nyawa ke 4 yang melayang di tanganku..

jadi cerita nya gini, sore ini gw jaga sore, dari siang pasiennya bisa dibilang blm ada lah, maksudnya pasien UGD lho….kalo pasien poli mah ada dikit. tiba2 jam 4 datang pasien dengan kursi roda. dia mengeluhkan barusan pingsan di dept. store Yogya. katanya sebelumnya dia mengeluh nyeri dada yang menjalar ke punggung.

Langsung gw instruksikan buat EKG untuk mendukung diagnosa gw yang mengarah kepada iskemi. Pasien itu laki2 berumur 48 tahun, beliau dengan sabar membuka jam ttangan n gelangnya, tidak tampak tanda nyeri dada ataupun sesak. TD:160/100 (katanya biasa 140an), nadi gw raba sedikit lambat. dari hasil EKG didapat tanda infark, trus ritme jantung reguler dengan denyut 60x/mnt. gw siapin Fasorbid 5 mg, blm jg diminum…

Tiba-tiba….pasien kayak yg kejang dengan tangan keras, mata melotot, wajah memerah. Untung udah kepasang sebelumnya oksigen 4L.mnt gw naikin aja 6 L/mnt dengan mengganti kanul dengan Non Rebreathing Mask. ga nyampe 1 menit kejadian itu, dia langsung terdiam, wajah masih memerah, ga tampak nafas,waahhh…apneu nih…!! dipanggil ga ada respon…ambil ambu bag, push…dada mengembang. liat dada masih ga beranjak, apalagi kerasa di pipi jg ga. terus gw raba nadi di lengan ama di karotis leher. ga keraba jugaa……gw auskultasi, ga kedengeran..

Pusing gw…tandanya jelek nih…!!! langsung gw instruksikan perawat pasang infus trus injek adrennalin 1 mg…mulai deh CPR sebanyak 30 : 2 selama 2 menit. trus cek lagi…..masih ga ada nadi…CPR lg, masuk atropin 1 mg…(di sini ga ada monitor yah..) cek….msh ga ada juga….CPR lg……lumayan keringetan, gw ampe naek ke atas tempat tidur..ada respon, dia batuk, terdengar gurgling, langsung suction lewat mayo yang sebelumnya sudah terpasang. cek nadi…ilang lagi….langsung aja CPR….cek nadi….ga ada, adrenalin 1 mg..CPR lg…sejak itu ga lagi terdengar dia merespon resusitasi gw.

gw cek reflek pupil dah negatif, akral dingin, gw masih ga yakin…cobain lagi…masuk atropin 1 mg, CPR…cek nadi…adrenalin 1 mg….cek nadi….atropin 1 mg…cabut mayo trus gw pasang ETT (masih kuno, warna oren hehe)..CPR lg…cek…adrenalin 1 mg….cek nadi…masih jg ga ada….gw dah mulai putus asa. auskultasi deh…ga kedengeran, sambil terus pumping ambu bag, gw instruksi pasang EKG. dari bunyinya aja dah flat line. pas di print…bnr aja!!

gw masih ga percaya….cek alat n elektroda….beres!!! rekam lagi…masih flat juga..

ya udah…beresin deh….gw kabarin keluarga yang penuh harap diluar yang disambut dengan tangisan histeris!!!benar2 miris gw dengernya!! langsung gw ke poli buat ngurusin pasien yang sempet terlantar gara2 kasus ini. eehhh…blm sempet ngeresepin, gw dipanggil ma perawat. disana 1 co keluarganya dia bilang bahwa dia masih merasakan di pipinya nafas si bapak. gw yang agak kepancing emosinya gara2 ngomong si mas yg terkesan ga percaya. gw auskultasi lagi, sambil listen n feel. msh aja tetep kaya yg tadi… biar pasti gw suruh EKG lg dpn kluarganya…hasilnya malah sama aja yaitu flat, mulai dr situ mereka baru percaya bahwa mereka dah ditinggal suaminya, ayah, saudara, paman mereka.

padahal sebelumnya dia masih bisa ngomong biasa aja, malah gw sampe auto anamnesa ma dia. eeehhh dalam itungan jam, nyawa dia diambil. mana kata satpam disini yang ternyata tetanggan ma bapak ini, bilang bahwa si bapak emang dikenal luwes, baik n ramah. makanya banyak yang ga nerima kenyataan dia meninggal.

tapi buat gw, yang bisa diambil hikmah dari kejadian kali ini adalah:

1. seharusnya gw sertakan 1 anggota keluarga yang menyaksikan proses CPR, agar bisa menjadi saksi mata tindakan kami.

2. gw bisa praktekin ilmu ACLS gw

3. seharusnya gw informasikan penyebab kematian, gw cuma jelasin proses yang dah kita lakukan dalam rangka penyelamatan si bapak tanpa menambahkan informasi tentang penyebab kematian, …..eh gw bilang denk ma 1 anggota keluarga nya . tapi masih kurang kayaknya, supaya ga terjadi info yang simpang siur yang nantinya merugikan RS.

gw akuin itu salah gw, tapi gw jg ga sepenuhnya salah coz gw dah ngelakuin semua sesuai prosedur..

Categories: gawean gw | 8 Comments

Post navigation

8 thoughts on “nyawa ke 4 yang melayang di tanganku..

  1. Gile bener…. kebayang gimana sibuknya waktu itu, kayak di felem aja. Nanti mah kalo ada waktu, ngeliatin ah, gimana kerjanya mang soleh๐Ÿ™‚

    Lagi di Inabah7 Rajapolah nih. Ada warnet deket inabah. sya baru masuk dzuhur tadi tapi bukan karena pemake lho๐Ÿ˜†

  2. sofie

    hai kang, kenalin saya sofie anak fk unjani 05..wah saya ga sengaja googling ternyata ada juga blog yang ditulis dr lulusan unjani hihihihihi..๐Ÿ˜€ great stories..

  3. mangsholeh

    kang…msh pelatihan aj nih??bkl jd org sibuk nih.mdh2n manakib bsk bs ktm lg y…yg bln ini khan jatoh d hr mggu.mana muludan jg khan?

    @sofie
    met knal jg y neng sofie..atau kl d film “the da vinci code” dsebut P.S princess sofie.hehe…
    mksh dah maen kemari.tetep ikut jd pembaca setia y…insyallah bakal terus ad cerita baru. karena pembaca lah alasan seseorg untk trus menulis…
    N.B : ksh tau tmn2 yg lain y.. hehe…

  4. itu dah cukup sangat buktiin klo kita cuma bisa usaha ya om..
    semua hasil tetep preogratifnya Allah.
    lanjut terus mas..

  5. mangsholeh

    ngutip dr kata2nya dr. Sp.B
    “qta tuh blajar dr kesalahan qta…”

  6. sofie

    kang ada fb ga?? kalo ada ta’ add deh.

  7. sofie

    kang ada fb ga?? kalo ada ta’ add deh.๐Ÿ˜€

  8. mangsholeh

    fb bisa d add di faisal reza adieb
    search aja….oke!!
    ditunggu!!

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

