Siapakah Mang sholeh ?

nama gw aslinya Faisal Reza Adieb, tapi sejak tanggal 17 april 2008 gw dianugerahi nama Sholehuddin oleh pangersa abah KH. Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin …. emg sih bt kenayakan org mungkin nama itu kampring bgt. tp bt gw nama itu adalah doa yg baik bt gw. gmn ceritanya?? begini….

pagi itu gw dateng ke Suryalaya ama rombongan. gw sbagai supir, ibu nurul (istrinya pak nurul, yg namanya nurul suaminya loh yah!!jgn salah), anaknya 2 org, hikmat (adek kls gw d sma dulu), 3 org lg gw ga kenal (penyusup kah? yg pasti adek kelasnya hikmat alias adek kelas gw jg), ma tetangganya hikmat yg mo di talqin..

misi kita hari itu adalah ditalqin, anterin minyak bt manaqiban, terus ketemu abah bt minta nama…yaa gw pgn aja punya nama yg rada islami, apalagi pemberian abah, mdh2an bnr2 nama yg bs bawa gw lbh baik..amin…Al Faaatihah….

dah beres??

lanjut?

pertama lapor dl dnk ke pos satpam. diterima ma pak agus alm. langsung deh kita sebarin tuh minyak, yg 1 ke rmh akang haji, yg 1 lg k DPR (minjem istilah kang jajang yah..) alias DAPUR madrasah (rumah) abah.

ternyata abah dah nunggu tuh….Alhamdulillah diberi kemudahan, bayangin aja kalo org2 mah harus nunggu dl ber jam2 bt bs salaman ma abah yg cm 2 detik itu. trus selesai qta slaaman, kita duduk bersimpuh dpn abah, si ibu bilang, bhw gw mo minta nama, dikira pak agus bt anak bayi, dia nanya

” lahirnya hari apa?

selasa..

” laki atau perempuan?”

laki

nah yg ini orgnya…ditunjuk deh muka gw yg item ini.

sejenak pak agus terhenyak (bkn kaget krna muka gw jelek) tp disangkanya mo minta nama bt anak bayi yg baru brojol..

dah gt pak agus bisikin ke abah dng suara keras (yeee..bkn jg bisikin itu mah) “Abah…ieu aya nu nyuhunkeun nami!!”

mulut abah terbuka perlahan dan membisikan sesuatu yg g terlalu jelas ampe pak agus nanya lagi..nanya lagi..

qta yg lg nunggu mah cm bs nunduk aja, atau ngliatin abah aja, jarang2 lho bs lama dpn abah. bener deh…pgn difoto saat2 itu teh tp g berani…suer ga tau knp ko g berani..

“kumaha?? sholeh wae??? sholeh??”

gw dikagetin ma suara itu. “sholeh saurna” oo…nuhun atuh..

jd nama gw sholeh, emg sih, kaget jg, kirain bkl dikasih nama primus, atau apa kek asal jgn aming. gw msh aja nglamun ampe jln masuk ke rmh akang haji, sekadar salaman aja trus si ibu laporan bahwa gw baru dikasih nama ma abah, sholeh…

trus akang haji nunduk2 sambil merem kira2 satu menit…”tambihan….sholehuddin” gitu kata akang haji sambil ngbukain matanya. g tau yah??mungkin beliau ada kontak batin ama abah ampe keluar nama itu.

mungkin cm nama tapi itu sangat berarti bt gw, setidaknya itulah julukan bt gw sekaligus doa bt gw yg baragajul n nakal ini biar jadi anak yg sholeh…amin!!

katanya sih para wakil talqin jg dikasih nama ma abah seperti, aki otong dikasih nama sidiq kaya abu bakar, trus ajengan gaos dikasih nama saefullah maslul. ajengan jenjen apa zen zen (tkt ketuker) dikasih nama bazul asyhab. yg ke 2 terakhir mah g tau denk…kynya sih iya..hehe

beberapa hari kemudian gw call aki otong (wakil talqin yg nalqin gw), laporan…trus kata beliau sih, bagus katanya bisa bikin perubahan di diri kita…sok aja cobain..trus gw ytanyain ntar dipasang dimana? katanya harus diganti aja smuanya..

waah…ntar ribet kalo nama gw diubah jadi sholehuddin, bakal susah yg ada, beda ama katepe lah, ama sim, ama akte, ijazah…so gw pasang aja di belakang nama gw..

jd sekarang nama gw

H. Faisal Reza Adieb Ash-sholehuddin

mmm…..

lucu jg

sekarang…

Gw bekerja sebagai seorang dokter umum di sebuah rumah sakit swasta di daerah ujung timur Jawa Barat, mengabdikan ilmu dan mencuri ilmu dari senior dokter Spesialis. Kesibukannya kalo ga jaga UGD yaa tiduran, baca-baca lagi ilmu kedokteran untuk mencegah kelupaan. Sambil sedikit demi sedikit ngumpulin recehan nafkah untuk dikumpulkan sebagai biaya umrah atau naik haji (mumpung belum ada istri yang nge-recokin).

mudah-mudahan..Allah akan melindungi setiap langkah gw, dan membimbing setiap gerak tangan gw untuk menolong orang lain.

Amin

UPDATE……

Sepeninggalnya abah anom, gw sempat menjadi anak ayam yg kehilangan induknya. Tapi takdir qodarulloh lantas memilih gw sebagai salah satu dari sekian sedikit (lawannya sekian banyak) murid abah anom yang melanjutkan pembelajaran dzikir kepada penerusnya yaitu Syekh Muhammad Abdul Gaos Saefulloh Maslul Al Qodiri An Naqshbandi atau biasa disapa abah gaos atau abah aos.

Suatu ketika gw mengutarakan cerita tentang nama ini kepada beliau, lalu beliau pun berkata “sholeh aja…udah sholeh aja” . Malah kata beliau nama ini harusnya dipasangkan bersama nama gw. Mmmm….ide bagus..

47 Comments

47 thoughts on “Siapakah Mang sholeh ?

  1. hehehehe……menarikyahhhhh

  2. hatur nuhun bos…
    emg sy menarik…
    menarik beca

  3. Ramdan

    Wakakak..Kisahnya biasan,tpi karena nyeritainnya gaol,jdi lucu! Maaf,klo bleh tau mas ini org mna ya? Bleh minta almat emailnya? Saya kpengen tahu banyak ttg suryalaya!

  4. ow…met kenal kang!
    kayak om sy namanya ramdan. gantengnya sama g?he..

    emailnya sih dokter_faisal@yahoo.com
    tp sy g pernah pk sih
    klo mau lewat sini aj..
    sy domisili d bdg

    klo mo yg lbh bodor mah kunjungi aj jajanggunawan.wordpress.com
    dijamin lbh up to date.coz dia lgsg dr tkp alias org suryalaya

    sok mangga ditunggu mo nanya apa.
    klo mampu, sy jawab.

  5. oooo bgt toh……

  6. mangsholeh

    ieu mah ngajeujeuhkeun juragan minyak qta smua kang..
    biar byk tmnnya…

  7. Alhamdulillah bisa dikasih nama ama abah,
    kalo saya minta nama dikasih nama apa yah…

    ah.. malu bin isin banyak banget dosa neh..

  8. mangsholeh

    mumpung abah msh ada,minta barokah n karomahnya…ntar nyesel lho..
    nama itu doa
    karena nama itu dipake seumur idup
    so..
    mau g didoain kbaikan seumur idup?

  9. sptnya kita sama2 kaum aries🙂

  10. kumha software teh???
    jadi ga dok???

  11. Menarik banget ceritanya.. Wah jadi terinspirasi nih mau minta nama islam sama abah anom..

    btw ada blog bagus nih yang berisi hadist – hadist dzikir, sufi, TQN, Suryalaya dan HUDAYA (Himpunan Pemuda Suryalaya) Cabang Jakarta. alamatnya di http://hudaya-organization.blogspot.com

  12. bt irwansyah

    waah maakasih bgt ada artis mau masuk ke blog sayah..

    makasih jg bt situsnya..tapi saya g tau caranya masukin jadi temen blog saya. bisa kasih tau??

  13. 😀 kang sholeh nulisnya lucu bgt… ky mang jajang juga…. hehehe, jadi ketawa sendiri nih di kantor…. soal talqin, iya si kynya hal ini msh ngeganjel bgt dihati…. kurang.. jd pengen ah ke suryalaya juga.. doa’in donk biar cpt… oia, kl gak salah kang faisal ini di fsnya udah ada pcr ato istri gitu? dy juga ikut tarikat gak ky kang faisal…??

    met knl ya………

  14. mangsholeh

    teruntuk mbk aya..
    dtalqin mah ga ush k suryalaya lgsg, khan ada jg wakil d jkt jg, ato bs sm ajengan gaos klo ad manakib di tmpt kang andy. cb hubungi kang andy di blognya. ajengan gaos itu, sperti julukannya saefullah maslul alias pedang Allah yg terhunus, orgnya bs dposisikan mirip sayidina umar bin khattab. keras tp berhati lembut.coba deh…bisa jg beli buku beliau, saefulloh maslul menjawab 165 masalah,buruan pesan ke juragan jajang! hehe…
    itu yg d fs mah pacar sy, cm d profil nya sngaja dah merit, lgan g ad bedanya khan merit ato single ato in relationship..dia blm tau klo co nya ini punya kehidupan rahasia lain, yaitu penyelam lautan makrifat. dia jg g tau klo sy ini tukang wirid. pgn ngajak dia sih tp mgkn blm aja. biar dia tau dl aja gmn rasanya zikir jamaah ky gmn.ngdengerinnya aj dah bqn mrinding….iya g??

  15. hhhmmmm gitu ya.. tapi co nya aya bilang, tanggung sekalian aja tar manakib ikut dy ke suryalaya… gitu. (padahal katanya disana pake bahasa sunda ya??? duh jadi bingung, aya sama sekali gak ngerti) boleh nanya gak kang, ditalqin itu prosesnya gimana sih n kitanya itu diapain??? apa aya sebaiknya minta anterin ke kang andy aja kali ya.. gimana ya.. tkt co aya merasa tersinggung sih..
    o jadi co kang sholeh ini blom tau toh.. mau minta pendapat aya gak?? dulu nih waktu co aya ngasih tau khidupan dy ky gimana, aya langsung…..mundur teratur.. masalahnya aya itu gak tau sama sekali soal ini dan gak mau tau, kesannya tarikat itu ribeeeeeeeet n nyusahin bgt, kaya sesuatu yang aneh, padahal kan kita yg emang blom ngerti. dan dulu juga aya malah ngasih ultimatum, pilih pengajian atau pilih aya, tau gak, dulu yang ada co nya aya malah ninggalin pengajian dy (mungkin wkt itu dy cinta mati bgt kali ya sm aya :P) smp akhirnya mungkin dy ngerasa dy gak bisa ninggalin itu terus , dy mungkin ngerasa sgt bergantung dgn itu, akhrnya dgn berat hati aya ngasih izin dy lagi buat ikut pengajian lagi.. setelah itu. dy mulai ngebuka semuanya, kita sharing smp akhirnya aq paham dan dy lalu mulai ngajak aya ikut pengajian dy… smp akhirnya skrg aya juga sangat interest bgt soal ini dan lama2 aya berfikir alhamdulilah bgt aya kenal sm co aya, trus dy yg ngenalin aya ke TQN.. untung aya udah mulai sadar😛 kl yang slama ini aya lakuin itu blom apa2…. jadi penerimaan aya itu melalui jalan yg lumayan berliku bgt lah…

    ya gitu deh.. aya sih doain aja smg ce km juga bs terima hal ini dengan baik, justru dengan cara yg lebih bijak dibanding aya dulu.. tp sekarang aya dah gak seperti dulu.. aya udah bener2 ikhlas ngejalanin ini semua…

    mudah2an semua berjalan dengan baik ya mang sholeh.. Insya Allah secepatnya aya mau ditalqin, mudah2an sebelum lebaran udah bisa ngerasain nikmatnya zikir khofi kali ya…😀

  16. Jajang, buat Aya

    Kalau mau beli buku, sama saya aja😆

  17. mangsholeh

    kayaknya bakal sama nasibnya klo sy buka diri ma ce sy…tapi sedikit dmi sedikit sy rencana mo bukain..emg puasa ini sy mo bikin pesantren2an berdua ma dia. pertama mah cuma ngenalin aja dulu siapa abah, apa itu tqn…ga akan dalem2 bgt..
    ikut aja dl ma kang andy….ajak co nya…toh kalo ke suryalaya juga ga akan ditalqin langsung ma abah, pasti diwakilin ma wakilnya…sama aja khan???mending ma ajengan gaos aja…ikut kang andy…

  18. Ok deh… Good Luck For All… SEMANGAT!!!!

  19. mangsholeh

    puasa ini sy adain pesantren kilat berdua ma ce mang.ngebahas tentang TQN.
    setidaknya sesudah puasa dia tau n ngerti ttg dunia mang yg sesungguhnya.
    rencana selasa ini mang mau ngadain pesantren jam 4 sore.sambil ngabuburit.

  20. Jajang Gunawan

    Anyar deui euy …

  21. Jajang Gunawan

    geuning, irang bisa jadi mang sholeh nya … (tempo diluhur) padahal teu ngasupkeu password … aneh❓ Lagi di kampus IPB darmaga bogor nich🙂

  22. Jajang Gunawan

    hi hi hi … nyobian ahh flag counterna …

  23. mangsholeh

    alus ya bos?? baru nih…
    sengaja biar ga banyak foto jadi buat yang buka nya di kampung ga akan keberatan..hehe
    komennya juga bagus nih ternyata..

    kang!!
    semalem aku mimpi aneh..
    mimpi abah meninggal!!
    itu teh pas kang ajajang pulang ke tasik.
    kata saya teh…pantesan kang jajang pulang, kata aya sih habib sakit, tp ternyata abah meninggal..
    aduuh…mudah2an mah heunteu ya…
    mudah2an mah artinya panjang umur..
    amin

  24. subhanalloh…………..

  25. Ahmad

    Assalamualaikum
    saya pernah dpt info di daerah tebet-jakarta ada wakil talqin TQN suryala ?? Klo ada yg tau info alamat lengkap + contact Person nya Mohon kiranya dpt di sms ke 08158089292 Ato email ke h3lmy_1911@plasa.com
    -thanx-

  26. buat kang ahmad..

    namanya kang helmy atau ahmad nih??

    setau sy di jkt ada ust. wahfiudin sbg wakil talqin di daerah rawamangun, jaktim.

    aya

  27. mangsholeh

    di jakarta biasanya ust. wahfiudin. tapi kalo mau juga bisa ketemu ma ust. Gaos dari cisiri, tasikmalaya. biasa suka rutin ngadain manakib plus talqin. silahkan hubungi kang andi di komen atas.

  28. sri

    assalamualaikum dokter Sholeh, salam kenal, saya baca ceritanya hal baru karana saya di Aceh juga yang minta nama ortu yang anaknya baru lahir,🙂 saya doakan mudah2an selalu jadi someone and anyone you will be as Sholeh Person,dunia akhirat.

  29. mangsholeh

    salam kenal encik sri…
    lazimnya memang ortu yang meminta nama untuk anaknya yang baru lahir. tapi saya pribadi, memohhon juga nama kepada sang guru sebagai rasa khidmat saya kepada beliau. mudah2an, akan menjadi doa selama hidup saya..
    tahniah!!

  30. pilar

    sore..
    heheh lam kenal pa dokter
    hmm.. baru beli laptop yaaa
    waaaaaaaaaahh type yang bagus tuch…

  31. mangsholeh

    lumayan lah, ga bagus2 amat, yg penting sesuai kebutuhan. ini aja pgn upgrade memori, coz mulai lelet neh…
    thanks bgt..

  32. mudah-mudahan menjadi orang sholeh sesuai namanya….

  33. mangsholeh

    amin….target itu mah…

  34. Anonymous

    lucu…lucu….
    lam kenal yah…..

  35. assalamualaikum, salam kenal…

  36. iwonk

    assalamualaikum, akang-akang sadaya…

  37. aulia

    wah wah dokter gaul😀

  38. norman

    Alhamdulillah, jadi sepertinya udah Umroh dan Haji sekalian yaa Pak Dokter.Alhamdulillah semoga semakin bahagia dunia dan akhirat. amin

  39. said mubarok

    salam kenal kang ,
    jadi terharu baca cerita kang solehuddin emut ka abah , jadi terinsiprasi buat minta nama sama abah juga.

  40. k_indrasari@yahoo.co.uk

    salam kenal pak dokter
    semoga perkenalan kita banyak membawa manfaat….amin…..

  41. Cerita dokter lucu ^.^

    Salam kenal dari medicalera.com . Silahkan mampir ke media profesional kesehatan medicalera.com ya dok. Semoga dokter menyukainya.

  42. mangsholeh

    salam kenal jg yah…

    insyaalloh sy maen ksana, siapin aja kue nya yaah…hehe

  43. Salam kenal Pak Dokter..😛

  44. semoga menjadi doa spt namanya menjadi orang yang shaleh amin😀 sukses terus, dok.. semoga selalu dalam lindungan Allah swt🙂

  45. nayla fadilah

    meskipun post ini udah lama, saya baru baca
    lucu sekali. hihi
    makasih ya, udah ngasih inspirasi, pak dokter.
    oia, bisa konsul kesehatan g disini .

  46. mangsholeh

    makasih….semoga meng-inspirasi yg bener yah, bukan yg ancur2an nya hehe..
    klo konsul mah…pending aja dulu yah
    lg mumet soalnya
    hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: