannnya.

selepas acara, mulailah tamu dipersilahkan makan di dapur, ingat yaa…bukan tamu yg di dalem aja lho….jamaah yg dateng pun bebas makan disini, so jangan kaget kalo terbentuk antrian yang sangat panjang, yang kalo dipikir2 ma kepala kita…apa mungkin bisa cukup tuh ngasih makan orang beratus-ratus itu??? inilah yang namanya barokah….Allah lah yang Maha pemurah yang memberikan setiap makanan bagi hambanya!!

tuh liat...banyak banget khan yg antri makan????lumayan lho ma gule n kambing goreng n capcay..mmmm..yummy..

antrian ini ga hanya di rumah akang haji lho, di dapur madrasah (rumah abah) juga dibagikan makanan, prasmanan dengan menu seadanya, ga cuma lagi manakib, malem sebelumnya juga suka dibuka pembagian makanan seperti ini untuk jamaah yang jauh yang dah dateng di suryalaya ini. bisa jadi jumlahnya jamaah 3000 lebih. kebayang khan berapa banyak bahan makanan yang dipakai. sungguh barokah!!! orang kaya pun belum tentu bisa kaya gini. ini abah lho…hanya ajengan, kyai, bukan konglomerat gudang duit..soo…“Nikmat mana lagi yang hendak kau sangkal”.

di balik pintu ini adalah ruang tv tempat abah berdiam di hari biasa.

slesai maem, gw pamit ma kang haji n teteh (istrinya), berlanjut untuk sowan ma Pangersa Abah Anom, tapi di luar dah antri banyak orang buat sama-sama sowan ma abah. waahh…bakal berebutan nih. tapi kalo ama ibu nurul mah bisa lewat belakang, lewat dapur, biasanya sih bisa tapi pas ketemu ma kang ikam (bodyguard abah), katanya dah dikunci dari dalem.waah gmn atuh…?? trus disaranin buat ikut masuk dari luar aja, inta ijin ma yg jaga. trus kita ikut aja ma orang padang, trus nyelinap masuk lewat exit door, langsung disuruh antri di dalem.

disitu terlihat abah terduduk di kursi nya, gw cuma bisa bilang dalam hati “Assalamualaikum yaa habiballah…” “Assalamualaikum abah….”.

orang orang silih berganti mencium tangan abah yang terbalut sorban (supaya ga batal), mungkin seorangnya cuma 1 detik aja, gw juga ga sempet lama2 yang penting diusapkan ke kening trus cium tangannya… Alhamdulillah diberikan kemudahan ma Allah.

udah deh…. pulang kita!!! si kang jajang sms bilang, dia dah di rumah!!! tadi si habib minta difoto ma sapi di depan yayasan tapi gw masih sibuk ma makanan di rmah akang haji. gw jalan dulu liat orang dagang mo beli tasbeh yang jumlahnya 165, coz punya bgw dipake ma maama. dapet deh dengan harga hanya 10rb saya, dari kayu itam, ga usah bangus yang penting kepake.

ini yg antri mo sungkem ma abah, SBY mah lewaat..

pas mo pulang, liat di jalan masih macet banget nih….waahh sambil nunggu sedikit kosong, gw telp kang jajang biar nyamperin kita…

“ditunggu depan praktek dokter eri yah….” kata gw..

muncullah dia dengan kumis n jenggotnya sambil mangku si habib anaknya, dah gede yah…kesian, kok mirip bapaknya??? kita duduk dulu bentar sambil foto buat dikirim ke Aya, temen kita yang di jakarta. bikin dia ngiler pengen ikut ke suryalaya..hehe…

dah itu, pulang deh setelah sedikit ngasih uang jajan buat habib…Alhamdulillah..

masih kurang banyak???nih antrian sebelah kanan..

smileeee....say "kejuu.."

Categories: Tarekat Qadiriyah Naqsybandiyah | 11 Comments

Post navigation

11 thoughts on “laporan manakib suryalaya februari 2009

  1. maca cih foto di manakib buat dikirim ke aya????
    tp kok ga nyampe2 yah…

  2. mangsholeh

    oh ga nyampe yah??
    sumpah demi Allah nya jg dah dikirim…depan kang jajang lg…ada apa yah??kok g nyampe…

  3. aya

    gitu yah…
    gpp kok!

  4. mangsholeh

    ko km jrg OL bu??? knp??marah yah??

  5. sayang kalee, si habib matanya …😥 manaqib bulan depan ketemu lagi ga ya… saya mungkin di bogor. do’akeun nya!

  6. aya

    buat juragan, aya seneng deh bisa kumpul2 lagi di blog..

    buat mang sholeh, makasih untuk resep obat sakit telinganya si imam.. he’s got much better now!! tx 2 u so much..

    buat laskar TQN, persahabatan qt ini akan slalu dan harus slalu baik2 aja… ga usah dikotori dgn hal2 yg malah bikin jauh… ok.. just be as the way we are!!!

    miss u all..

  7. Pingback: Arti 50rebu Buat Ikhwan TQN « CORETAN U-Je

  8. mangsholeh

    alhamdulillah atuh kl emg bantuan sy bs kpake bt aya n imam.mdh2n seterusnya sehat wal afiat g ad kekurangan 1 apapun…amien..
    kl ad ap2 ….sms aj atau telp,jgn sungkan..

  9. aya

    ok dok… siap berangkat!!

    standby 24 hours a day, 7 days a week kan??

  10. mangsholeh

    siap bu!!

  11. ardy

    Taushiah Sesepuh

    PONDOK PESANTREN SURYALAYA
    Desa Tanjungkerta – Kecamatan Pagerageung 46158
    Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat – Indonesia
    Telp. (0265) 454830-455801 Fax. (0265) 455830

    M A K L U M A T

    TELAH BERPULANG KE RAHMATULLAH

    H. DUDUN NURSAIDUDDIN. Ar
    Putera pertama K.H.A. SHOHIBULWAFA TAJUL ARIFIN, ra. (Abah Anom)

    Pada hari Minggu, 16 Mei 2010 M / 02 Jumadil Akhir 1431 H pukul 23.00 WIB. (Waktu Indonesia Bagian Barat) di Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya.

    Sesepuh dan Keluarga Besar serta ikhwan TQN Pondok Pesantren Suryalaya turut Bela Sungkawa, dan mendo’akan semoga Iman, Islam, Ihsan serta amal ibadah almarhum diterima oleh Allah Swt. Amin.

    Kepada keluarga yang ditinggalkan, semoga Allah SWT. memberikan kesabaran dan kekuatan lahir bathin dalam menerima musibah ini.

    Kepada para ikhwan TQN Pondok Pesantren Suryalaya, supaya dapat melaksanakan shalat Ghaib, tahlil serta do’a-do’a yang lainnya untuk almarhum.

    Suryalaya, 16 Mei 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: