Nama tak sekedar doa

Basmala-the-Bismillah-phrase-Arabic-islamic-Calligraphy-3

jika shakespeare pernah berucap “apalah artinya nama”. tidaklah demikian didalam agama islam. islam secara jelas menerangkan bahwa memilih nama adalah suatu hal penting. bahkan nabi pun dalam banyak riwayat menerangkan…

“Sesungguhnya kamu semua akan diseru/dipanggil pada hari Kiamat dengan nama-nama kamu dan nama-nama bapa kamu. Oleh demikian, perelokkanlah nama-nama kamu.” (Riwayat Imam Abu Daud dari Abu Dardak r.a.)

jadi,tentulah ga sembarang nama yang boleh diberikan kepada anak kita. emangnya mau klo kita ngasih nama anak ngasal….misal karena kedengerannya keren maka dikasih nama TORIQ AZIZ, padahal artinya toriq itu jalan, aziz itu besar atau megah, jadi arti nama yg terkesan arab itu adalah JALAN RAYA. maaf ya klo kebetulan ada yg nama nya sama..hehe…

atau yang namanya TAENIA, keren sih..tapi tau ga, itu nama spesies cacing pita dan cacing babi. banyak nama nama indah dari dunia kedokteran, klo kalian mau mah… FILARIA adalah nama cacing juga, MILIARIA KRISTALIA itu bahasa yunani nya biang keringat. banyak lagi deh…

sejak sebelum gw nikah, gw punya konsep nama anak yg sederhana, ga ribet tapi bagus. termasuk waktu istri hamil, gw sambil cari2 nama yang bagus. sempet juga beli buku nama, tapi ga dicari2 juga, buku itu cuma dibaca depannya aja, yg ngejelasin kaidah pemberian nama. diantaranya adalah nama yang disukai oleh Alloh.

“Sesungguhnya nama yang paling disukai oleh Allah dari nama-nama kamu ialah Abdullah dan Abdurrahman.” (Riwayat Imam Muslim dari Abdullah bin Umar r.a.)

trus di riwayat lainnya nabi pernah bersabda..

“Berilah nama dengan namaku, akan tetapi jangan memanggil dengan panggilanku (iaitu Abul-Qasim) kerana sesungguhnya aku adalah Qasim (pembahagi) yang membahagi di antara kamu.” (Riwayat Imam Muslim)

“Berilah nama dengan nama-nama para Nabi. Nama yang paling disukai oleh Allah ialah Abdullah dan Abdurrahman. Nama yang paling tepat (dengan hakikat manusia) ialah Harith dan Hammam, dan nama yang paling buruk ialah Harb dan Murrah.” (Riwayat Abu Daud, an-Nasai dan lain-lain dari Abi Wahb al-Jusyami r.a.)

maka gw putuskan buat ngasih nama anak gw,gabungan dari kedua hadits diatas…Muhammad dan Abdurrahman. trus depannya gw pengen ngasih nama Saif, karena selain kedengerannya keren, juga dia itu nama julukan dari guru agung abah aos, saefullah maslul. saif berarti pedang.

hari kedua kelahiran anak gw, gw sms abah, sebetulnya gw ga berani minta nama, sebab (ampuni abaaahhhh) takut namnya ga sreg di hati. maka gw beranikan diri buat sms abah yang kurang lebih seperti ini “abah,saya minta nama untuk anak saya, saya punya nama saif muhammad abdurrahman, tapi terserah abah baiknya gimana”.

langsung sama abah dibalas… ZAKI MUHAMMAD ABDURRAHMAN

singkat jelas dan padat….subhanalloh. meski pertama nya agak kurang sreg di hati, tapi pada akhirnya gw setuju buat nama itu. meski banyak orang nanya siapa namanya,tapi gw ga mau ngasih tau, karena dalam hadits nya

“Setiap anak kecil (bayi) dipertaruhkan dengan suatu aqiqah; disembelih untuknya pada hari ke tujuh, dicukur kepalanya dan diberi nama”. (Riwayat Imam Abu Daud, Tirmizi, an-Nasai dan Ibnu Majah dari Hasan r.a. dari Samurah bin Jundub r.a.)

gw mo nunggu aqiqah aja buat sekalian publish nama nya (sok selebritis banget). ZAKI artinya suci, bersih, pintar. amiiinnn…. tapi kenapa abah ngasih nama itu??

alasan jelasnya sih gw ga tau dan ga berani nanyain, tapi gw yakin se yakin-yakin nya klo guru ngasih nama yang terbaik untuk anak. bisa jadi beliau melihat dulu atau mengintip lauhul mahfudz untuk mengetahui track record si anak kedepannya. lalu menyimpulkan dalam satu nama.

apa dasarnya gw bisa bilang demikian?? ini hasil pemikiran gw aja, coba deh kita lihat kenyataan sekarang. ga sedikit orang yang bernama bagus dan islami ternyata menjadi kriminal. mungkin benar bahwa nama itu adalah doa, tapi jika nama itu ga sesuai dengan sifat batiniah si anak, bisa jadi si anak terbebani oleh nama itu. makanya orang jawa punya kebiasaan mengganti nama anak klo dia sakit2an. contohnya soekarno yang sebelumnya bernama kusno, beliau diganti namanya karena sering sakit2an ketika kecilnya.

oleh karena itu gw yakin bahwa ini adalah sebaik2 nama untuk anak gw, insyaalloh…

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: