Haji 1428 H

ikuti cerita gw selama mengikuti ibadah haji tahun 2007 lalu

Sore hari ke 1

ini ujung nya, namanya as-sulaimaniyah tunnel..gw biasa jalan di atas tembok pembatas coz klo jalan bawah harus antri satu2

as-sulaimaniyah tunnel namanya, gw biasanya jalan diatas pembatas ini, coz klo lewat bawah harus antri satu2, sempit bow!!

ini dalamnya terowongan, di atas tuh blower brisik!! hotel di ujung sana.

Selonjoran di kasur busa epuk tapi tipis itu erasa nikmat setelah perjalanan melintasi benua dan samudera (iya gituh??). “Cep….itu koper candakan di handap (tuan, itu koper ambilin di bawah).” Kata pak Omar, my room mate. Oh iya ya….punya pak haji yaya mah dah diambilin ma pak omar (emang gini nih aura pejabat mah, dimana-mana dilayanin bahkan tanpa diminta, hebat ga tuh).
Jejel-jejelin koper berat ke dalem lift…waktu itu masih banyak yang belum bisa mencet lift…hehe..hush!!! selesai dah…masukin kamar , simpen di bawah kasur, selonjoran lagi..wwiihhhh..lemesss..rencananya sih kita mau ke Masjid abis isya, langsung tawaf Qudum. Jadi sementara kita sholat magrib n isya di hotel, berjamaah.
Dalam kondisi pake baju ihram, kita menunggu saat2 yang menegangkan, yaitu pergi ke Masjidil haram, untuk melaksanakan Tawaf Qudum alias tawaf pembukaan, penyambutan. Gw yang dah ga sabar, malah coba-coba buat masuk ke terowongan, soalnya katanya Masjid ada sebelah sana terowongan, gw ga sabar, ngajak salah satu jamaah yang masih muda (juga sama2 lagi cengo di pinggir jalan) buat nyusurin terowongan!!! Sekadar info, terowongan ini panjangnya ada 2 Km, menembus gunung, dibuat dari beton dengan 4 jalur mobil di dalamnya, searah coz buat arah sebaliknya ada lagi terowongan serupa sebelahnya. Di atap terowongan ada blower (kipas) gede berbentuk silinder, dia fungsinya ngalirin udara dari ujung lubang keluar terowongan ke arah dalam terowongan, mungkin maksudnya biar asap mobil ga diem di dalem mulu, klo ga salah 1 set blower ada 3 kipas silinder. 1 terowongan ada 3 set, 2 di masing2 ujung, dan 1 di tengah, jadi kerjanya estafet, dari 1 ujung ampe kluar di ujung yang satunya lagi.
Lama perjalanan di perut gunung sekitar 10 menit, tapi kerasanya lebih lama coz boring banget!!! Jalanan gitu2 ajah, luuruuuss….ga ada pemandangan sedikitpun (yaa iyaalah lu kira di Mall banyak pemandangan). “yeee..bukan gituh..” udah mah angin gede banget gara2 tuh blower, mana brisik!!! Sumpah dah tuh blower brisik banget!! Bayangin aja turbin pesawat!!! Naah!! Kaya gitu berisiknya!! Belon lagi suara mobil, tau napaini ujung nya, namanya as-sulaimaniyah tunnel..gw biasa jalan di atas tembok pembatas coz klo jalan bawah harus antri satu2 orang2 sini sukanya ngebut…kaya ga punya rem aja!! Ama klaksonin orang!!! Iyee…sabar!!!!
Sumpah deh…adat orang sono mah bgituan!! Maen ngebut aja, makanya kalo lo liatin, perhatiin deh, mo mobil baru bin gresss ama mobil lama bin butut, sama-sama ada codetnya!! Perhatiin aja..ga ada yang mulus (atau gw ga ngliat), passtiii aja ada codetnya, mau itu dekok (alias kentob) ampe baret panjaaang n lamaaaa…kaya coki-coki!! Die baru mo nge-rem, kalo dah deket banget!! Jarak dikit aja berapa meter, maen gas poll aja. Apalagi kalo lagi macet, klakson mah jadi temen akrab tangan kanan dia…dikit-dikit klakson!!
Udah ah…ngumpatin orang mulu…
Di ujung terowongan kliatan lah, gedung2 bertingkat, wiiihh..jarang-jarang loh gw liat pemandangan gini. Gw ma temen gw itu (gw lupa namanya…sori ya bro) sama cengo nya. Suhu udara disana frendli banget deh, ga jauh beda ma bandung, adeemm!! Alhamdu??? Lillah….
Sampe nemu pertigaan, sekitar 10 meter dari mulut terowongan, kliatan deh………….macetnya!!! mesjidnya mah ga kliatan, padahal g dah penasaran banget, tadinya sekadar keliatan dikit aja!! Sueeerrr..kaya anak cewek o dijodohin ma co ganteng ma bokapnya, dia ngintip-ngintip malu dari gorden jendela. Naaahh..itu yang gw rasain….ga sabar pengen liat cakep nya Ka’bah!!!
Tapi gw ga berani jauh-jauh….ga lucu donk kalo baca koran di tanah air “SEORANG CALON JAMAAH HAJI YANG GANTENG MENARIK MENAWAN HATI, HILANG DITELAN RIMBA DI KOTA SUCI MAKKAH” lucu ga??? Ga khan?? Makanya gw ajak si…sapa tuh namanya!! Buat buruan pulang, lagian dah mo magrib!!
Dah ah…mandi dulu…(jangan pake sabun coz ga boleh)…ga boleh pake wangi-wangian, deodoran, cologne, minyak rambut, apalagi minyak goreng! Ga boleh…mana kepala dah gatel banet, upil dah gede banget..tapi ga boleh!!!
Yo wiss…nasib!!!

HUSSHHH!!!

Advertisements
Categories: Haji 1428 H | 4 Comments

From Jeddah To Makkah

setelah lama menunggu, terutama mah nungguin bapak (kakek-kakek) yang ilang entah kemana. yaah wajar lah di tanah arab, urusan hilang menghilang udah menjadi kewajaran. bisa dibilang ini orang yang pertama ngilang dari kloter kita!!! hebat ga tuh…

anaknya dah kalang kabut aja nungguin, apalagi ketua rombongan. 1 jam kemudian muncullah si bapak ini, trus dia cerita katanya abis kluar dari kamar mandi dia bingung mo kemana, akhirnya dia ikutin kata hatinya aja, melangkahkan kaki ke tenda2 besar kaya gini juga, cuma di seberang sana!!!

jauh coy!! giillaa

ada beberPa ratus meter ali tuh..bayangin aja nih tenda kaya yang ini yang guede banget di foto sebelumnya ini, kliatan kecil banget, saking jauhnya!! nah ksitulah si bapa berpetualang!! tapi tenaaang….semua teratasi hanya dengan senyuman!! Clingg!!!

tuh...bis nya dah pada nunggu

setelah menunggu, barulah kita ke bis yang udah menunggu. bagus banget loh bisnya, liat aja…klo di kampung gw mah ini tuh bis saparapat tau deh seperempat ukuran bis aslinya kali!! merk nya hyundai, yang ngebedain ma di indonesia tuh, bis butut ini dilengkapi kipas angin kecil ma AC (nyala loh…ga nyangka gw). Dibandingin ma Malaysia, mereka mah bis yang super gede, mulus banget, gw aja belon pernah liat bis segede itu, mungkin tingginya setinggi atep rumah (yang 1 lantai yah bukan 3 lante) , itulah bedanya mereka ma kita…sedih banget yah..??gimana nih pak menteri!!!

sambil nunggu koper kita diangkutin ke atap bis, kita disuguhi makan siang di dalem piring alumunium foil, isinya nasi, oseng buncis+wortel+jagung manis, ma daging semur. Enakaan di rumaahh!!! ngangkutinnya pake buldozer lho…tapi yang kecilnya. tau khan??yang buat di gudang itu loh,,,yang kaya di tipi!! kalo di kita mah mungkin maen lempar aja karena emang orang indonesia itu terampil hehe…

beginilah pemandangan sebelah dalam bis..bagus khan?? jadi inget kampung

stelah baca niat ihram bareng-bareng (karena kita bikin bandara sebagai miqot = garis start untuk mulai umrah) melajulah bis kecil ini, satu bis diisi satu rombongan, jadi kita abis beberpa bis buat 1 kloter. Duuhh!!! mulai deh kerasaa..dasar SETAANN!!!! maksudnya setelah niat ihram khan segala pantangan ihram ga boleh dilanggar, diantaranya adalah ga boleh garuk2 kepala, ga boleh, pake minyak wangi, ga boleh ngupil (ini yang susah), banyak lagi…langsung deh erasa gatel nih kepala, trus tiba-tiba aja kerasa upil dah numpuk!! wiihh dasar setan jagonya ngegoda…

jalanan umum disini semua hot mix bozzz!!! jalan dari jeddah ke mekkah aja bagusnya dah kaya jalan tol aja. di kanan kiri terlihat gurun pasir berwarna kuning cemerlang. sesekali ada rumah sisanya bebatuan. di deket jalan keluar bandara gw ngeliat banyak mobil yang dah berdebu tebal teronggok gitu aja, apa ini orang2 yang jemput??? tapi kata pak lili sih ini mobil bekas!! mereka buang gitu aja di pinggir jalan. kaya sampah. padahal kao diimpor ke kita banyak yang mau tuh, masih mulus kok, rada baru lagi, ga kuno banget!! debu nempel di bodi mobil tebel banget! sayang yah??

tuh yang kumisan, itu pak lili, temen jomblo gw

yang jomblo...pak lili...dia yang berkumis ini..

tuh yang kumisan, itu pak lili, temen jomblo gwtuh yang berkumis..itu pak lili, temen jomblo gwperjalanan abis satu jam an, gw duduk di belakang menempati posisi jombloers yaitu bersama Pak Lili (yang dateng sendiri alias jomblo ga bawa istri), sambil mengumandangkan talbiyah. ga kerasa jalanan dah memasuki gerbang Quran gede…tandanya dah masuk kota mekkah, semakin deg-degan aja nih ati…bener-bener kaya mo ketemu pacar lho!!!! iya lah ….pacar hati….kha di hati dah tertanam asma Allah lewat talqin, jadi perjalanan ini tak ubahnya seperti kembalinya Allah ke rumah Nya..

Dalam sekejap pemandangan dah berubah dari gurun ke rumah-rumah yang belum pernah gw liat sebelumnya, kotak-kotak, warna putih atau krem (belum pernah gw liat rumah yang nge-jrenk). sampailah kita di jalan kecil di mulut terowongan, dengan segera parkirnya bis bikin macet mobil belakang!! terlihatlah hotelnya. tingginya 10 tingkat (kalo ga salah itung) terlihat biasa aja dengan pintu masuknya yang kecil, ga tampak seperti hotel umumnya, malah seperti apartemen aja. berdiri di samping gunung batu dengan terowongan yang menganga di badan gunungnya.

stelah masing2 bawa tas tenteng, kita bagi2 kamar, di lantai 4 kita ngumpul, depan lift, pak haji cecep selaku ketua rombongan 3 jongkok sambil bagiin kamar. disesuain ma jumlah orang n of course jumlah pasangan, karena tentunya mereka ga mau dipisahkan khan.. gw selaku jomblo, cukup berguna sebagai ganjel pintu..hehe….maksudnya ganjel kamar yang isinya ganjil. gw sempet diperebutkan oleh Bu haji IIs n kluarga VS bu haji nunung.

“cep dokter mah ngiring ka abdi we….(dokter ikut saya aja)” kata bu haji iis.

pak haji cecep seperti keberatan, mungkin maksudnya biar gw ma dia aja sekamar.

“abdi mah terserah we, ka mana wae oge (saya mah terserah aja mau kemana aja juga)” kata gw sok jual mahal…hehe.

“Tos lah, cep dokter sareng abdi we…yuk!! (biar aja dokter sama saya aja)” kata bu haji nunung sambil narik tangan gw.

“keheula …2 deui bade saha bu haji?? (sebentar…2 lagi mau siapa)” kata pak haji cecep.

rupanya kamarnya berisi 5 orang

“tah…pak omar we atuh..bade moal?? (tah pak omar aja, mau ga?)” kata bu haji iis…

“yaaa…hayu wae…” tanda deal dari pak omar..

yang ujung kamar pak ilyas, kanan foto ada wc, kiri foto ada kamar gw

DEAL!!! jadilah kita penghuni kamar 605..terpaksa deh naek lagi tangga 2 lantai lagi…karena lama, akhirnya gw ambil tangga aja sambil nenteng tas tentengan yang berat ini..taunya datengnya barengan ma bu haji nunung ma pak haji yaya yang naek lift. CEKLEK!!! terbukalah kamar kecil berukuran 5×3 meter dengan ranjang besi berselimutkan sprei warna coklat krem, dengan karpet warna hijau…cozy lah!! ada AC seegede gaban naek gajah!! kotak gitu…beda ma kita punya di indonesia yah!!! kaga ada tv atau kamar mandi plus sauna (emang rumah nyak lo!!!) kamar mandi diluar ada 2 untuk 3 kamar, jadi total 17 orang yang make 2 wc itu..

kamar ini lah yang akan jadi barak kami selama hampir 30 hari..semoga betah yah!!!

Categories: Haji 1428 H | Leave a comment

mendarat di King Abdul Aziz Jeddah

Setelah mendarat rasanya dah ga sabar deh pengen buru2 nginjek tanah jazirah arab ini. Jeddah atau Jidda yang artinya adalah nenek, banyak orang mengatakan bahwa asal nama Jeddah ini dari kata nenek dalam bahasa arab, yang artinya nenek dari umat manusia, yaitu sapa lagi kalo bukan Siti Hawa. Lho…??? Apa hubungannya??

Yaa..di kota ini dipercaya terdapat kuburan Siti Hawa, ibu dari semua umat manusia, nenek dari seluruh insan di dunia ini. Bahkan di kota ini juga terdapat sepeda yang gedeee banget, yang menurut pendapat orang adalah sepeda nabi Adam. Emang jaman dulu dah ada sepeda?? Yaa inilah salah satu lelucon yang didapat dari kota ini. Foto nya ntar gw upload di seri berikutnya. Sekarng mah kita omongin dulu peristiwa kedatangan seorang besar, seseorang yang di idam2kan kedatangannya selama ini, seorang yang ganteng, seorang yang charming, seorang yaaang..uuukhh..mana tahaan!!! Sapa lagi kalo bukan mang sholeh!! 😉

Kluar pintu pesawat gw langsung masuk ke cerobong panjang, ga ada yang namanya turun tangga kaya waktu naek pesawat di cengkareng, ini mah jalan lurus, dengan lantai dari plat besi ato almu, g jauh Cuma 50 meter aja. Inilah yang namanya belalai gajah..katanya sih…

antri..kaya bebek...

antri...kaya bebek...

tuh khan....emang gede...

Bandara King Abdul Aziz Jeddah ini termasuk bandara yang megah (yaa iya laah..orang baru pertama masuk bandara) maksudnya semua masih baru coz katanya terminal kedatangan jemaah haji ini baru selesei, terminal haji dipisah dari terminal umum jadi kagak nyampur ma penumpang non jamaah. Nongol2 dari belalai gajah, langsung masuk ke ruangan gedeee…kosong pula, kliatan banget masih barunya. Trus disuruh antri ma petugas, ternyata petugasnya org indonesia juga, TKI meureun yah?? Disana sini berkeliaran cowok2 ganteng n mancung2, ampe satpam aja ganteng, di kita mah mungkin dia dah jadi artis sinetron aja kali yah??antri..kaya bebek…

Jamaah dibagi jadi beberapa antrian buat masuk ke beberapa loket, disitu kita kasihin paspor kita trus dcap ma dia, muka kita di foto, tau dah buat apaan..mungkin buat mastiin apa bener sama ama yang di paspor ato Cuma ngecek takut selama di pesawat idungnya ilang ato matanya jadi petet sebelah.

Selesai itu, masuk lah ke ruangan yang super luas n gede banget, disitu ada tempat koper2 kita berjalan sendirinya, diatas jalurnya yang dijalanin ma mesin. Disitu kita riweuh nyari2 koper kita, sekarang mah baru ngerti kenapa mama ngasih iketan2 dari kaen perca yang warna kuning golkar di koper gw. Mana banyak lagi. Ternyata itu buat nandain koper kita biar gampang nyarinya di antara tumpukan2 koper lain. Malah ada orang yang nempelin sleeping bag ato sendal jepit lah di jaring pembungkus koper, nah yang itu jauh lebih norak lagi…

“Cep dokter…itu koper na di palih ditu..” ARTINYA : “ pak dokter, itu kopernya sebelah sana”. Waah…makasih banget Yaa Allah, sumpah dah gw yang tadinya diem pasrah nunggu koper yang tersisa, ternyata ditunjukin ma orang, ga sah capek2 nyari lagi. Padahal tadinya gw niatnya daripada capek2 rebutan ma orang, mendingan nunggu koper yang tersisa aja, berarti itu koper gw.Alhamdulilah..inilah salah satu kenikmatan yang gw dapetin dari Allah selama di Tanah Suci.

Pas dah dapet koper, cepet2 gw ambil troli, “Gaya laah..” tiba2 ada isu, katanya mesti ganti baju ihram (pake kain putih 2 potong, tanpa jahitan, khasnya haji). Ribet lah orang2 pada nyari WC buat ganti baju, malah ada orang yang nekat ganti baju di tempat itu juga yang terbuka. G ngerti deh gmn caranya, tau2 dia dah beres ajah…waah!!gw mah kaga berani, gmn kalo tiba2 melorot trus rudal scud gw meluncur otomatis??? Masuk lah ke wc, untung ada ruang yang kosong, masuklah gw n ganti baju disana, sumpah ribet banget, takut kena najis, mana becek lagi, wiihh.gw aja pas dah selesei ganti baju, pengen pipis dengan cara kaya anjing, kaki diangkat 1, kain ihram yang berat disingkap ke atas, ceerrr….!!sumpah kaya gogog lagi pipis, takut bgt kena najis soalnya dari jeddah ini kita niat ihram, gimana kalo kita ber najis, batal juga niat kita.

Selepas keluar bandara, gw disambut arab gendut ngomong ga jelas..”wawawaw…uh..ahh…auh..auh.oh” kaga jelas lah, tapi setau gw dia mau bawain koper gw ke atas mobil angkutan. Di luar situ, gw liat struktur bangunan yang ga lazim gw temuin di Indonesia, bentuknya seperti tenda gedee Cuma kayaknya terbuat dati beton. Lengkap dengan tiang gede. Di bawah nya ada ruang2 bangunan bersekat tapi terbuat dari tembok juga, disitu adalah WC umum n kursi2 tempat duduk menunggu. Bagus…bagus banget!! Sirkulasi juga bagus, kebetulan udaranya bersahabat banget, sama persis ma di bandung. Pas gw mo wudlu (takut batal bow!!) wuiih.WC nya bersih, aernya gede, anget lagi (nah ini nih, aer di arab mah anget2 lho…kerana kepanasan kali yah?) klosetnya jongkok tapi ukurannya gede banget, lebar dan panjang. Ga ada ember yang ada Cuma semprotan aer buat cebok, trus dibawah kloset ada lubang gede, jadi tai kita jatoh ke lobang itu tanpa harus disiram lagi kaya di kita.

segeerrr..abis mandi besar..lupa bawa anduk!!!pake kain ihram aja.

Selepas itu gw duduk2 n berfoto di kursi fiberglass sambil cari2 kelompok gw. Dah nemu, yaa gw kumpul2 n beli aer dingin seharga 1 riyal. Itu jajan pertama gw di arab ini..hehe..

Categories: Haji 1428 H | Leave a comment

Blog at WordPress.com.