Inilah rumah untuk kita

Belajar dari kutipan ilmu yang disampaikan oleh Al Arif billah ust. Muhammad Arifin Ilham, gw mendapatkan semacam penguatan niat gw dalam menentukan tujuan hidup gw kedepan, tujuan hidup gw d dunia yang sementara ini.

Rumah bagi org beriman bukan hanya untuk berteduh, tempat tinggal keluarga apalagi hanya untuk status sosial, org beriman itu tahu persis TUJUAN HIDUP yg sebentar ini, inilah diantara fungsinya, fungsi rumah bagi org berIman diantaranya, 1. “Al musholla” rumah ibadah untuk meraih ridho ALLAH, Hal ini tentu berhubungan dengan bagaimana niat awal kita membentuk sebuah keluarga, menjadikan keluarga sebagai “dunia kecil”, sebagai ladang amal mulai dari membuka mata di pagi hari sampai saat menutup mata di malam hari. Mencari ridho Alloh dalam keikhlasan baik istri maupun suami.

2. “Al Madrasah”, ayah ibu gurunya, anak2 menjadi muridnya, Alangkah indahnya jika setiap selesai sholat magrib,selepas suami bersama anak laki2 berjamaah di mesjid, bersama2 mengaji dan sedikit mengulas isi dari ayat yang telah dibacakan. Sembari menunggu waktu isya, membahas fiqh sehari2, memperbaiki, saling mengingatkan atas kekurangan2,sekedar review akhlak kita pada hari itu.

3. “Al Junnah”, benteng penjagaan iman keluarga & benteng dari penyakit sosial, Inilah yang harus menjadi titik utama pembinaan akhlak keluarga. Sebagaimana diketahui, dalam hadits dikatakan bahwa sebaik2 umat adalah generasi sahabat, lalu kemudian generasi tabi’ , lalu generasi tabi’in, dan seterusnya…jadi semakin kesini, kualitas umat akan semakin mengalami penurunan. Melalui pencontohan yang dilakukan ayah ibu disertai ilmu fiqh akhlak akan menghasilkan anak dengan akhlak sebaik “cetakan”nya.

4. “Al maskanah”, pelipur lara & pelepas duka untuk ketenangan, begitu lelahnya suami dalam mencari nafkah untuk keluarganya,sesampainya beliau di depan pintu rumah langsung disambut dengan senyuman hangat sang bunda yang sebelumnya telah berdandan dengan begitu cantiknya. Rasa capek pun langsung berkurang, apalagi disambut anak anak yang bertingkah begitu lucunya,menimbulkan senyum di muka yang lelah.

5. “Al Maulud” tempat memperbanyak keturunan umat nabi Muhammad, hal ini sudah tidak bisa diganggu gugat dan tidak perlu diperjelas lagi…hehe

6. “Al Markaz”, mempersiapkan generasi dakwah yg tangguh, setelah menempa diri sendiri, lalu menempa diri anak anak kita dengan berbagai ilmu syar’i yang mumpuni,maka akan menjadikan anak kita seorang “mubaligh” yang handal. Janganlah kita berfikir mubaligh seperti uje atau zainuddin mz alm. Tapi setidaknya menjadi mubaligh bagi diri sendiri dan teman2nya, sekedar tahu apa yang baik dan tidak baik dan berani bersuara membela yang baik dan benar.

7. “Al mahyaus sunnah” u menghidupkan sunnah sunnah Rasulullah saw, cara makan, minum, adab hubungan suami istri dsb.

8, “Al Marham” forum liqo, silaturrahmi dengan tetangga & sahabat mu’min, jadikan rumah kita sebagai rumah yang terbuka. Berbagai macam tamu datang mengunjungi, teman, sahabat, tetangga, ummat. Jadikan rumah yang hangat, tempat yang terbuka dalam bertukar fikiran, dalam memecahkan masalah sosial. Makanan hangat selalu tersedia. Sepiring nasi dan penganannya selalu ada untuk menjamu tamu. Dengan demikian, rumah kita akan selalu terasa hangat.

“Allahumma ya ALLAH jadikanlah rumah kami, rumah yg penuh dg RAHMAT BERKAHMU…aamiin”.

Categories: isi pikiran gw, its my life | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: