Kesabaran dan kesetiaan di ruang yang bernama hemodialisa

20120302-091959.jpg

Hari ini adalah hari kedua gw mengikuti pelatihan teknik hemodialisa. Hemodialisa adalah suatu metode kedokteran yang menggantikan fungsi ginjal yang udah rusak bahkan tidak berfungsi lagi. Dikarenakan fungsi ginjal yang sebegitu pentingnya, sehingga manusia ga bisa hidup tanpanya, klo dah rusak, yaa mau ga mau harus bergantung pada alat hemodialisa sebagai pengganti ginjalnya.

Satu hal yg selalu gw pikirkan ketika menangani pasien gagal ginjal. Yaitu kesabaran…kesetiaan…yang ditunjukkan oleh pasien. Kesabaran, karena memang selama sisa hidupnya, pasien harus terus dicuci darah ( begitu istilah awamnya), bersabar atas ketergantungannya, bersabar atas ketidaknyamanannya selama dicuci darah, kesabarannya menghadapi setiap keluhan yang muncul karena penyakitnya. Insyaalloh sesuai janjiNya, mereka ini adalah golongan yang dihapus dosanya, ditinggikan pahalanya, dan diijabah doanya. Subhanalloh…

Kesetiaan…ditunjukkan oleh suami/istri yang dengan setia nya menunggui pasangannya baik disaat dia segar bugar maupun saat tertimpa serangan yang begitu payah. Setia menyuapi makan, karena kedua tangan pasangannya begitu lemah untuk mengangkat sendok sekalipun. Setia memijat kedua betis nya yang kram karena lamanya berbaring di tempat tidur ruang hemodialisa. Setia mengurut kening saat pasangannya pusing. Mengelap keringatnya saat kegerahan… Subhanalloh…begitu mulianya, benar seperti istilah itu..setia sampai akhir hayat, disaat sehat maupun sakit, sampai maut menjemput.

Surga menanti anda….asalkan anda bersabar…

Categories: gawean gw, isi pikiran gw, its my life | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: