Keistimewaan Quwai al Qorni 2

Waktu terus berlalu, peristiwa demi peristiwa silih berganti. Setelah Nabi Muhammad saw wafat, tampuk kepemimpinan digantikan oleh Sayyidina Abubakar Assidiq, demikian pula setelah Sayyidina Abubakae Assidiq wafat, sebagai amirul mu’minin diserahkan pada Sayyidina Umar ibnu Khotob, seorang sahabat yang dikenal sangat zuhud dan disiplin serta sangat takut kepada Allah swt. Pada masa-masa itulah Sayyidina Ali bin Abutholib teringat akan pesan Rosululloh saw mengenai pemuda Yaman yang bernama Uwais Al-Qorni, yang oleh Nabi saw disebut sebagai “penghuni langit“. Maka Sayyidina Ali r.a. segera menyampaikan hal itu kepada Sayyidina Umar r.a.

Maka sejak saat itu mereka selalu berupaya untuk bertemu dengan Uwais Al Qorni. Sehingga setiap ada kafilah-kafilah yang datang dari negeri Yaman, kedua sahabat Nabi tersebut selalu menanyakan tentang Uwais Al-Qorni, “apakah ia ada bersama mereka” ?. Namun sampai beberapakali rombongan pedagang dari negeri Yaman itu datang dan pergi, silih berganti tidak sekalipun kedua sahabat Nabi tersebut menemukan Uwais Al-Qorni di antara mereka.

Putus asa dan mudah menyerah bukanlah sifat para sahabat Nabi. Demikian pula dengan Sayyidina Umar dan Sayyidan Ali, mereka tidak pernah berhenti mencari dan menanyakan Uwais Al-Qorbi di antara kafilah unta dari negeri Yaman itu. Sampai suatu saat datanglah kafilah dari negeri Yaman, sebagaimana biasa meraka membawa unta untuk mengangkut barang dagangannya, dan rupanya kali ini Uwais Al Qorni turut serta dalam rombongan tersebut, ia bertugas mengurus dan merawat unta-unta milik para pedagang tersebut. Maka ketika Sayyidina Umar dan Sayyidina Ali r.a. menanyakannya, salah satu dari rombongan tersebut mengatakan bahwa orang yang selama ini selalu ditanyakan ada di perbatasan kota. Ketika mendengar jawaban tersebut, maka kedua sahabat Nabi ini segera pergi menemui Uwais Al-Qorni.

Setelah berada di depan kemah tempat Uwais berada, mereka memberi salam, dan tidak lama kemudian keluarlah Uwais Al-Qorni seraya menjawab salam sambil mengulurkan tangannya untuk berjabat tangan, sewaktu bersalaman Sayyidina Umar r.a. dengan segera membalikkan telapak tangannya, untuk mengetahui kebenaran yang dikatakan oleh Nabi, dan ternyata tanda putih pada telapak tangan Uwais Al-Qorni itu benar serta wajahnya tampak bercahaya. Kemuadian kedua sahabat Nabi ini menanyakan namanya, maka dijawab nama saya “Abdullah”. Mendengar jawaban Uwais, mereka tertawa dan mengatakan “kami juga Abdullah [hamba Allah], tapi siapa nama yang sebenarnya”. Kemudian dijawab “Uwais Al Qorni”.

Dalam pembicaraan, Uwais Al-Qorni menceritakan bahwa Ibunya telah meninggal dunia, karena itulah kini ia dapat ikut bersama rombongan kafilah dagang berkeliling mengunjungi negeri lain. Kemudian Sayyidina Umar dan Sayiidina Ali r.a. mohon agar Uwais Al-Qorni bersedia membacakan do’a dan istighfar untuk mereka berdua. Semula Uwais menolak dan berkata “Sayalah yang seharusnya meminta do’a kepada kalian”. Mendengar perkataan Uwais, kedua sahabat Nabi berkata “Kami datang kesini untuk memohon do’a dan istighfar dari Anda” Karena didesakan maka Uwais Al-Qorni pun mengangkat kedua tangannya untuk berdo’a dan membacakan istighfar bagi Sayyidina Umar dan Sayyidina Ali r.a.

Setelah Uwais selesai membaca berdo’a, Sayyidina Umar r.a. berjanji akan menyumbangkan uang negara dari Baitul Mal kepada Uwais, untuk jaminan hidupnya. Namun segera saja Uwais Al-Qorni menolak dengan berkata “Hamba mohon supaya hari ini saja hamba diketahui orang, untuk hari-hari selanjutnya – biarlah hamba yang fakir ini tidak diketahui orang lagi”. Setelah itu merekapun berpisah dan saling mengucapkan salam.

Categories: Tarekat Qadiriyah Naqsybandiyah | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Keistimewaan Quwai al Qorni 2

  1. rerere
    erer ere

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: