Idul adha 2012

Lebaran haji kali ini berbeda dibanding biasanya..apanya yg beda?? Banyak yg berbeda…ada yg bagus, ada pula yg ga bagus..apaan tuh? Penasaran yaa??

Diawali pagi hari H, bertepatan dengan hari jumat, merupakan hari yang pendek yg mana menjadi pertimbangan panitia kurban di tempat gw untuk menggeser waktu penyembelihan ke hari esoknya, yaitu sabtu. Jd pada hari jumat ga ditemui suasana ramai seperti halnya hari raya.

Gw kebagian jaga malam takbiran, jd besok pagi nya baru bisa ninggalin IGD jam 8 pagi, langsung aja gw gas poll menuju rumah nenek, karena disanalah biasanya berpusat kegiatan hari raya di keluarga gw, taunya nyampe sana, sepi banget…ga ada siapa2, yg ada cm emih (nenek) ama sepupu2 aja. Ga ada mama papa, om jg cm beberapa, sisanya ada yg lagi hajian, trus ada jg yg lg lebaran di kampungnya.

Pokoknya hari itu dilewati dengan beberapa orang aja. Trus…..ngapain donk??? Yaaa ngerujak aja…hehe..ama sepupu, si kaka panggilannya, ama teteh metik buah mangga mentah yg banyak bergelantungan di halaman rumah. Sambil diulekin bumbunya ama emih..mmmm…. So yummy…asem buaaanget!!!

Sambil makan rujak yg asem…super asem itu, gw ngasi di saung belakang rumah, jadi saung ini adalah metamorfosis kandang ayam yg dirubah sedemikan rupa oleh emih menjadi sebuah saung yg multiguna. Bentuknya sederhana sekali, cuma beratap genting, berrangka kayu kelapa, dinding dari bekas atap kanopi garasi, ditambah ornamen kawat ram, ga tau deh bekas apaan..lantai kayu, digelar deh karpet tipis, jadilah gubuk ini….

20121027-181245.jpg

<a href

Yang membuat istimewa adalah saung ini berhadapan langsung dengan kompor nan tradisional yang diberi nama HAWU atau tungku. Disini biasanya digunakan untuk memasak makanan yg jumlahnya banyak dan yang memasaknya butuh waktu lama, menggunakan kayu bakar sehingga hemat gas atau minyak tanah….suatu teknologi yang canggih bukan??20121027-182038.jpg

Klo malem, disini anget banget….kaya di perapian..bedanya yg ini sambil masak. Hehe…tp jangan salah, klo di kota besar, yang kaya ginian dikejar2 orang loh, ngebelain makan kotor2an kena asep, tp mereka suka….aneh….dah gitu bayar pula…lebih aneh lagi….hehehe….

Beruntunglah gw yg makan gratis di tempat ini…haha…oiya, disamping saung ini ada kolam yang diramein ma cuap cuap nya bebek ama angsa, jangan bayangin indahnya angsa di kolam, lihatlah kotorannya dimana mana….hahaha…..dijamin ilpil deh.

Suara gemericik air di kolam semakin membuat mata ini berat….ditambah angin semilir….mmmm…mantep dah!! Enaknya memang buat selonjoran sambil tiduran, apalagi kalo lagi galau…halah!!href=”https://mangsholeh.files.wordpress.com/2012/10/20121027-182846.jpg”&gt;20121027-182846.jpg

<a

Satu persatu persiapan dilakukan buat acara besok hari, gule dimasak, trus sop…ada juga orang ngasih daging buat dimasak, yaa kita bikin oseng daging ama sate aja. Satu hal yg bikin gw tercengang (ciieee…tercengang) adalah satu "tampir" atau "nyiru" buah buahan lengkap. Katanya mo dibikin rujak coel…mmmm …. Mantap deh!!

20121027-182834.jpg

20121027-182855.jpg

Categories: its my life | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: