Takabur on the street

Judul ini gw copas dr blog seorang rekan yg menceritakan hal yg serupa,namun gw coba bt telaah lbh dalam lg dr sudut pandang seorang mang sholeh.

Takabur adalah salah satu dari byk sifat buruk manusia, sebuah penyakit hati yg akan menggerogoti amalan ibadah seorang manusia. Seringnya manusia tidak merasakannya, melainkan sebuah kewajaran semata. Tapi karena itulah, takabur wajib untuk kita waspadai sebagai bahaya laten…

Gw juga manusia biasa, gw akui sering gw merasa takabur, ga terhitung lagi ucapan istigfar saat menyadarinya. Di setiap keadaan, kondisi manusia, banyak celah yg bisa diselusupi oleh syetan untuk menjatuhkan manusia. Naudzubillah.. Bisa itu karena harta, sifat maupun kondisi yg kita anggap sebagai kelebihan kita dbanding orang lain yg pada akhirnya menjerumuskan kita kedalam lubang Dosa takabur.

Hobi gw bersepeda, dan dari menyisihkan sedikit tabungan akhirnya gw alhamdulillah bisa mempunyai beberapa sepeda yg memang tidak murah. Terlepas dari harga sebuah sepeda itu mahal atau murah, tapi bentuk fisik sebuah sepeda lipat yg unik itupun bisa membuat kita terperangkap pada sifat riya dan takabur. Bagaimana tidak, setiap gowes kemanapun, selalu saja menarik perhatian orang,minimal orang melirik atau bahkan seringnya ditepukin ama anak2 kecil…hadeuhhh..serasa artis dah!!

Naah…perasaan seperti artis inilah yg akhirnya menjebak kita kedalam sifat riya,ingin dipuji..gimana kerasanya??gimana sadarnya?? Saat orang ga merhatiin kita, trus hati kita bertanya “kok ga pada merhatiin?” naah saat itulah sebenarnya terlihat…terrnyata kita riya selama ini…astagfirulloh..

Coba deh anda resapi renungkan, saat anda berkendara motor anda nan bagus, nan elok, atau saat anda berjalan dengan tas baru, atau saat anda berjalan dengan setelan baru, atau saat anda beres renovasi rumah atau saat anda baru mendapatkan amplop atau saat anda baru mendapatkan kiriman pizza hut, J.Co? Begitu banyak khan celah nya??

Sebetulnya jika ditelusuri lebih jauh lagi, pasti ada latar belakang di setiap sifat riya dan takabur ini. Gw sering melihat di foto profile bbm gw, temen2 yg masang foto rumah yg lagi dibangun,temen2 yg pose didepan mobilnya,atau bahkan memasang foto anaknya,semua lengkap dengan status yg menjelaskan foto tersebut.gw cm memaklum aja,gw pikirkan bahwa mereka bangga akan pencapaian mereka, biasanya mereka berjuang dari nol,atau bahkan berasal dari latar belakang masa kecil yg bertolakbelakang dengan status mereka sekarang..sehingga mereka membagikan kebanggaan mereka bersama rekan lainnya, saya g tau apakah ada niatan riya atau takabur juga,wallohualam..

Hati hati, apa yg kita miliki sekarang hanyalah titipan Alloh semata, titipan yg Alloh serahkan untuk kita urus sebagai tanggung jawab kita, juga sebagai ladang amal sekaligus kunci neraka. Kenapa gw bilang kunci neraka?? Karena jika kita tidak pandai mengelolanya sehingga kita malah terjerumus dalam suatu riya dan takabur,maka tentu neraka telah menunggu kita. Idealnya harta kita gunakan sebagai kendaraan untuk mencapai keridloanNya mencapai mahabbah Nya seperti yg dijelaskan oleh Syaikh Abdul Qodir Jaelani.

Bangga terhadap anak kita, merasa bahwa anak kita palinglucu sejagad raya, adalah suatu kewajaran pada diri orang tua,meski secara logika pastinya banyak yg lebih lucu dari anak kita,terlalu berlebih dalam memujinya akan berefek tidak baik bagi psikologis si anak sekaligus menjadi celah syetan untuk masuk ke dalam hati orang tuanya..hati2 akan riya dan takabur…bersihkan hati kita darinya…sebelum muncul keinginan untuk riya dan takabur,dahului dengan dzikir khofi sambil menundukkan pandangan, atau langsung istigfar…

Mudah2an menjadi pencerahan bagi kita semua….amin…

Categories: isi pikiran gw, its my life | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

